Kajian dan Evaluasi Kinerja dan Kepentingan Model Kepuasan, Loyalitas dan Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi Swasta

Julius Nursyamsi

Abstract


Penelitian ini mengkaji dan mengevaluasi terhadap konstruk kualitas layanan, kualitas website, citra institusi, bauran pemasaran, kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa dan keunggulan bersaing berdasarkan pemodelan persamaan struktural. Model penelitian ini mengambarkan setiap konstruk memiliki nilai kinerja dan kepentingan terhadap keunggulan bersaing, pengujian model ini menggunakan sampel dari responden mahasiswa aktif pada Perguruan Tinggi Swasta sebanyak 932 sampel dengan metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Analisis data menggunakan structural equation modelling dan importance-performance map analysis, alat analisis pengujian dengan SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kualitas website memiliki nilai kepentingan dan kinerja terhadap keunggulan bersaing rendah dibandingkan variabel lain.

 

Kata-kata Kunci: kinerja, kepentingan, keunggulan bersaing, perguruan tinggi, SEM, IPMA.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. In D. Prabantini & Tommy (Eds.), Yogyakarta: Penerbit Andi (edisi 1, Vol. 22, Issue 1). ANDI.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. In Penerbit Alfabeta (Edisi 13). Penerbit Alfabeta.

Barney, J. B. (1991). Firm Resources And Sustained Competitive Advantage. Journal Of Management, 17(1), 99–120.

Belton, P. (2017). An Analysis of Michael E. Porter’s Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. In Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Macat Library.

Coyne, K. P. (1986). Sustainable Competitive Advantage—What it is, what it isn’t. Business Horizons, 29(1), 54–61.

Day, G. S., & Wensley, R. (1988). Assessing Advantage: A Framework for Diagnosing Competitive Superiority. Journal of Marketing, 52(2), 20.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares,Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hoffman, N. P. (2000). An Examination of the “Sustainable Competitive Advantage” Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Scienci Review, 2000(4), 1–16.

Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya on marketing. In Penerbit Gramedia (Cetakan Ke, Vol. 1). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. In A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (Eds.), Erlangga (12th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan (ed.); 9th ed., Vol. 1). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nursyamsi, Julius. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Website, Citra Institusi dan Bauran Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di DKI Jakarta. Universitas Gunadarma.

Parasuraman, A., Berry, L., & Zeithaml, V. (1991). A Understanding customer expectations of service. MIT Sloan Management Review, 32(3), 39.

Parasuraman, A., Zeithaml, valarie A., & Berry, L. L. (1988). SerQual : A multiple- Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Porter, E. M. (1985). Competitive Advantage ; Creating and Sustaining Superior Performance (1st ed.). The Free Press.

Porter, M. E. (1991). Towards a dynamic theory of strategy. Strategic Management Journal, 12(2 S), 95–117.

Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2016). Gain more insight from your PLS-SEM results The importance-performance map analysis. Industrial Management & Data Systems, 116(9), 1865–1886.

Sembiring, N. (2018). Determinants of Competitive Advantage and Institution Image. International Review of Management and Marketing, 8(3), 45–50.

Shmueli, G., Sarstedt, M., Hair, J. F., Cheah, J.-H., Ting, H., Vaithilingam, S., & Ringle, C. M. (2019). Predictive Model Assessment in PLS-SEM : Guidelines for Using PLSpredict. European Journal of Marketing, 53(11), 2322–2347.

Yuksel, A., & Yuksel, F. (2008). Consumer Satisfaction Theories: A Critical Review. Nova Science Publishers, 4, 32–38.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v20i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Julius Nursyamsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)