Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Dengan Otomatisasi Proses Bisnis Penjualan Berbasis E-Commerce (Studi Kasus : Toko Kidz Zone)

Lis Suryadi

Abstract


Industri e-commerce juga membuka lebih banyak peluang bisnis baru, serta menghasilkan dampak beruntun (trickle-effect) bagi industri di sektor pendukung, seperti logistik, infrastruktur IT, perkembangan teknologi dan banyaknya penggunaan gadget, khususnysa oleh anak muda, menjadi salah satu penyebab E-Commerce berkembang sangat pesat di Indonesia karena banyak Millennials yang berlomba-lomba untuk terjun ke dunia E-Commerce tersebut, agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya dengan mudah, salah satu UMKM yang mulai beralih dari model bisnis konvensional ke e-commerce adalah toko Kidz Zone, toko ini menjual barang berupa mainan anak dengan berbagai macam mainan anak seperti boneka, mainan edukasi, mobil-mobilan, dan masih banyak lainnya. Proses bisnis penjualan yang digunakan selama ini banyak mengalami permasalah, diantaranya produk tidak terlalu dikenal banyak oleh pembeli, jangkaun penjualan masih terbatas dan hanya melayani pembeli yang berbelanja secara langsung datang ke toko, tidak tersedianya media promosi, stok barang tidak update. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan alternative solusi yang dapat membantu Kidz Zone dalam menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu membuat rancangan sistem informasi penjualan dengan menggunakan sistem e-commerce. Metode analisa bisnis yang digunakan adalah metode Business Model Canvas, untuk desain rancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengidentifikasi kebutuhan bisnis, sistem e-commerce dapat menyediakan fitur fungsional kunci dan informasi real time yang memenuhi kepuasan pelanggan. Dengan Sistem E-Commerce ini diharapkan dapat membantu memasarkan barang terbaru serta dapat meningkatkan hasil penjualan karena pelanggan dapat melakukan transaksi di manapun dan kapan saja.

Full Text:

Pdf

References


Abdul Rouf, (2015). Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box Dan Black Box, STMIK HIMSYA. Semarang.

Arief, H. N. and Suwita, J. (2016). ‘Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi ECommerce Untuk Kalangan Umkm (Bengkel Motor)’. Sistem Informasi STMIK Insan Pembangunan, 4, pp. 1–13.

C, K, Laudon., Traver. (2017). E-Commerce 2014, 10th Edition. Pearson

Turban. E., King. D., Lee. J. K., Liang, T. P., and Turban, D.C., (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8th Ed.

Hasugian, (2018). ‘Prancangan Website Sebagai Media Promosi’. 3(1).pp. 82–86.

Kosasi, S. (2015). ‘Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak’. Snastia. pp. 110–119.

Mulyani, S., dkk. (2019). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik. Bandung: Unpad Press, p.41, p.54.

Rahmanto, Arif. (2018). Analisis Website Quality Marketplace Jenis Customer To Customer (C2C) Pada Tokopedia Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kota Bandung. Universitas Telkom.

Royan, F.M. (2014). Bisnis Model Kanvas Distributor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, p.1.

Rahman, S. (2015). Mahir WordPress 4 Plus. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, p.195.

Sutrisno and putra (2020). ‘Implementasi Cms Wordpress Pada Jogja Motor Sports Berbasis E-Commerce’. Jurnal Idealis V. 3(1). pp. 2–7.

Widyanto and Patrie (2020). ‘Implementasi Penjualan Bebasis E-Commerce Pada Toko’, J u r n a l I D E A L I S, 3(1), pp. 92–100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lis Suryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)