Archives


2015

Cover Page

Vol 6, No 2 (2015): COMMUNICATION

Jurnal Communication edisi kali ini menyajikan tujuh tulisan. Yakni, Medical Professionals as Effective Communicators karya Deddy Mulyana yang kini menjabat Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi sekaligus Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung. Selanjutnya ada tulisan Gun Gun Heryanto, Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta, yang berjudul Konvergensi Simbolik di Media Online: Studi Perbicangan Netizens Tentang Polemik Kasus Century di Era Pemerintahan SBY-Boediono.

Tulisan lain disumbangkan Fungsi Komunikasi Kelompok dalam Menghadapi Potensi Bencana Alam (Studi pada Anggota Kelompok  Masyarakat di Wilayah Rawan Bencana Gunung Berapi) tulisan Damayanti Wardyaningrum yang kini Mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan; Pengaruh Kualitas Informasi Facebook terhadap Pembentukan Citra Positif Pemerintah Kota Padang (Studi pada Media Sosial Facebook Humas dan Protokol Kota Padang, September 2014 - Maret 2015) hasil penelitian Yuliandre Darwis dan Yeni Rizal. Keduanya Akademisi di Universitas Andalas, Padang. Selain itu ada juga tulisan berjudul Identifikasi Strategi Representasi Maskulinitas pada Majalah Transnasional di Indonesia Sumekar Tanjung yang kini mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia

Dari kalangan internal ada dua tulisan. Yaitu, Indah Suryawati yang berjudul Pergeseran Makna Selingkuh Dalam Budaya Siri’Bugis-Makassar Di Media Online (Konstruksi Pemberitaan “Suami Pergoki Istri Selingkuh” Di Tribune-Timur.Com) dan Jebakan Mimetisme Pada Pemberitaan Seputar Isu Terorisme  Pada Program Berita “Global Siang” di Global TV hasil penelitian Laksmi Rachmaria.

Tentu saja, kritik dan saran dari semua kalangan akan kami nantikan, sehingga menjadi acuan untuk memperbaiki jurnal ini di kemudian hari.

Cover Page

Vol 6, No 1 (2015): COMMUNICATION

  Jurnal Communication edisi ini menampilkan beberapa tulisan. Antara lain,
Komunikasi Dalam Perspektif Pendekatan Islam (Telaah Teoretis tentang Kajian
Komunikasi dengan Allah melalui Shalat dan Membaca Al-Qur’an) dari Zikri Fachrul
Nurhadi yang mengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut, Jawa Barat.
Selanjutnya ada Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Melalui Sales
Promotion Pada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledug Kota Tangerang dari Rini
Lestari Yang Kini Menjadi Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur,
Jakarta. Content Website “101youngceo.Com” Sebagai Hubungan Komunikasi Dengan
Pelanggan Hasil Penelitian Ricky Widyananda Putra Yang Juga Pengajar Di Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta
Selanjutnya tulisan berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun
Kesadaran Merek (Studi Kasus Private Label pada Fast Moving Consumer Goods Giant
Ekstra Central Business District, Bintaro, Tangerang Selatan) dari Rachmi Kurnia Siregar
lulusan Magister Komunikasi Universitas Budi Luhur, Jakarta. Tulisan Analisis Hubungan
Antara Media Sosial Dan Kesadaran Merek (Studi Kasus pada Komunitas Backpacker
Indonesia Wilayah Jabodetabek) dari Putti Nurul Chairani dan Ulani Yunus dari Marketing
Communication Department, Faculty of Economic and Communication, Binus University,
Jakarta. Pemberitaan Media Penyiaran Terkait Peristiwa Bencana Gempa Bumi Berpotensi
Tsunami (Analisis Wacana Kritis Naskah Siaran Radio Sindo Trijaya FM pada 11 April
2012) karya Dyah Rachmawati (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dan terakhir
Fashion Sebagai Media Komunikasi (Analisis Semiotik Fashion Kontroversial Lady Gaga)
hasil penelitian Christiany Juditha pegawai Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan
Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar, Kementerian Komunikasi dan Informatika
  

