Analisis Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Central Asia Cabang Utama Green Garden Jakarta

Iis Torisa Utami

Abstract


tanggungjawab dan penampilan) yang berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Central Asia (BCA) cabang utama green garden Jakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai variabel apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang sedang melakukan transaksi perbankan di Bank Central Asia (BCA) cabang green garden Jakarta. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa karakteristik dari responden laki-laki adalah 14 orang, jumlah responden wanita adalah 16 orang, dan ditinjau dari jenis pekerjaan responden adalah pegawai swasta sebanyak 24 orang, 1 orang wiraswasta dan 5 orang pelajar. Selanjutnya berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh variabel yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah yaitu variabel sikap signifikansi 0.001 < 0.05, variabel tindakan signifikan 0.030 < 0.05, variabel kemampuan signifikansi 0.05 < 0.05, dan variabel tanggungjawab signifikansi 0.037 < 0.05. kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Central Asia (BCA) cabang green garden Jakarta adalah empat (4) konsep layanan prima antara lain sikap, tindakan, kemampuan dan tanggungjawab dari petugas customer service. Saran untuk penelitan selanjutnya ditambahkan variabel kinerja customer service, kualitas pelayanan, dan kepuasan sebagai variabel intervening, serta populasi atau jumlah responden perlu ditambah

Full Text:

PDF

References


Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bilgah. (2019, September 2). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Pada PT Fast Food Indonesia Tbk KFC Cabang Ramayana Cibubur Jakarta Timur. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika (CAKRAWALA), 19(2), 231-236. doi:http://doi.org/10.31294/jc.v19i2

Desthiani, U., & Ernawati. (2020). Peran Pelayanan Prima Kasir Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT AEON INDONESIA Tangerang. Sekretari Universitas Pamulang, 7(1). doi:http://dx.doi.org/10.32493/skr.v7i1.4555

Dewi, S. D. (2020). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas NAsabah di BRI Syariah KCP Purbalingga. Jawa Tengah: Universitas Islam Negeri Prof.KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Retrieved Maret 5, 2020, from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7117/

Keller, K. d. (2016). Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Kusniati, & Saputra, A. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Akuntansi (EMBA), 93-102. doi:http://doi.org/10.35794/embq.v8i3

Octavia, Y., & Rinto, A. (2020, April 1). Efektifitas Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung pada Bank Muamalat Cabang Palangkaraya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 9-10. doi:http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.816

Rahayu, R. S. (2018). Pengaruh Service Excellent terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jawa Tengah: Institut Agama ISlam Negeri Salatiga. Retrieved from http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=4903/1/RETNO%20SRI%20RAHAYU%20(21314118)%20Skripsi

Rangkuti, F. (2017). Meningkatkan Kinerja Melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dilengakapidengan PErbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thimoty, C. (2016). Pengaruh Layanan Prima terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Pangkas Rambut Exclusive di Jalan KArya Wisata,Medan). SUMUT: Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19303




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v19i2.1574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Torisa Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)