ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SEKRETARI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI ERA DIGITAL
Abstract
Era digital memberikan dampak transformasi dalam dunia bisnis dengan signifikan. Kemajuan teknologi dapat mempercepat dan mempermudah akses menjadi entrepreneur yang sukses. Mahasiswa menjadi icon agen perubahan untuk peralihan pilihan dari mencari pekerjaan menjadi membuka lapangan pekerjaan. Tetapi menggiatkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa tidaklah mudah. Banyak faktor yang mendasari persepsi terhadap minat berwirausaha di era digital. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur mengenai minat berwirausaha di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Menggunakan proksi pengukuran minat berwirausaha yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Riset yang dilakukan menggunakan populasi yaitu mahasiswa Program Studi Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur. Sampel dalam riset ini berjumlah 51 Orang berdasarkan teknik purposive sampling. Pengukuran persepsi mahasiswa dalam riset ini menggunakan kategori interpretasi skor. Diperoleh hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa untuk rata-rata persentase faktor internal masuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 63%. Sedangkan untuk rata-rata persentase faktor eksternal masuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 57%. Implikasi tersebut memberikan hasil bahwa persepsi mahasiswa terhadap minat berwirausaha memberikan tanggapan setuju bahwa faktor internal (kreativitas, cita-cita, dan keinginan menjadi sukses) serta faktor eksternal (platform digital, social media dan business influencer) diperlukan sebagai acuan yang memotivasi untuk memunculkan ketertarikan, hasrat, dan passion dalam menumbuhkan minat mahasiswa menjadi seorang wirausaha. Saran dalam riset ini minat mahasiswa dalam berwirausaha harus ditumbuhkembangkan dengan semaksimal mungkin melalui faktor-faktor tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Agusmiati. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
Bank, W. (2022). Unemployment. Internatinal Labor Organization.
BPS. (2024). Booklet SAKERNAS. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2024/07/05/0455778ea851bbeda66890a8/booklet-sakernas-februari-2024.html
Cahya. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis digital abad 21. Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Dewi. (2021). The Influence Of Self Efficacy, E-Commerce And Entrepreneurial Education In Decision Making For Entrepreneurs. Research Publish Journal, 8(2), 124–131.
Hadiyati. (2023). Dampak Kemampuan Melihat Peluang Usaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa: Peran Literasi Media Sosial. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 7(3).
Hariyani, P. dan. (2020). Pengaruh Motivasi Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(3), 94–101.
Jannah. (2021). Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Science and Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193
Josephine. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perusahaan Start-Up. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 4(1), 21–29. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.748
Nurhaida. (2021). Analisis Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dari Faktor Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/ebmsj.v1i1.15
Prasetio. (2024). Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Terhadap Dampak Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntan. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 22(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Sari. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p
Sihombing. (2023). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha Menggunakan E-commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1).
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Tangkeallo. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.1 5964
Utomo. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menjadi Wirausahawan. Journal on Education, 5(3). website: http://jonedu.org/index.php/joe
Yusuf. (2024). Tantangan dan Peluang: Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Menuju Wirausaha Di Era Digital. RECORD: Journal Of Loyality And Community Development, 1(1).
Zunaedy. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 6(1), 47.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v22i1.3354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Reni Hariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.
Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi
ISSN (cetak) 2085-0700 ISSN (online) 2622-5913
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)