DINAMIKA PARTISIPATIF MEDIA DAN JARINGAN SOSIAL: ANALISIS KASUS ISU PARBOWO DALAM PEMILU 2024

Medya Apriliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis dinamika partisipatif media dan jaringan sosial dalam mengamati isu yang melibatkan tokoh politik, dengan fokus pada kasus isu Prabowo dalam Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana media dan jaringan sosial memainkan peran dalam penyebaran, persepsi, dan partisipasi publik terkait isu tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat dinamika penyebaran isu yang dimana terlihat dari dominasi pemberitaan isu Prabowo yang menjadi topik utama pemberitaan media, viral di media sosial, jenis konten yang dominan, dan adanya perkembangan narasi serta framming. Dalam konteks persepsi publik dapat terlihat adanya diversity persepsi, terdapat kombinasi antara sentimen positif dan negatif. Kemudian hasil dari analisis partisipasi publik terlihat bahwa sebagian besar masyarakat aktif terlibat dalam diskusi online, masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam kampanye online maupun secara aksi fisik atau acara publik

Full Text:

PDF

References


Allifiansyah, Sandy. (2016). Kaum Muda, Meme, dan Demokrasi Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 13, No. 2, Desember 2016, 151-164

Aspinall, E., & Berenschot, W. (2019). Democracy for Sale? Elections, Clientelism, and State-Business Relations in Indonesia’s Decentralized Era. Critical Asian Studies, 51(2), 236–260.

Bell, Loader, Pleace & Schuler. (2004) Cyberculture, The Key Concepts. London. UK: Rouledge.

Bennet, W.L. & Segerberg, A. (2012). The Logic of Connective Action: Digital Media and the Personalization of Contentious Politics. Information, Communication & Society, 15(5), 739-768

Castells, M. (2009). Communication Power. Oxford University Press.

Harvey, D. (2005). A Brief History of Neoliberalism. Oxford University Press.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. NYU Press.

Jenkins, H. (2006). Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. Illinois: MacArthur Foundation.

McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). Sage Publications.

Mietzner, M. (2013). Money, Power and Ideology: Political Parties in Post-Authoritarian Indonesia. Critical Asian Studies, 45(2), 211–235.

Norris, P. (2011). Democratic Deficits: Addressing the Challenges to Sustainability and Consolidation. Oxford University Press.

Puteri, Nova Rachmawati & Mahadian, Adi Bayu. (2019). Isu Sosial Dalam Bentuk Internet Meme Menjelang Pemilihan Presiden 2019. Jurnal Scriptura, Vol 9, No.1, Juli 2019, 1-8.

Wasserman, Stanley & Faust, Katerine (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications. Cambridge University Press.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v21i2.2785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Medya Apriliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)