Identifikasi Kebutuhan Keterampilan Sekretaris Melalui Konten Lowongan Pekerjaan Di Masa Pandemi Covid-19

Reni Hariyani

Abstract


Meningkatnya jumlah pengangguran di masa pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap info lowongan pekerjaan. Kebutuhan keterampilan dalam konten lowongan pekerjaan menjadi persyaratan bagi calon pelamar. Profesi Sekretaris sebagai orang kepercayaan yang membantu pimpinan perusahaan memegang peranan penting dalam kemajuan perusahaan. Dibutuhkan Sekretaris yang profesional dan handal dengan keterampilan yang dimiliki dalam menghadapi tantangan serta persaingan menghadapi kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan keterampilan Sekretaris berdasarkan hard skill dan soft skill di masa pandemi covid-19 dalam iklan lowongan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Konten tersebut bersumber dari situs daring lowongan pekerjaan seperti jobstreet.co.id, jobs.id, Glints dan sebagainya. Analisis data diolah dengan tahapan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian ini adalah informasi lowongan pekerjaan yang berasal dari situs daring untuk profesi Sekretaris. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 40 perusahaan dari 6 situs daring lowongan pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas perusahaan membutuhkan keterampilan hard skill bagi profesi Sekretaris yaitu keterampilan dalam berbahasa Inggris, mengoperasikan Microsoft Office dan menggunakan sosial media (teknologi). Sedangkan untuk keterampilan soft skill yaitu kebutuhan seorang sekretaris memiliki penampilan yang menarik, kemampuan berkomunikasi yang baik, serta disiplin. Calon Sekretaris harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan keterampilan pada kondisi pandemi covid-19 yang memerlukan pemahaman teknologi dalam berkomunikasi yang efektif dan efisien. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode penelitian kuantitatif serta memperbanyak jumlah sampel data penelitian.

Full Text:

PDF

References


Dunbar, Kirsty; Laing, Gregory; Wynder, M. (2016). A Content Analysis of Accounting Job Advertisements: Skill Requirements for Graduates. E-Journal of Business Education & Scholarship of Teaching, 10(1), 28–72.

Ghani, N. (2021). Jumlah Lowongan Kerja di Indonesia Mulai Alami Peningkatan. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi

Kristiana Widiawati, S. (2018). Kompetensi dan Kebutuhan Sekretaris dan Administrasi Profesional Terkini di Sepuluh Perusahaan Indonesia. Jurnal Ikraith-Humaniora, 2(2), 24–30.

Mirzaqon. T, A. dan B. P. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Nurazela, T. W. (2020). Studi Kebutuhan IT Literature Terhadap Profesi Non IT. Jurnal Universitas Internasional Batam, 1(1), 475–486.

Purwanto, Wahyu, Y. (2020). Identifikasi Kebutuhan Keterampilan Sekretaris Melalui Analisis Konten Lowongan Pekerjaan. Jurnal Economia, 16(1), 44–55.

Selfiana. (2018). Kompetensi Sekretaris Terkini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Sepuluh BUMN Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 6(2), 183–192.

Selfiana. (2019). Kompetensi Minimal Profesi Sekretaris Direksi di Sepuluh Perusahaan Indonesia. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, XVI(2), 22–38.

Suarta, E. a. (2018). Employability Skills for Entry Level Workers: A Conten Analysis of Job Advertisement in Indonesia. Journal of Technical Educational and Training. Journal of Technical Educational and Training, 10(2), 49–61.

Syahrial. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21–29.

Utaminingsih, S. (2016). Sekretaris Profesional di Era Global. Jurnal Sekretaris, 3(2), 1–15.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v19i2.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reni Hariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)