PROTOTIPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) PRAKTIKUM PERBANKAN SYARIAH BERBASIS WEB DAN ANDROID DENGAN KERANGKA KERJA “TIWANA” PADA PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS STEI SEBI
Abstract
Knowledge Management System (KMS) bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam suatu organisasi dengan memperbaiki komunikasi antara seluruh bagian organisasi dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dengan melakukan transfer pengetahuan. Penerapan KMS dengan sebuah sistem berbasis web diharapkan dapat menjadi solusi dari kebutuhan transfer knowledge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan tempat, sedangkan aplikasi mobile diharapkan dapat lebih mempermudah pengaksesan KMS oleh mahasiswa dan dosen yang mobilitas nya tinggi. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja model Tiwana, dan untuk pemetaan knowledge organisasi menggunakan siklus KM model Zack, sedangkan untuk pembentukan knowledge menggunakan model SECI. Kualitas perangkat lunak yang dihasilkan diuji berdasarkan empat karakteristik kualitas perangkat lunak model ISO 9126. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe KMS berbasis web dan mobile Android ini dapat diterapkan dengan baik dengan kualitas pengujian yang sangat baik sehingga dapat menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar dan membuat prodi Perbankan Syariah dapat bekerja lebih cerdas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dari waktu ke waktu yang muaranya adalah peningkatan kualitas dan berkembangnya pengetahuan.
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225