ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BIDANG SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Rizky Eka Prasetya

Abstract


Kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris praktis dapat meningkatkan kinerja dengan keterpaduan ketrampilan kerja utama lain bagi calon pekerja. Bidang sekretaris dan administrasi perkantoran memerlukan pembelajaran bahasa Inggris otentik dengan merancang susunan dan struktur pembelajaran terarah. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kebutuhan Mahasiswa dalam kebutuhan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris fokus kebutuhan sasaran dan kebutuhan belajar. Pemilihan pendekatan quantiatif deskriptif dengan rancangan angket (survey) menjadi bagian utama. Pemilihan teknik pengumpulan data mengacu kepada rancangan angket dengan jenis pengambilan data dalam satu kali (Cross-Sectional) pada kebutuhan komunitas (Community Needs). Angket diadopsi sebagai satu-satunya metode pengumpulan data. Hasil penelitian menemukan bahwa empat kemampuan sangat dibutuhkan kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris komunikatif. Tanggapan kebutuhan berbicara dan membaca paling diperlukan dengan jangkauan nilai Mean sebesar 12 – 15.5 poin. Disamping itu, kemampuan mendengarkan dan menulis memiliki jangkauan nilai mean sebesar 10-12.4 poin. Parameter tanggapan ini disebabkan karena keberagaman harapan dan pencapaian kemampuan bahasa Inggris. Menulis brosur dan korespondensi surat elektronik menjadi cakupan tertinggi pada skala Sangat Setuju dengan pemerolehan diatas 60%, sedangkan skala Setuju mencakup menulis laporan dan membaca referensi (majalah dan koran) sebesar diatas 20%. Perbandingan signifikan respon jawaban negatif untuk Tidak Setuju pemerolehan diatas 10% dengan perpaduan mendengarkan media bahasa Inggris dan berbicara terlibat dalam percakapan dan Sangat Tidak Setuju pemerolehan ditas 8% dengan elemen respon mendegarkan percakapan umum dan membaca surat kabar. Analisa kebutuhan ini ditujukan kepada perancang pembelajaran bahasa Inggris dalam bidang sekretaris dan administrasi perkantoran. Bidang bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes-ESP) berorientasi pada penggunaan dan kemampuan bahasa Inggris praktis. Perancang pembelajaran bahasa Inggris ESP sebaiknya memadupadankan kemampuan teoritis dan praktis sehingga menciptakan susunan silabus atau kurikulum dengan materi terkini dan otentik keada pembelajar bahasa.

Full Text:

PDF

References


Alokozay, W., & Atifnigar, H. (2020). Needs Analysis in ESP Context: A Project in English for Specific Purpose: English Writing Course for Diploma Students in Management. American International Journal of Education and Linguistics Research, 3(1), 11-17.

Asrifan, A., Vargheese, K. J., Syamsu, T., & Amir, M. (2020). ESP Course Design: The Need Analysis on Tourism Department in Indonesia Vocational High Schools. Journal of Advanced English Studies, 3(2), 69-77.

Asrifan, A., Vargheese, K. J., Syamsu, T., & Amir, M. (2020). ESP Course Design: The Need Analysis on Tourism Department in Indonesia Vocational High Schools. Journal of Advanced English Studies, 3(2), 69-77.

Du, W., & Wang, Y. (2019). Developing an Outcome-Based ESP Course with Blended-Learning Method for Chinese Undergraduates. Creative Education, 10(08), 1834.

Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2018). Online learning in higher education: exploring advantages and disadvantages for engagement. Journal of Computing in Higher Education, 30(3), 452-465.

Godwin-Jones, R. (2019). Telecollaboration as an approach to developing intercultural communication competence.

Kırkgöz, Y., & Dikilitaş, K. (Eds.). (2018). Key issues in English for specific purposes in higher education (Vol. 11). Springer.

Liashenko, I. V. (2019). Basic Features of ESP (Doctoral dissertation, Publishing House I. Ivanchenka).

Moattarian, A., Tahririan, M. H., & Alibabaee, A. (2019). Task Complexity Manipulation and EFL learners’ interactions in the process of collaborative pre-planning. Applied Research on English Language, 8(1), 51-78.

Sangsawang, T. (2020). An instructional design for online learning in vocational education according to a self-regulated learning framework for problem solving during the COVID-19 crisis. Indonesian Journal of Science and Technology, 283-198.

Sari, R. K., Kuncoro, A., & Erlangga, F. (2019). NEED ANALYSIS OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) TO INFORMATIC STUDENTS. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature), 5(2), 26-37.

Syakur, A., Zainuddin, H. M., & Hasan, M. A. (2020). Needs Analysis English For Specific Purposes (ESP) For Vocational Pharmacy Students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 724-733.

Wahyuningsih, S., & Afandi, M. (2020). Investigating English Speaking Problems: Implications for Speaking Curriculum Development in Indonesia. European Journal of Educational Research, 9(3), 967-977.

Yusupova, M. (2019). Development of communication competence while using Project work in teaching English to students in Higher Education as an actual problem. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences Vol, 7(12).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizky Eka Prasetya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)