SISTEM KENDALI PINTU MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN WEMOS D1 R2 PADA PT. ENVISION

Anindito Binangkit, Gunawan Pria Utama, Dewi Kusumaningsih, Wahyu Pramusinto

Abstract


Saat ini pintu yang digunakan untuk memasuki ruangan server masih mengunakan pintu dengan kunci manual sehingga memiliki kelemahan yaitu kurangnya sistem keamanan pada pintu dan ruang server. Selain itu, user juga masih menggunakan manual log book untuk mencatat setiap user yang masuk ke dalam ruang server. Sehingga diperlukan sistem kendali pintu untuk memberikan kemudahan pada user dalam mengontrol maupun memberi perintah pada pintu dan memudahkan manajemen log data user yang terintegrasi dengan website. Implementasi dan perancangan alat prototype pada pintu dan sensor fingerprint membutuhkan mikrokontroler yaitu wemos D1 R2. Terdapat lima tahapan penelitian yaitu perancangan blok diagram, flowchart, konfigurasi website untuk Internet of Things, pengkodean program dan implementasi. Implementasi dilakukan dengan menggunakan sidik jari untuk log data user dan aplikasi website untuk mengontrol pintu. Implementasi penelitian ini menggunakan website untuk melakukan log data user dan mengontrol pintu rak server PT. Envision. Hasil implementasi menggunakan tombol on dan off di website menunjukkan bahwa kunci pintu berhasil terbuka sesuai dengan masukan yang diterima. Dan sensor fingerprint untuk membuka pintu dan mendeteksi log user pada pintu rak server. Pengujian pada prototype ini terjadinya perintah yang dikirimkan pengguna dengan pintu maupun sensor fingerprint dengan database terjadi selisih waktu (delay). Hasil dari prototype sistem kendali pintu ini yaitu implementasi pada sensor fingerprint, doorlock, wemos D1 R2 dan relay berjalan sesuai fungsinya, namun jelas mengalami adanya delay pada doorlock pada saat membuka yang diakibatkan oleh koneksi jaringan internet yang ada pada Wemos D1 R2, kabel yang tidak stabil dan arus daya listrik yang bersumber dari adaptor.

Keywords


Internet of Things;Kendali Pintu;Sidik Jari;Wemos D1 R2

Full Text:

PDF

References


M. Adam, “Pemanfaat Mikrokontroller Atmega8 Sebagai Pengaman Pintu Menggunakan Metode Sidik Jari (Fingerprint),” vol. 1, no. 1, pp. 279–289, 2019, doi: 10.30596/snk.v1i1.3629.

D. Aribowo, W. Dwi Nugroho, D. Sutarti, P. Teknik Elektro, and F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Penerapan Sensor Passive Infrared (PIR) Pada Pintu Otomatis Di Pt Lg Electronic Indonesia,” Penerapan Sens. Passiv. Infrared Pada Pintu Otomatis Di Pt Lg Electron Indonesia., vol. 7, no. 1, 2020.

M. Ikhwanusshofa, A. Nuramal, N. Iman Supardi, J. W. Supratman, K. Limun, and M. Bangkahulu, “Pemanfaatan Internet Of Things Untuk Monitoring Suhu Di Bppt-Meppo,” Pemanfaat. Internet Things Untuk Monit. Suhu di BPPT– MEPPO, vol. 4, p. 6, 2020.

Jalu Wardoyo, Noor Hudallah, Aryo Baskoro Utomo, “Smart Home Security Berbasis Mikrokontroler,” vol. 10, no. 1, 2019.

D. Setiawan, A. Pranata, P. Sari Ramadhan, and S. Triguna Dharma, “Simulasi Alat Pintu Otomatis Kereta Api Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Microcontroller”, 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

R. Wahyuni, Y. Irawan, and Z. Pratama Noviardi, “i n f o r m a t I k a Alat Pengaman Pintu Dengan Password Menggunakan Arduino Uno At Mega 328p Dan Selenoid Door Loc,” J. Inform. Manaj. dan Komput., vol. 12, no. 1, 2020.

S. Samsugi, Z. Mardiyansyah, and A. Nurkholis, “Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” 2020.

N. D. Miranda, L. Novamizanti, and S. Rizal, “Convolutional Neural Network Pada Klasifikasi Sidik Jari Menggunakan Resnet-50,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 61–68, Dec. 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.2.18.

Yopi Rahmat Tullahand A, Hendra Setyawan, “Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Pada Toko Tanaman Hias “, STMIK Bina Sarana Global, 2019.

Bayu Kusumo, Sofyan Haromen, “Rancang Bangun Sistem Kunci Pintu Otomatis dengan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler ATMega328P”, vol. 10, no. 2, 2022.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.2373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Telematika MKOM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225