2014

Cover Page

Vol 5, No 2 (2014): COMMUNICATION

Untuk edisi kali ini, Jurnal Communication menyajikan tujuh tulisan. Yakni,
Globalisasi dan Imperialisme Budaya di Indonesia karya Deddy Jamaluddin Malik (Ketua
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, Bandung). Artikel berbahasa Inggris berjudul Integrated
Marketing Communications In Marketing Public Relations Perspective (Survey On Tourism
Destination Development In Three Colors Of Lake Kelimutu, Ende, East Nusa Tenggara
Province) ditulis Nunung Rusmiati yang sedang menyelesaikaan program doktoral di
Universitas Sahid, Jakarta. Konstribusi lain ditulis oleh dua dosen Universitas Telkom,
Bandung, Dedi Kurnia Syah Putra dan M. Yahya Arwiyah. Keduanya menulis tentang
Rasisme Media Politik.
Dari internal Fikom Universitas Budi Luhur hasil penelitian tentang Konstruksi
Pemberitaan Dugaan Kasus Korupsi Kepala SKK Migas (Analisis Isi Berita Kompas,
Republika, Koran Sindo, dan Media Indonesia) ditulis oleh Armaini Lubis dan Dudi Sabil
Iskandar. Sedangkan dari Sulawesi, diwakili oleh tulisan Muhammad Hasyim dengan judul
Konstruksi Realitas Sosial Budaya dalam Iklan Komersial Televisi. Hasyim adalah dosen
Program Studi Sastra Prancis FIB Universitas Hasanuddin Makassar. Sedangkan Renata
Pertiwi Isadi Dan Sumekar Tanjung dari Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam
Indonesia meneliti tentang Bushido Pada Perempuan Jepang: Memaknai Nilai-Nilai Bushido
Pada Perempuan Jepang Dalam Film Rurouni Kenshin (2012) Dan Myu No Anyo Papa Ni
Ageru (2008). Tulisan terakhir berbicara tentang Representasi Makna Visual Poster Film
Religius; Studi Semiotika Poster Charles S. Pierce Pada Film 99 Cahaya Di Langit Eropa,
Suwarno dari Universitas Budi Luhur, Jakarta.

2013

Cover Page

Vol 4, No 2 (2013): COMMUNICATION

Untuk edisi kali ini, kami menyajikan tujuh tulisan. Yakni, Literasi Media dengan Memberdayakan Kearifan Lokal hasil penelitian Ahmad Sihabudin yang merupakan Guru Besar Komunikasi Lintas Budaya, Communication and Ideology Conflict in Indonesia; Political Ideology in Indonesia Political Party karya Basuki Agus Suparno, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Media Online Islam di Masyarakat Multikultur hasil riset Eni Maryani dan M. Fakhrudi Akbar. Kedua adalah Pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Difusi Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Politik Indonesia oleh I Dewa Ayu Hendrawathy Putri. Ia merupakan dosen Komunikasi Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Bali dan Mahasiswa S3 Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung.
Selanjutnya tulisan Modifikasi Stereotip Gender Perempuan pada Tayangan Kuliner di Televisi (Studi Hegemoni Ideologi Gender dalam Program “Ala Chef” Trans Tv Versi Farah Quinn) buah karya Sari Monik Agustin yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia dan kandidat Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia. Ada juga tulisan tentang Pola Komunikasi Organisasi Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Menjaga Ketentraman dan Ketertiban Pedagang Kaki Lima di DKI Jakarta; Studi Deskriptif pada Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Jakarta Pusat hasil penelitian dua dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Shinta Kristanty Dan Armaini Lubis. Terakhir kami menampilkan resensi buku tentang komunikasi karya Ilham Prisgunanto berjudul Komunikasi & Polisi; Bias Selebritas, Geng Motor, Ranah Publik, Konvergensi Simbolik; Memahami Kerja dan Tantangan Kepolisian Melalui Pendekatan Komunikasi yang ditulis Iskandar P. Nugraha, seorang pengajar dan konsultan komunikasi/budaya Indonesia yang tinggal di Sydney, Australia sekaligus editor, peneliti, dan pengajar tamu di University Of Sydney dan New South Wales, Australia.
Cover Page

Vol 4, No 1 (2013): COMMUNICATION

Perspektif kajian ilmu komunikasi merupakan kajian yang kompleks yang menyangkut gagasan, ide, pemikiran, media baik cetak, elektronik, luar ruang, dan internet, dan juga efek yang ditimbulkan sebagai akibat dari pertukaran makna yang menyertai pola komunikasi. Implikasi dari proses komunikasi melebur kedalam kondisi psikologis, sosiologis serta ruang-ruang antropologis lainnya yang menjadikan kajian komunikasi merupakan kajian yang plural dan bersifat dinamis. Banyak ilmuan yang meragukan originalitas ilmu komunikasi sebagai ilmu yang berdiri atas konsep-konsep manifestasinya sendiri tanpa bantuan kajian keilmuan lain.

