MODEL DATA WAREHOUSE DENGAN MULTIDIMENSIONALMODELING UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN DALAM BIDANG JASA EKSPEDISI : STUDI KASUS PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP

Lusi Fajarita, Dana Indra Sensuse

Abstract


PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan jasa pengiriman tentu harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Dengan menggunakan data warehouse, proses analisa informasi dan pengembangan dapat dibuat lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan informasi PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP. Metodologi  yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu tahap analisis dan perancangan. Pada tahap analisis menggunakan Nine Step Methodology, sedangkan pada tahap perancangan model data warehouse menggunakan SnowflakeSchema. Selain itu perusahaan juga menggunakan analisis KeyPerformanceIndicator (KPI) untuk membantu dalam merumuskan strategi yang dapat diterapkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Hasil dari penelitian ini berupa model data warehouse dan prototype aplikasi yang berhubungan dengan informasi transaksi pengiriman dan pendapatan dalam berbagai dimensi, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pihak eksekutif perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TELEMATIKA

Universitas Budi Luhur Jl. Raya Ciledug,Petukangan Utara,Jakarta Selatan 12260 Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228 Fax. (021) 5869225