Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Murid

Hesti Umiyati, Ricky Hartono

Abstract


Sangat penting bagi suatu lembaga PAUD untuk dapat memperhatikan kualitas pendidikan dari lembaganya, sehingga mampu menghasilkan anak-anak yang berkualitas pula dan pada akhirnya berdampak pada kepuasan pelanggan. Apabila orang tua murid merasa puas dengan layanan pendidikan lembaga PAUD, maka kepercayaan dan loyalitas orang tua murid pada lembaga PAUD semakin baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan orang tua murid di lembaga PAUD Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam menganalisa hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert dengan mengambil 37 responden dari 58 populasi yang ada sebagai sampel penelitian. Untuk uji regresi peneliti menggunakan analisis statistik dengan program SPSS 24. Dari hasil penelitian diketahui persamaan regresi linier berganda Y = 0,084 + 0,130 X1 + 0,064 X2 – 0,128 X3 – 0,172 X4 + 1,090 X5 + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa ditinjau dari segi kelompok umur dan tingkat pendidikan, tingkat kepuasan responden mayoritas berada pada kategori sedang. Tampak bahwa responden dengan pendidikan yang tinggi tidak ada yang sangat puas dengan kualitas layanan lembaga PAUD Kota Tangerang.

Kata-kata Kunci: Kualitas pelayanan, pendidikan, dan kepuasan orang tua murid

Full Text:

PDF

References


Andriani, Deasy. 2013. Memilih Sekolah Buat Si Kecil Early Learning and Schooling. Yogyakarta: Kanisius.

Arsyad, Aisyah T. 2008. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Lembaga Pendidikan “XYZ”. Skripsi. Bogor: FE ITB.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lupioyadi, Rambat dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Wahito, dkk. 2010. Pengaruh kualitas Dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap Kualitas PAUD secara Keseluruhan jurnal Khusus Hari Kesehatan Nasional. ISSN: 2086-3098. Madiun.

Purwanto, E. dan Sulistyastutik. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media

Sunyoto, Danang., Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan I. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service.

Unaradjan, Dominikus Dolet. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Atma Jaya

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v19i2.1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hesti Umiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)