CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE “CAFÉ JAMU” MELALUI INSTAGRAM @SUWEORAJAMU28

Shinta Kristanty, Angel Victoria, Mulyati Mulyati, Ahmad Pramegia

Abstract


Suwe ora Jamu dikenal sebagai kedai yang menyajikan jamu dan kopi, menariknya kedai ini berupaya memperkenalkan minuman jamu sebagai gaya hidup kepada masyarakat. Minum jamu di era modern ini bisa dilakukan di café dengan suasana yang santai, sambil bercengkerama dengan kerabat. Melalui Instagram @suweorajamu28, tim marketing and social media (tim public relations) kedai Suwe Ora Jamu di Jakarta, berupaya membangun brand image bahwa kedai Suwe Ora Jamu tidak hanya menyajikan kopi tetapi jamu dengan berbagai varian rasa, dengan konsep sajian ala café, diharapkan dapat mengubah pola pikir khususnya kawula muda, jamu yang semula dikenal pahit rasanya, namun dengan racikan khas jamu di kedai Suwe Ora Jamu menjadi rasa yang berbeda tanpa meninggalkan ramuan tradisional di dalamnya. Sehingga jamu di Kedai Suwe Ora jamu tetap menjadi minuman yang sehat. Instagram dipilih karena merupakan media sosial yang dapat menjangkau generasi muda. Maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tim marketing and social media di kedai Suwe Ora Jamu membangun brand image “Café Jamu” melalui media sosial Instagram @suweorajamu28?. Penelitian ini menggunakan konsep tentang public relations, cyber public relations, media sosial, Instagram, brand image dan teori 4C dari Chris Heuer. Metode penelitian ini adalah Deskriptif – Kualitatif. Hasil penelitian adalah tim public relations Kedai jamu Suwe Ora Jamu dalam melakukan penerapan cyber public relations sudah menerapkan komponen context, community, communication, dan connection pada media sosial instagram @suweorajamu28 seperti berbagi informasi, edukasi, mengadakan event yang semuanya diunggah melalui Instagram @suweorajamu28, serta berkomunikasi dengan para pelanggan seperti membalas komen, mengadakan kuis yang juga semua dilakukan melalui Instagram tersebut.

Full Text:

PDF

References


Afifudin, Luthfi Afifuddin, Septyan Budy Cahya, Dwi Yuli Rakhmawati. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Daya Beli Masyarakat Terhadap Minat Berkunjung Di Kedai Yoi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 11 (3). 216 – 228.

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Jakarta : Mediakita.

Breakenridge, D. (2008), PR 2.0: New Media, New Tools, New Audiences, Upper. Saddle River, J: FT Press, Pearson Education.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dogan, Umrah dan Oze, Nuran. (2018). Issues and Communication: Media and Public Relations. Edisi pertama, London: IJOPEC Publication.

Hidayat, Dasrun. (2014). Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. (2014). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kasmawati, Yuni. 2021. Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 9(2). 197 – 207.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2013).Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Muharam, Fajar, Hifni Alifahmi dan Rahtika Diana. (2022). Cyber Public Relations Melalui Instagram Kt&G. Jurnal Akrab Juara. 7(2), 283 - 305. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i2.1851

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. (2015). Manajemen Public Relations, Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat, Bandung: Pustaka Setia.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan. Sosioteknologi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis. Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo.

Putra, I. K. P. M., & Rastini, N. M. (2022). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Niat Menggunakan Gojek Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 11(3), 464–484.

Rusdianto, Ujang. 2014. Cyber CSR: A Guide to CSR Communications on Cyber Media. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, Hasrini, and Anggraeni, Lidia. (2019). Peran Tipe Gambar, Tagar, Jumlah Likes Dan Informasi Harga Pada Instagram Terhadap Intensi Membeli. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(2), pp. 71-80. https://doi.org/10.14710/jati.14.2.71-80

Sarosa, S. (2017). Penelitian Kualitatif; Dasar- Dasar. Edisi ke 2. jakarta: Indeks

Sastrawan, M. D., & Pramudana, K. A. S. (2022). Peran Brand Trust Memediasi Brand Image Terhadap Brand Loyalty: Studi Pada Toko Dwipa Umalas Badung. E-Jurnal Manajemen, 11(4), 658–681.

Setyanti, Christina Andika. (2015). Alasan Anak Muda Enggan Minum Jamu.https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150422203911-262-48586/alasan-anak-muda-enggan-minum-jamu.

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in The New Web. New Jersey: John Wiley & Sonc Inc.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sujanto, M.A., Raditia Yudistira. (2019). Pengantar Public Relations Di Era 4.0: Teori,. Konsep, Dan Praktik Kasus Terkini. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyadi,dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 3(1), 135 – 144.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi. Jurnal Penelitian

Winaranti, Chiera Desta, Mohammad Insan Romadhan,Ni Made Ida Pratiwi. (2023). Strategi Cyber Public Relations Dalam Membentuk Brand Image Pada Parahita Diagnostic Center(Laboratorium Parahita). Semakom Seris 1(2). 198-207.

Yananingtyas, Halimatus Zahro, Irwansyah. 2020. Cyber Public Relations Melalui Microblogging dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi. 14(2). 199 – 212.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v21i2.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shinta Kristanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)