PENGEMBANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN BEST CUSTOMERS DENGAN MODEL RFM (RECENCY, FREQUENCY DAN MONETARY), METODE COMPARATIVE PERFORMANCE INDEX DAN ALGORITMA SINGLE LINKAGE STUDI KASUS CV. XYZ
Abstract
Loyalitas merupakan hal yang penting dibangun setiap perusahaan untuk memenangkan kompetisi. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan terbaik. Konsep RFM (recency, frequency dan monetary) dapat dipergunakan untuk menentukan pelanggan terbaik dan mengukur nilai loyalitas pelanggan. Metode Comparative Performance Index (CPI) diaplikasikan untuk menentukan bobot relatif variabel RFM dan menentukan nilai atau peringkat masing-masing pelanggan. Untuk membentuk pengelompokan pelanggan digunakan algoritma Single Linkage. Berdasarkan pengujian ISO 9126 model RFM (Recency, Frequency dan Monetary) merupakan kriteria penilaian yang tepat untuk mengukur nilai loyalitas pelanggan. Proses pengelompokan pelanggan dengan algoritma Single Linkage membutuhkan proses yang cukup lama bergantung pada jumlah pelanggan yang ada pada periode transaksi yang di pilih. Namun dengan adanya sistem sangat efisien dibandingkan dengan melakukan pengelompokan secara manual. Hasil pengujian dengan ISO 9126, sistem yang dikembangkan sudah bekerja sesuai dengan fungsinya. Sedangkan pengujian dengan software acunetix mengidentifikasikan bahwa masih adanya celah kelemahan dan sistem yang dikembangkan belum 100% aman.
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225