ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHEZ PADA IKLAN ROADTRIP SOSIALISASI CHSE KEMENPAREKRAF RI DI SCENE MENIT 28.11-33.35

Medya Apriliansyah, Mohammad Trisamanta, Mohammad Zalmi Kahardani, Trifiana Tiodora

Abstract


Kondisi pandemic Covid-19 yang saat ini terjadi memberikan dampak kepada semua sektor perekonomian masyarakat dan juga industri, tidak terkecuali industry pariwisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menanggulangi keterpurukan pariwisata Indonesia dengan melakukan program Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability(CHSE) yang merupakan Hibah yang menjadi bagian dari rencana pemulihan ekonomi nasional (PEN) itu disalurkan bersamaan dengan pembiayaan program sertifikasi kebersihan dan kenyamanan, gratis untuk perhotelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan roadtrip sosialisasi CHSE Kemenparekraf RI pada scene menit 28.11-33.35.Metode Penelitan yang dipakai menggunakan metode kualitatif semiotika Roland Barthez, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitiannya adalah Iklan Roadtrip Sosialisasi CHSE Kemenparekkraf RI. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda dan peatnda dalam iklan tersebut menciptakan representasi kehidupan masyarakat di masa pandemic Covid-19 ini dengan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tokoh dalam iklan tersebut digambarkan sebagai sosok publik figure yang juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang menjalankan protokol kesehatan pada saat melakukan perjalanan wisata

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. (2010). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Junaedhie, Kurniawan. (1991). Ensiklopedia Pers Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Morissan. (2007). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran terpadu. Jakarta: Ramdina Prakasa.

Suyanto, M .(2020). Cinematography of Oscar Winner And Box Office. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utami, Adrina Inayati, dkk. (2015). Representasi Wanita Sosialita Dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan televisi Magnum Versi Pink And Black). E-proceeding of Management: Vol 2, No. 3, Desember 2015, Page 4279.

Lantang. Diakses dari https://kbbi.web.id/lantang

Maulana Rizal, Bn, Wahyu. (2011, October 11). Pergeseran Makna Celana Jeans. Diakses dari https://www.viva.co.id/arsip/254438-pergeseran-makna-celana-jeans.

Sepeda motor. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor

Nurradifan, Agilvi. (2018, October 13). Deretan Selebriti yang Akan Ikut Motorbaik Indonesia 2018, Ada Pembalap Cantik Lho. https://www.gridoto.com/read/221038287/deretan-selebriti-yang-akan-ikut-motorbaik-indonesia-2018-ada-pembalap-cantik-lho.

Suharyanto, Arby. 12 Makna Warna Hitam dalam Simbolisme Psikologis. Diakses dari https://dosenpsikologi.com/makna-warna-hitam-dalam-simbolisme-psikologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Medya Apriliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)