IMPLEMENTASI PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA KELURAHAN PESANGGRAHAN

Salman Fakhri, Lis Suryadi

Abstract


Tugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) cukup berat dan sangat penting bagi warga DKI, yang selama ini masih belum menerima uang penghargaan atas kinerja selain gaji yang diterima setiap bulannya. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara untuk mencari beberapa masalah yang menjadi penyebab tidak pernah adanya penghargaan yang diberikan ke petugas PPSU selama ini, salah satu masalah adalah proses penilaian terhadap pegawai PPSU masih belum optimal karena kriteria penilaiannya hanya diukur berdasarkan penglihatan mata atau pendapat dari tim penilai sehingga keputusan yang diambil masih dianggap penuh subjektivitas, serta pengolahan data penilaian pegawai PPSU masih menggunakan Microsoft Excel dimana rumus yang digunakan sangat sederhana hanya menjumlahkan total lalu dibagi kriteria sehingga sangat mudah sekali untuk dipelajari dan dihitung manual. Sehingga solusi bagi masalah ini adalah diperlukan penilaian kinerja dengan metode profile matching pada Sistem Penunjang Keputusan (SPK) bagi pegawai PPSU agar tidak ada penilaian yang subjektif serta memudahkan kelurahan Pesanggrahan dalam pengambilan keputusan. Tahapan penelitian dimulai dari perancangan sistem (menganalisa kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras), analisis sistem (analisa masalah, analisa proses bisnis, analisa kebutuhan, dan analisa lainnya menggunakan UML). Desain Sistem (mendesain user interface, desain database, desain jaringan dan lainnya), pengkodean program, pada tahapan ini sudah masuk ketahapan teknis yaitu membuat script atau perintah program, lalu dilakukan uji coba program dan terakhir implementasi Sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan Visual Studio 2008 dengan MySQL Server sebagai Database Managent System. Dengan menggunakan sistem penunjang keputusan berbasis komputer diharapkan bisa membantu pengambil keputusan.

Keywords


Sistem Penunjang Keputusan;Penilaian pegawai PPSU;Kelurahan Pesanggrahan;Profile Matching

Full Text:

PDF

References


Latif, L. A., Jamil , M., & Abbas , S. H., “Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi”, Yogyakarta, CV Budi Utama, 2018.

Sari, F., “Metode dalam Pengambilan Keputusan”, Yogyakarta, Deepublish, 2018.

Larasati, S., “Manajemen Sumber daya manusia”, Yogyakarta, deepublish, 2018.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H., “Human Resource Manajemen”, Jakarta, Salemba Empat, 2009.

Pressman, R.S, “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I”, Yogyakarta, Andi, 2015.

Prihandoyo, M.T, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web”. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol. 03, No. 01, pp. 126–129, https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/765/654, 2018.

Sujarwo, Y.A. and Ratnasari, A. “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code”, Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer) Volume 09 09, pp. 302–309, http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/sisfokom/article/view/808/672, 2020.

Dede Wira Trise Putra, Rahmi Andriani,”Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD”, Jurnal TEKNOIF, 2019.

Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 169 Tahun 2015 tentang Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Tingkat Kelurahan.

Haryani, Dina Fitriani, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pegawai Terbaik Pada Collection PT.Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Mantik Penusa Vol. 3, No. 1 Juni 2019, e-ISSN 2580-9741 p-ISSN 2088-3943. 2019.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Telematika MKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225