PENERAPAN PSIKOTES PADA LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MAHASISWA DARING BERBASIS WEB

Saskia Lydiani, Achmad Syarif

Abstract


Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) bagi organisasi mahasiswa program studi Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur rutin dilakukan setiap tahun menjelang pergantian kepengurusan organisasi. LDKM pada semester Gasal 2020/2021 ini harus dilakukan secara daring dikarenakan masih pandemi Covid-19. Oleh karena itu diperlukan cara agar kegiatan LDKM ini dapat berjalan efektif yaitu dengan memanfaatkan media aplikasi berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan psikotes untuk mengetahui potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh para peserta LDKM serta membuat prototipe aplikasi LDKM berbasis web yang mudah digunakan dalam pelaksanaan LDKM secara daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana peneliti ikut serta dalam kegiatan LDKM yang dilakukan serta menggunakan teknik pengembangan sistem Prototyping dengan tipe Evolutionary Prototype dalam pembuatan prototipe aplikasi menggunakan framework CodeIgniter. Penyusunan soal psikotes menggunakan tes kepribadian Edward Personal Preference Schedule (EPPS) dengan memperhatikan tujuh aspek seperti Achievement, Deference, Order, Exhibition, Autonomy, Affiliation, dan Dominance. Teknik pengujian aplikasi yang dilakukan menggunakan metode black-box testing. Hasil penelitian ini adalah prototipe aplikasi LDKM berbasis web dengan menerapkan soal psikotes EPPS yang dapat digunakan dalam pelaksanaan LDKM secara daring.

Kata-kata Kunci: Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), psikotes, aplikasi web

Full Text:

PDF

References


Aprianti, R., & Wahyuningsih, T. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenship, 3(Nomor 2 Januari 2014), 127–140.

Daulay, N. (2014). Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(No 2 Juli-Desember), 402–421.

Hiryanto, Wibawa, L., & Rohadi, A. S. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Kepemimpinan Bagi Organisasi Kepemudaan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(Nomor 2 September 2015).

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Nurlela, E., & Solahudin, D. (2016). Manajemen Pelatihan Dasar Kepemimpinan Santri dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(Nomor 1), 85–101.

Subagia, A. (2018). Kolaborasi CodeIgniter dan Ajax dalam Perancangan CMS. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Saskia Lydiani, Achmad Syarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)