Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia

Iis Torisa Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi Indonesia . Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis regresi linier sederhana. Responden pada penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa yang mengambil mata kuliah korespondensi Indonesia pada semester genap 2019/202. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan fasilitas belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung -2.377 dan ttabel 1.680 (-Thitung ≤ Ttabel) dengan taraf signifikansi 0.002 < α 0.05, artinya ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang berlawanan arah. Pada uji F menunjukkan bahwa fasilitas belajar terdiri dari indikator sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung 3.564 dan Ftabel 3.124 (Fhitung > Ftabel) dengan α = 0.05 > signifikansi 0.037. artinya fasilitas belajar yang terdiri dari sarana dan prasarana pembelajaran yaitu materi kuliah (modul, diktat, ppt) buku referensi, media pembelajaran, ruang kelas, ruang laboratorium dan layanan perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang diperoleh melalui proses belajar.

Full Text:

Pdf

References


Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.

Embuni Dewi,et.al. (2017).Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Me,as X Program Keahlian Akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 4 No 1. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/13383/12947

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMk Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Isnaini, M., Wardani, D. K., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.

Nuril Islamiyah. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan. Vol 3 No.1. DOI: 10.26740/jpeka.v3n1.p23-32. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/4515/2838

Sitaman,Said. (2019) . Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal PenKomi:Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 2 No 2. Doi: https://doi.org/10.33627/pk.v2i2.247.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Torisa Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)