Prototipe Aplikasi Monitoring Pelanggaran Mahasiswa Berbasis Android Untuk Mahasiswa Program Studi Sekretari

Achmad Syarif

Abstract


Tata tertib atau peraturan perkuliahan yang berlaku di setiap institusi pendidikan sudah seharusnya ditaati dan dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di setiap institusi tersebut. Namun seringkali ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Pelanggaran tersebut seharusnya tercatat dengan baik dan bersifat terpusat sehingga informasi yang diakses akan sama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe aplikasi monitoring pelanggaran mahasiswa berbasis android yang mudah digunakan sehingga dapat memantau pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa secara terpusat. Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) yang terdiri dari metode analisis dan metode perancangan. Alat bantu permodelan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe aplikasi monitoring pelanggaran mahasiswa berbasis android ini, monitoring pelanggaran mahasiswa dapat dilakukan setiap saat dan informasi terpusat dalam satu database.

References


Cahyaningrum, E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Pelanggaran Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Surakarta: Universitas Muhammadiyah 1 (Skripsi).

Nindyastuti, A. A. (2016). Usaha-usaha untuk mendisiplinkan Kerja Sekretaris. Jurnal Serasi, 23-37.

Purwanti, N. N. (2016). Sistem Monitoring Pelanggaran Siswa Berbasis Web (Studi Kasus: SMA Islamic Centre Tangerang). Jakarta: Universitas Esa Unggul (Tugas Akhir).

Sumitro, Eko; Marhaeni; Asep Yuyu. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Monitoring Kedisiplinan Siswa SMK Berbasis Android. Jurnal Rekayasa Informasi Vol 5 No 1 April, 1-13.

Wadi, H. (2018). Pemrograman Android untuk Pelajar dan Mahasiswa: Belajar & Praktek Membuat Aplikasi Android Langkah Demi Langkah. TR Publisher

Zaliluddin, Dadan; Yayat Sutaryat. (2016). Rancang Bangun Sistem Monitoring Pelanggaran Siswa Berbasis Web dan Android Studi Kasus SMP Negeri 1 Kasokandel. Proceeding STIMA 2.0 (hal. 54-56). Majalengka: Universitas Majalengka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.