ANALISIS PENERIMAAN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA IKLAN ONLINE : STUDI KASUS WWW.KLIKPTC.COM

Wahyu Pramusinto

Abstract


Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat, banyak perusahaan dan pribadi yang menjalankan bisnis secara online. Mereka bisa membuat website untuk mempromosikan produknya atau yang lebih dikenal dengan e-commerce. Untuk mempromosikan website yang baru dibuat, perusahaan ataupun pribadi memerlukan media iklan online. Salah satu media iklan online yang bisa digunakan adalah website Paid To Click (PTC) karena website ini mempunyai traffic tinggi sehingga cocok digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Paid To Click merupakan sebuah website yang bisa digunakan oleh pengiklan (advertiser) untuk mempromosikan produk atau jasanya. Advertiser harus membayar sejumlah uang kepada pemilik website (broker) untuk memasang iklan. Advertiser bisa memilih paket iklan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara iklan itu akan dilihat oleh para pengklik iklan (member PTC). Sebagian dari uang yang diterima oleh broker dari advertiser akan diberikan kepada member. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan website e-commerce sebagai media iklan online di Internet dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Faktor-faktor yang diteliti adalah Social Presence, Trust, Actual System Usage, Intention to Use, Perceived Usefulness, dan Perceived Ease of Use. Untuk pengujian statistik akan dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) pada Software AMOS 7.0.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TELEMATIKA

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225