Kualifikasi Intrinsik Sekretaris Sektor Usaha Telekomunikasi

Selfiana Selfiana, Siti Rahmawati

Abstract


Organisasi yang profesional membutuhkan karyawan yang cerdas, kreatif dan mampu melakukan inovasi. Tantangan para pekerja semakin berat di era revolusi industri 4.0. Pergerakan teknologi dan bisnis yang sangat cepat berdampak pada kecepatan pimpinan dalam bekerja dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, pimpinan membutuhkan sekretaris yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk menunjang tugas dan tanggungjawabnya sebagai pengambil keputusan. Para sekretaris sebagai tangan kanan pimpinan, dalam penyelesaian pekerjaan dan tugasnya, harus memiliki kualifikasi ekstrinsik dan intrinsik. Kualifikasi ekstrinsik meliputi kepribadian, keahlian, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh sekretaris yang dapat menunjang penyelesaian tugas-tugasnya. Kualifikasi intrinsik adalah kualifikasi alamiah yang dimiliki oleh sekretaris. Potensi tersebut akan muncul secara alami dari diri sekretaris tersebut, sehingga kredo “the right secretary in the right place” dapat diwujudkan pada posisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi intrinsik yang dimiliki oleh para sekretaris dan memetakan potensi tersebut untuk mengidentifikasi potensi terkuat yang dimiliki oleh para sekretaris top manajemen yang bekerja di sektor telekomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode talent mapping yang terdiri dari empat klaster yaitu klaster relating, klaster striving, klaster thinking dan klaster influencing. Hasil asesmen dipetakan dan ditabulasikan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki bakat dominan developer, discipline, responsiblity, empathy, connectedness, includer, strategic, analytical, input, belief, empathy, adaptability, relator,positivity, communication.

Kata-kata Kunci: talent mapping, kualifikasi, sekretaris.

References


Gaol, J. L. (2015). Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi (I). Jakarta.

Kristiana, W., & Selfiana. (2019). Kompetensi Sekretaris Terkini Mengatasi Era Revolusi Industri 4.0 di Sepuluh Badan Usaha Milik Negara Indonesia.

Selfiana. (2019). Kompetensi Minimal Profesi Sekretaris Direksi di Sepuluh Perusahaan Indonesia. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, 16 (2).

Septiowati, R. (2018). Peranan sekretaris dalam menunjang kelancaran tugas-tugas pimpinan pada PT Biosystems Indoonesia di Denpasar-Bali. Jurnal Serasi, 16 (01).

Utami, I. T. (2019). Analisis Spesifikasi dan Deskripsi Pekerjaan untuk Posisi Jabatan Sekretaris Berdasarkan Persyaratan Akademik dan Non Akademik. Jurnal Serasi, 17 (1).

Zainal, V. R., Ramly, M., & Mutis, T. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari teori ke praktik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.