Pengaruh Persepsi Konsep, Fungsi dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Minat dan Prilaku Pemanfaatan E-Commerce Studi Kasus : Pengusaha Komputer di Jakarta
Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengubah perilaku dan pola hidup masyarakat dari tradisional ke modern secara global. Perkembangan teknologi informasi telah pula menyebabkan dunia menjadi tanpa batas (borderless) yang mengakibatkan perubahan sosial, budaya, ekonomi secara signifikan dalam waktu yang sangat cepat. Fenomena rendahnya pemanfaatan e-commerce di Indonesia, khususnya pada kalangan pengusaha komputer di Indonesia yang tergabung pada lingkungan anggota APKOMINDO dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Diantara banyak faktor yang mempengaruhi tingkat pemanfaatan e-commerce di kalangan pengusaha komputer diasumsikan bahwa penguasaan teknologi informasi merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat pemanfaatan e-commerce di kalangan pengusaha komputer di Indonesia. Dari pembahasan hasil penelitian ini diharapkan dapat diperoleh kesimpulan bahwa terbukti terdapat pengaruh positif persepsi konsep, fungsi dan penerapan tentang teknologi informasi terhadap minat dan prilaku pemanfaatan e-commerce para pengusaha komputer di Indonesia. Adanya pengaruh positif tersebut menunjukkan bahwa diantara variabel persepsi konsep, fungsi, dan penerapan teknologi informasi dengan variabel minat dan pemanfaatan e-commerce pada pengusaha komputer yang tersebar di Dusit Mangga Dua dan ITC Mangga Dua terjalin suatu mekanisme hubungan kausalitas. Yang berarti apabila persepsi ditingkatkan atau meningkat, maka peningkatan tersebut secara simultan akan diikuti dengan peningkatan pemanfaatan e-commerce pada pengusaha komputer di Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36080/telematikamkom.205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TELEMATIKA
Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225