Dengan terbitnya journal ini diharapkan kajian ilmu komunikasi menjadi titik tolak dan tolak ukur konsep-konsep kajian yang mendukung berdirinya ilmu komunikasi sebagai instrument keilmuan yang mandiri secara holistik sebagai sebuah konsepsi dasar guna menjawab persoalan-persoalan mendasar kehidupan manusia. Komunikasi merupakan terapan solusi dan terapan teknologi yang menjembatani antara ilmu sosial dan ilmu teknologi yang dibuktikan untuk menjawab persoalan mendasar manusia.

Merupakan suatu kehormatan sangat tinggi, journal ini diisi oleh pakar-pakar komunikasi Indonesia sebagai indikator kualitas dan sumbangan pemikiran ahli komunikasi untuk mentransformasi pegetahuan kepada segenap civitas akademika univeritas Budi Luhur. Terima kasih sebesar-besarnya kepada dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr. Hadiono Afdjani dan Wakil Dekan Dr. Umaimah Wahid dan segenap pimpinan lainnya. Tak lupa kami redaktur mengucapkan terima kasih kepada mitra bestari yang meluangkan waktunya di tengah-tengah kesibukan, Prof. Dr Deddy Mulyana, Prof. Dr. Sihabudin, Dr. Eriyanto, M.Si, Dr. Turnomo Rahardjo, Dr. Eko Harry Susanto.


2012

Vol 3, No 1 (2012): COMMUNICATION

Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, kami hadir lagi menemui pembaca
dengan terbitnya Jurnal “Communication” Volume 3 Nomor 1 April 2012. Pada
edisi ini berisi tulisan tentang berbagai tema-tema komunikasi yang menarik seperti
karya Indah Suryawati yang berjudul “Muatan Simbol Verbal Tiga Budaya
Indonesia dalam Tayangan “Laki-laki Lasut” di Trans TV (Periode September
2011)”.
Kemudian karya yang juga menarik adalah karya Ita Suryani yang berjudul
“Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Program
Pengembangan Masyarakat Petani Kedelai Hitam Yogyakarta”. Artikel ilmiah
yang ketiga berjudul ”Pemaknaan Riba dan Bunga Bank Bagi Nasabah Bank
Konvensional dan Bank Syariah” karya Agus Deniar. Selanjutnya adalah artikel
ilmiah yang berjudul “Pemaknaan “Twitter” pada Penggunanya Berdasarkan
Konsep Diri (Studi Fenomenologi Pengguna “Twitter” di Wilayah Jakarta”
karya Hadiono Afdjani dan Rahma Fadjrianti.
Artikel ilmiah kelima karya Liza Dwi Ratna Dewi dan Hendari Oktaviani
dengan judul “ Tata Letak dan Komunikasi Ruang Outlet VNC, Senayan City”.
Judul keenam adalah “Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Customer Service
Terhadap Citra PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (Studi Kuantitatif
Terhadap Pelanggan PLN Cabang Kebon Jeruk, Jakarta Barat)”, karya Intan
Permata Sari dan Armaini Lubis. Selanjutnya artikel ilmiah yang ketujuh adalah
“Fungsi Public Relations PT Plaza Indonesia Realty, Tbk, dalam
Mempertahankan Positioning Plaza Indonesia Melalui Kegiatan Media
Ralations” karya Selvya Hutabarat.
Akhir kata, redaksi sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berperan serta dalam penyusunan Jurnal “Communication” edisi ini dari awal sampai
akhir. Semoga artikel-artikel tersebut bermanfaat bagi berbagai pihak seperti dosen,
mahasisiwa dan priktisi dalam bidang komunikasi. Dengan hati ikhlas redaksi
mengharapkan kritikan dan saran dari semua pihak demi sempurnanya Jurnal ini.
Amien.

1 - 7 of 7 Items