Kajian Penerapan Aplikasi Budi Luhur E-Learning Center Dalam Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model): Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
Abstract
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini dikaji penerapan e-Learning di Universitas Budi Luhur, Aplikasi Budi Luhur e-Learning Center (BleLC) merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi e-Learning. BleLC merupakan bentuk media pembelajaran yang terutama ditujukan sebagai alat bantu dan alat pendukung kegiatan pembelajaran konvensional, terutama di lingkungan Universitas Budi Luhur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerimaan fasilitas BleLC di kalangan mahasiswa Universitas Budi Luhur khususnya mahasiswa Diploma Tiga (D3) Unggulan serta faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekan Technology Acceptance Model (TAM). Dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM), serta data-data yang didapat dari penelitian akan diproses menggunakan software AMOS.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225