Kompetensi Dosen Yang Memengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Akademi Sekretari Dengan Locus Of Control Internal Sebagai Variabel Moderasi

Reni Hariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai kompetensi dosen yang memengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa mengenai akuntansi. Dengan locus of control internal sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Tahun Akademik 2018/2019 untuk Angkatan 2016, hal ini dikarenakan mereka telah mengambil mata kuliah Dasar Akuntansi. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 41 orang mahasiswa. Metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Analisa data menggunakan software SPSS Versi 21 menggunakan 2 model yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi dengan variabel moderating. Hasil penelitian dari aspek kuantitatif yaitu kompetensi dosen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,201 dan locus of control internal memoderasi kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Jakarta dengan kenaikan nilai Rsquare sebesar 2,6%. Hasil penelitian dari aspek kualitatif menguatkan hasil penelitian dari aspek kuantitatif bahwa kompetensi dosen tidak memengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa secara signifikan, karena hasil dari aspek kualitatif menunjukkan banyak responden merasa belum siap mendapatkan materi akuntansi saat kuliah dan merasakan perbedaan dengan saat sekolah.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik IAIN Kendari. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian-ISSN: 1978-9726 (p); 2541-0717 (e) Volume 13, Nomor 1 (Mei, 2018)

Catharina Tri Anni, 2009, Psikologi Belajar, Unnes Press, Semarang.

Donny Iskandarsyah dan Imam Ghozali, 2012, ”Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Mahasiswa dalam Mempelajari Matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah (Studi empiris pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Reguler di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2009 dan 2010)”, Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 1 (2), 1-13.

Dwi Budiadi & Jenny Sulistyawati. 2013. Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva Vol.03 No.01, Maret 2013.

Fadjar Harimurti & Rispantyo. 2014. Internal Locus Of Control Sebagai Moderasi Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi kuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 10, No. 1, April 2014: 50 – 62.

Febrianty, 2010. “Pengaruh Gender, Locus of Control, Intellectual Capital, dan Ethical Sensitivity terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi pada Perguruan Tinggi (Survei pada Perguruan Tinggi di Kota Palembang)”, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi Ke-IV, Nopember, 29-49.

Ghozali, Imam 2007, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi Kelima, Universitas Diponegoro, Semarang.

Indri Kartika dan Profita Wijayanti, 2007, “Locus of Control and Accepting Disfungsional Behavior on Public Auditors of DFAB”, Jurnal: Akuntabilitas, Vol .6(2), Maret, p. 158-164.

_______, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005,. Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v17i1.800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Serasi

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)