Archives

2015

Avant Garde edisi Nomor Volume 3 Nomor 1, Juli 2015 adalah publikasi artikelartikel yang pertama di tahun 2014 dan merupakan publikasi ke-3 dari keseluruhan publikasi. Dengan tulisan ini, kami harapkan dapat memberikan pencerahan bagi pembaca jurnal yang

Vol 3, No 1 (2015): AVANT GARDE

Redaksi jurnal Avant Garde menyajikan tulisan-tulisan yang bertemakan fenomena penggunaan Informasi melalui media internet oleh para remaja yang ditulis oleh Agus Ganjar Runtiko, Dian Bestari Santi Rahayu, dan Wiwiek Novianti dengan judul artikel: Perilaku Informasi Pelajar SMK Bakti Purwokerto (Studi SMK Bakti Students Informasi Behaviour Outside The School). Artikel kedua dengan judul tulisan: Pemaknaan Agama Sebagai Hasil Interaksi Antar Anggota Komunitas Punk Muslim yang ditulis oleh Megi Primagara yang merupakan publikasi dari hasil penelitian Tesis (Magister Ilmu Komunikasi). Kajian menarik tentang pelanggaran sejumlah acara televisi nasional ditulis oleh Ahmad Toni dan Rini Lestari dengan judul: Relasi Pelanggaran Content Televisi dan Komodifikasi Media, Studi Atas Pelanggaran Program Acara Televisi Nasional Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Fenomena satuan polisi pamong praja menjadi tema tulisan dari Denada Faraswacyen L. Gaol dengan judul: Upaya Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta dalam Melakukan Komunikasi Persuasif Pada Penertiban Pedagang Kaki Lima Pasar Kebayoran Lama. Sementara kajian media dan budaya menjadi hal yang unik yang ditulis oleh Rahmat Baihaky dengan judul tulisan: Media Sebagai Institusi Budaya, Studi kritis Atas Televisi Berita Nasional TVOne dan Metro TV Dalam Pemenuhan Kepentingan Publik. Tulisan kajian budaya dengan penelusuran sejarah menjadi tema tulisan dari Bintarto Wicaksono  dengan judul: Transformasi Budaya Dalam Dolanan Anak Taman Siswa Yogyakarta. Tulisan terakhir dalam jurnal ini dengan kajian kritis mengenai media ditulis oleh Lina Wati dengan judul artikel: Representasi Perempuan Dalam Media Massa. 


2016

Vol 4, No 1 (2016): AVANT GARDE VOL 4 NO 1 2016

Tulisan pertama dan kedua terkait kajian Komunikasi Politik yaitu tulisan Umaimah Wahid dari Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta yang berjudul, THE ABSENCE OF WOMEN’S POWER IN POLITICAL COMMUNICATION IN DKI JAKARTA GOVERNOR ELECTION, dan tulisan Lestari Nurhajati dari LSPR Jakarta yang berjudul, CALON TUNGGAL DAN KOMUNIKASI POLITIK PARTAI DALAM PILKADA SERENTAK 2015 DI INDONESIA.
Tulisan ketiga dan keempat lebih pada kajian Public Relations. Tulisan ketiga ditulis oleh Tria Dara Barlian, Hanny Hafiar, Diah Fatma S. (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran) dengan judul, PENANGANAN PENGEMBALIAN KEPERCAYAAN INVESTOR MELALUI MANAJEMEN KRISIS OLEH BADAN PENGUSAHAAN BATAM. Sementara Eko Putra Boediman dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur menulis tentang PRINSIP-PINSIP ISLAM DALAM AKTIFITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DI AGEN PERJALANAN.
Tiga tulisan berikutnya masing-masing berjudul, DUNIA BENTUKAN ORANG TUA : Kajian Fenomenologi tentang Isolasi Sosial Terhadap Anak dan Pembentukan Konsep Diri Serta Karakter Anak, oleh Pandan Yudhapramesti (Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran); PEMAKNAAN NASIONALISME BUDAYA DALAM IKLAN (Studi Resepsi pada Iklan Djarum versi Bull Race, Telkomsel versi Halmahera dan You C1000 versi Miss Universe) oleh Artyasto Jatisidi (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo); dan tulisan berjudul, KONSTRUKSI PEMBINGKAIAN BERITA KASUS IBU SAENI VERSUS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DI KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID, oleh Laksmi Rachmaria (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur).


2014

Cover Page

Vol 2, No 2 (2014): AVANT GARDE

Avant Garde edisi nomer 2 Volume 2 Desember 2014 adalah publikasi ke 3 dan diharapkan mampu memberikan kontribusi pemikiran bagi kajian Ilmu Komunikasi bagi kalangan akademisi Ilmu Komunikasi di Indonesia. Avant Garde diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kajian Ilmu Komunikasi di Kalangan praktisi di Indonesia.

Redaksi menyajikan edisi kali ini dengan kajian yang beragam dengan tema-tema artikel ilmiah dalam bidang periklanan dan public relations yang ditulis oleh: Jannete M. Pinariya dan Era Pracillia dengan judul: Celebrity Endorsement on Attitude Formation of Brand Shampoo, Research on Midlle Class Consumer in Jakarta. Tulisan dengan judul: Perspektif kritis Ekonomi Politik Media, Konglomerasi, Regulasi dan Ideologi yang ditulis oleh Hendra Alfani mencoba melihat dan mengkritisi perkembangan ekonomi politik media di Indonesia dalam perspektif yang mendalam. Selanjutnya tulisan dari Aprilia Dwi Eristiani dan Ratih Hasanah menampilkan detail efek game online dalam dimensi kalangan pencinta game yang memberikan efek negative dalam artikel berujudul: Perilaku Bermain Mobile Game Online Line Pokopanh Pada Mahasiswi Universitas Telkom. Sementara Suryadi Marthadinata mencoba melihat persoalan  komunikasi politik kepemimpinan Jokowi dalam perspektif Interaksi simbolik dalam tulisan yang berjudul: fenomena Jokowi dan Dahaga Idealisme Pemimpin Hebat, Kajian Interaksionalisme dalam Kepemimpinan Pada Era Reformasi. Arif Ruslan memetakan personal seni dalam dimensi kajian Ilmu Komunikasi dalam artikel berjudul; Struktur Narasi Media Game ‘Warcraft 3; Reign of Chaos. Studi Pada media Seni Kontemporer. Artikel yang ditulis oleh Ita Suryani dalam tulisan berjudul: Peran Media Film Sebagai Media Kampanye Lingkungan Hidup, Studi kasus Pada Film Animasi 3D India “Delhi Safari” mencoba untuk menganalisis kampanye modern melalui film.


1 - 5 of 5 Items