Pemanfaatan Aplikasi E-Office Berbasis Web Untuk Pengelolaan Surat Masuk di Bagian Tata Usaha

Hatriami Dea Arummi, Saskia Lydiani

Abstract


Digitalisasi dalam administrasi perkantoran telah menjadi kebutuhan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Salah satu aspek yang mengalami transformasi signifikan adalah pengelolaan surat masuk, yang berperan penting dalam kelancaran komunikasi dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi e-office berbasis web sebagai solusi dalam mengelola surat masuk secara lebih sistematis, cepat, dan akurat di bagian Tata Usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus melalui pengamatan langsung peneliti 1 serta berpartisipasi langsung dari bulan Maret sampai Juni 2022 di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Kota Administrasi Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem e-office berbasis web memberikan manfaat signifikan dalam hal aksesibilitas, transparansi, serta efisiensi administrasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi e-office di bagian Tata Usaha Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi dalam pengelolaan surat masuk dapat dilakukan lebih sistematis, cepar dan akurat dibandingkan yang dilakukan secara manual. Dengan aplikasi e-office berbasis web, pengelolaan surat masuk dapat dilakukan setiap saat asalkan ada koneksi internet, sehingga tidak terkendala tempat dan waktu. Saran yang dapat disampaikan terkait hasil penelitian ini adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur teknologi serta keamanan data yang dapat memengaruhi keberhasilan penggunaan aplikasi e-office berbasis web dalam pengelolaan surat masuk.

 

Kata-kata Kunci: e-office; pengelolaan; surat masuk; tata usaha; berbasis web

Full Text:

PDF

References


Izzati, N. N., & Marsofiyati. (2019). Penerapan E-Office Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 160-164.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Mulyati, Sany, N., & Kurniawan, M. (2020). Sistem Informasi Surat Masuk Pada Pengelolaan Rantai Suplai Satuan Kerja Khusus Migas. TMJ (Technomedia Journal), 5(1), 27-39.

Nuraida, I. (2022). Manajemen Perkantoran. Yogyakarta: PT Kanisius.

Nurmansyah, A., & Yuliani, S. (2021). Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Secara E-Office pada KBM Ecotourism PERUM Perhutani Devisi Regional Jawa Barat dan Banten. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 92-99.

Rosalin, S. (2017). Manajemen Arsip Dinamis. Malang: UB Press.

Setyorini, D., & Rosmita. (2021). Manajaemen Kearsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada SMP Negeri 01 Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 173-181.

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMM Press.

Supriyono, A. (2019). Modul Tata Naskah Dinas. Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Syamsuddin, S., Ahyuna, & Alloto'dang, K. (2020). Peracangan Sistem Klasifikasi Surat Elektronik (E-Mail) Menggunakan Metode Cosine Similarity. Jurnal Syntax Admiration.




DOI: https://doi.org/10.36080/js.v22i1.3623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hatriami Dea Arummi, Saskia Lydiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)