PENERAPAN SISTEM E-CRM DALAM MENCIPTAKAN STRATEGI BISNIS GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN RESERVASI TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA HOTEL THE MOLVCCA JAKARTA

Oki Tiara Setya Prakasiwi, Ita Novita

Abstract


Hotel merupakan perusahaan yang menyediakan layanan penginapan. Persaingan hotel yang semakin banyak mendorong setiap manajemen hotel untuk menjadi hotel yang lebih unggul dan memiliki banyak pelanggan tamu hotel. Kualitas pelayanan terhadap tamu hotel merupakan aspek yang sangat penting untuk menumbuhkan loyalitas terhadap tamu hotel. Salah satunya adalah dengan menjalankan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), yaitu bagaimana konsep E-CRM pada perhotelan dapat dipergunakan untuk menciptakan sistem pelayanan pelanggan yang baik juga membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Konsep E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) akan mengutamakan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu hotel mulai dari mendapatkan, membangun hubungan baik dan mempertahankan tamu hotel. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diusulkan sebuah sistem informasi pelayanan reservasi tamu hotel yang dapat membantu untuk mengidentifikasi tamu hotel, melakukan pemesanan kamar serta meyimpan riwayat transaksi tamu hotel. Sistem informasi yang diusulkan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari penelitian ini berupa sistem E-CRM yang dapat digunakan untuk membantu pihak hotel mengelola informasi tamu hotel dengan tujuan meningkatkan pelayanan terhadap tamu hotel.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TELEMATIKA

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225