Analisis Sistem Pengolahan Data Elektronik Mengenai Barang Milik Negara Pada Komisi Aparatur Sipil Negara

Reni Hariyani, Tirta Arum

Abstract


ABSTRAK
Penggunaan sistem pengolahan data elektronik merupakan wujud nyata dari dampak kemajuan teknologi digital yang semakin canggih. Peran sistem berbasis internet dengan bantuan teknologi komputer yang saling terintegrasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Salah satunya yaitu Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang telah menggunakan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Bentuk pengolahan data secara elektronik dilakukan untuk jenis Barang Milik Negara (BMN) yang dibeli dari dana APBN kemudian diproses melalui SAKTI pada modul aset tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengolahan data elektronik pada sistem SAKTI untuk BMN di KASN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Dengan tahapan analisis meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian ini adalah data barang milik negara dengan penulis sebagai observer di lokasi penelitian yaitu pada KASN periode Bulan Maret 2022 sampai dengan Bulan Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pengolahan data elektronik barang milik negara pada KASN meliputi lima tahapan pengolahan data elektronik. Yaitu pengumpulan data (origination) BMN, input melalui Microsoft Excel dan SAKTI, processing, output, dan storage dalam bentuk file PDF. Tidak terdapat tahapan distribusi dalam pengolahan data elektronik menggunakan SAKTI, karena output dalam bentuk laporan diberikan dari KASN sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Kementerian Keuangan Republik Indonesia setiap enam bulan sekali. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan modul lain dalam pengolahan data elektronik menggunakan SAKTI pada KASN.

Kata kunci: Sistem, Pengolahan, Data, Elektronik.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adi. (2013). Peran Bagian Pengolahan Data Elektronik Dalam Penyelenggaraan E-Government (Studi Pendayagunaan Website Resmi Kota Semarang). Journal of Politic and Government Studies, 2(4).

Agustina, E. (2021). Prinsip Tanggung Jawab Pengelolaan Barang Milik Negara Menuju Good Governance. SOLUSI, 19(1).

Alfi. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Journal of Public Sector Innovations, 2(1), 39–43.

Andia. (2018). E-Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Bungus Barat. Journal of Information System, 3(1).

Arfianty. (2018). Analisis Penerapan Electronic Data Processing (EDP) System dalam Pengolahan Data Penjualan dan Penerimaan Kas Pada PT Hadji Kalla Cabang Parepare. . . Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 1–9.

Briliant. (2017). Analisis Pengelolaan Barang Milik Daerah (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal EMBA, 5(2), 1171–1181.

Hikmah, N. (2020). Analisis Sistem Pengelolaan Barang Milik Negara Pada Balai Penelitian Dan Pengembangan Rawa Banjarmasin. UNISKA.

https://jdih.kemenkeu.go.id/. (2021). Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id. (2020). Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Luh, N. (2013). Analisis Efektivitas Pengolahan Data Elektronik Dengan Program MYOB Pada UD. Widya Pratama Di Gianyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 1(1).

Siti. (2018). Analisis Faktor Tentang Efektivitas Pengelolaan Barang Milik Daerah (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang). IBEKA Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 53–65.

Triana. (2018). Pengaruh Sistem Pengolahan Data Elektronik Penjualan Dan Dukungan Teknologi Informasi Terhadap Efektifitas Pengendalian Internal Penjualan Pada PT. Intan Jaya Garmen Kab. Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 44.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v20i2.2045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reni Hariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)