PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PENGEMBANGAN DIGITAL LIBRARY
Abstract
Masyarakat hidup dan bersosialisasi dengan yang lain dan lingkungannya, begitu pula anak usia dini. Mereka perlu belajar mengenal lingkungannya. Dalam era perkembangan teknologi yang begitu pesat, tertutup kemungkinan terhindar dari penggunaan teknologi. Tidak dipungkiri masyarakat saat ini hidup berdampingan dengan teknologi. Anak usia dini membutuhkan sarana untuk belajar dengan media yang menarik. Augmented reality merupakan salah satu bentuk teknologi yang dapat menyajikan informasi dalam bentuk yang nyata. Augmented reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Berbagai obyek pembelajaran bisa ditampilkan dalam bentuk nyata dan real time. Pembuatan marker dipakai untuk mempermudah pembacaan pola dari suatu obyek. Obyek marker yang berupa gambar akan dicocokan dengan obyek template yang sudah disediakan dengan menggunakan template matching. Untuk mendapatkan skor suatu gambar dalam menentukan sudut-sudut pada suatu gambar berdasarkan set piksel dari lingkungan lokalnya menggunakan metode Natural Feature Tracking. Skor yang didapat akan dipakai sebagai acuan untuk menentukan keypoint dari sudut-sudut gambar yang dibaca agar bisa mendapatkan informasi yang sesuai dari obyek markernya. Dengan penggunaan metode ini informasi yang disajikan akan sesuai dengan obyek marker yang dibaca. Aplikasi yang dihasilkan bisa dipakai sebagai Digital Library untuk anak usia dini dengan pemanfaatan Augmented reality. Digital Library ini akan bisa diakses kapanpun menggunakan smartphone dengan cara menginstal aplikasinya. Anak usia dini diharapkan bisa lebih banyak belajar dan menyerap informasi yang disajikan melalui media visual dan interaktif.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36080/telematikamkom.155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225