Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Sertifikasi Guru Berdasarkan Pendekatan Cobit Studi Kasus Pada Direktorat Profesi Pendidik

Angga Pramudya Wardana

Abstract


Departemen Pendidikan Nasional sebagai institusi pemerintah yang akuntabel, mengadaptasi perubahan dan perkembangan teknologi informasi tersebut dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi dalam operasionalnya sehari-hari guna mendukung kinerja institusi maupun sumber daya manusiannya agar menjadi lebih baik. Pelaksanaan sertifikasi guru melibatkan fungsi teknologi informasi sebagai bagian akftifitas operasional institusi yang dilakukan melalui tata kelola sistem informasi. Tata kelola sistem informasi tersebut diantaranya adalah pengelolaan data. Data dan informasi yang ada dalam sertifikasi guru ini sangat besar. Pengelolaan data ini dilakukan dimulai dari perolehan, penggunaan hingga penyimpanannya. Tujuannya adalah untuk menjaga agar data atau informasi yang dihasilkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh pengguna. Evaluasi tata kelola sistem informasi manajemen sertifikasi guru mengacu pada kerangka kerja COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Evaluasi model tata kelola ini diawali dengan pengumpulan data mengenai visi, misi, sasaran institusi. Selanjutnya dilakukan analisis dan penilaian terhadap tingkat maturity. Analisis dan penilaian tersebut dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang kondisi yang ada saat ini dalam pelaksanaan proses-proses TI. Analisis dan penilaian tingkat maturity tersebut bertujuan untuk mengetahui gap yang terjadi dan untuk keperluan sasaran perbaikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TELEMATIKA

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225