HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN REPORT WRITING DAN KESIAPAN MAHASISWA SEKRETARI MENGHADAPI TUGAS AKHIR

Tio Prasetio, Reni Hariyani

Abstract


Menulis laporan tugas akhir menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mahasiswa Diploma III dalam menyelesaikan masa studinya. Dibutuhkan persiapan yang baik dalam menghadapi tugas akhir untuk memperoleh gelar ahli madya pada perguruan tinggi. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran report writing dengan persiapan mahasiswa program studi Sekretari menghadapi tugas akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan korelasi spearman rank. Pengujian hipotesa asosiatif menggunakan teknik purposive sampling dengan responden yaitu mahasiswa program studi Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran report writing dengan persiapan mahasiswa program studi Sekretari menghadapi tugas akhir. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.01. Serta memiliki arah hubungan yang sangat kuat dan positif antara pembelajaran report wrting dengan persiapan mahasiswa program studi Sekretari menghadapi tugas akhir. Panduan penyusunan laporan tugas akhir serta praktik langsung dalam pembuatannya diberikan dalam pembelajaran mata kuliah Report Writing and Presentation di Universitas Budi Luhur.  Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran report writing dapat membantu mempersiapkan mahasiswa melakukan penyusunan laporan tugas akhir. Saran untuk Universitas Budi Luhur dapat meningkatkan kualitas mutu pembelajaran mata kuliah Report Writing and Presentation dengan melakukan pembaruan secara berkala pada panduan penyusunan laporan tugas akhir sehingga mahasiswa memperoleh pemahaman dan capaian output yang maksimal menjadi laporan tugas akhir yang berkualitas.


Full Text:

PDF

References


Annisah, W. (2022). Teknik Mind Mapping Dalam Proses Menulis Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima Pada Mata Kuliaha Basic Writing. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 99–105. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/

Budhyani, I. D. A. M. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Cahayu, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Generasi-Z. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.138

Hardi, V. A. (2024). Research Report Writing Challenges: Literature Review, Research Significance and Coherent Paragraph Matters. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14901

Hariyani, U. (2018). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Teknologi Pajak Pada Mata Kuliah Administrasi Perpajakan Akademi Sekretari Budi Luhur. SERASI (Sekretari Dan Administrasi), 16(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.36080/js.v16i2.707

Liriwati, F. Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Metodologi Penelitian Dengan Pemahaman Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.195

Nurhalijah, S. D. (2024). Analisis Korelasi Spearman Untuk Mengetahui Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Dan Tingkat Produktivitas Akademis Mahasiswa Agribisnis ( Studi Kasus : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 800–809. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13766003

Rachma, A. (2024). Peran Teks Laporan Dalam Dokumentasi Dan Evaluasi Kegiatan Penelitian. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1446

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Widodo. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 77–91. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1946

Yanti, N. (2020). Kesiapan Mahasiswa dalam Menyusun Tugas Akhir pada Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Tadris Bahasa Inggris STAI Hubbulwathan Duri. Jurnal Pendidikan Islam Al Affan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.69775/jpia.v1i1.8




DOI: https://doi.org/10.36080/js.v23i1.3746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Reni Hariyani, Tio Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)