Pengembangan Model Knowledge Management System untuk Mendukung Kegiatan Operasional Internal: Studi Kasus Pada Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas RI

Samsinar Samsinar

Abstract


Knowledge Management (KM) merupakan usaha untuk meningkatkan knowledge yang berguna dalam organisasi. KM bukan hanya pengaturan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus khusus terhadap knowledge. Penerapan KM dengan sistem berbasis web dapat menjadi solusi dari kebutuhan aliran knowledge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan lokasi geografis. Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas RI memberikan layanan koleksi umum dan khusus, melaksanakan bimbingan pemakai, pameran dan promosi, kerjasama dan otomasi perpustakaan. Penelitian ini akan menentukan sebuah model Knowledge Management System (KMS) yang tepat untuk lingkungan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi dengan menganalisis dan merancang prototipe sistem dari model yang dikembangkan. Metodologi yang digunakan adalah analisis faktor kontigensi dan menggunakan arsitektur KMS dari Tiwana. Model KMS yang dihasilkan adalah yang mendukung proses SECI. Hasil Analisis tersebut menggambarkan budaya lessons learned dalam organisasi yang merupakan komponen kritis dari KM dan Model KMS yang dihasilkan sesuai dengan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi. Sistem ini tidak hanya dikembangkan untuk keperluan internal, tetapi dengan membudayakan sharing knowledge pada organisasi, dapat dikembangkan untuk seluruh Perpusnas RI.


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TELEMATIKA

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225