PERAN INSTAGRAM @TEATERSEMBILU SEBAGAI MEDIA PROMOSI SENI PERTUNJUKAN TEATER

Shinta Kristanty, Mulyati Mulyati, Maharani Adiputri, Dini Maryani

Abstract


Teater Sembilu memiliki ciri khas tidak hanya dalam pementasan, tetapi juga dalam menyediakan berbagai kelas seperti kostum, tata rias, karakterisasi, tata cahaya, musik, teori, desain, dan artistik. Untuk memaksimalkan promosi, Humas Teater Sembilu mengelola akun Instagram @teatersembilu yang dipilih karena sesuai dengan target utama, yaitu remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Instagram dalam mendukung kegiatan promosi Teater Sembilu. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kegiatan promosi, serta dokumentasi konten Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram @teatersembilu berperan sebagai media penyampaian informasi kreatif melalui unggahan teaser video, poster pertunjukan, dan dokumentasi latihan, serta berfungsi sebagai media komunikasi interaktif melalui live Instagram, giveaway, sesi tanya jawab, polling di stories, dan respons terhadap komentar dan direct message dari audiens. Selain itu, akun ini juga menjadi sarana membangun kolaborasi promosi dengan komunitas teater lain, seperti Teater Phoenicia dan Festival Teater Pelajar, yang turut memposting konten Teater Sembilu di akun resmi mereka. Dengan strategi pengelolaan konten yang menarik, penggunaan bahasa nonformal untuk mendekati generasi muda, serta komunikasi yang responsif, Instagram @teatersembilu terbukti mampu meningkatkan jumlah followers, memperluas jangkauan promosi, dan mempererat hubungan dengan audiens. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan media sosial secara strategis mampu meningkatkan awareness dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan seni pertunjukan, serta merekomendasikan penerapan pendekatan promosi digital berbasis komunitas untuk organisasi seni lainnya.


Full Text:

PDF

References


Aryani, Indita Dewi, and Dita Murtiariyati. 2022. “Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia 2(2):466–77. doi: 10.32477/jrabi.v2i2.479.

Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hasanah, H. 2017. “Teknik - Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1):21–30.

Maharani, T. 2020. “Penggunaan Instagram Untuk Promosi Produk Fashion.” JurnalEkonomiKreatif 4(2):45–55.

Nadirah, S. Pd, Andi Dwi Resqi Pramana, and Nurmalinda Zari. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley Dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Nasrullah, Rulli. 2017. “Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Nexian Melalui Facebook.” Jurnal of Business Strategy and Execution.

Nasution, A. F. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harva Creative.

Ningrum, Lilian Mega Puri, and Eva Ratnasari. 2023. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022.” Journal of Student Research 1(1):394–403. doi: 10.55606/jsr.v1i1.1067.

Novianto, Y H Suprianto, R A P Singgih, Jonathan, A H Gunadi, and Y P Wibisono. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi.” GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat 1(2):1–12. doi: 10.24002/giat.v1i2.5975.

Priambada, A. 2015. “MediaSosialsebagaiAlat Promosi Dalam Bisnis Online.” Jurnal Pemasaran Modern 3(4):85–97.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT. Alex Komputindo.

Putra, Mardiansyah Satria, Sapta Sari, Bayu Risdiyanto. 2024. “PERTUNJUKAN SENI TEATER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENYAMPAIAN ISU LINGKUNGAN (Studi Pada Pertunjukan Teater ‘Sang Puspa Langka’).” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 6(1):1–12.

Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. 2024. “Integrasi Public Relations Digital Dan Strategi Pemasaran Pada UMKM Sepatu Cibaduyut Kota Bandung.” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian 10(01):53–56.

Satira, Ulfa, and Rossa Hidriani. 2021. “Peran Penting Public Relations Di Era Digital.” Sadida: Islamic Communications Media Studies 1(1):179–202.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Nanang, B. .. 2022. Sejarah Seni Teater Indonesia. Surabaya: Cv Media Edukasi Creative.

Triyono, Warnadi dan Aris. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.36080/js.v23i1.3709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shinta Kristanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)