Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) Studi Kasus di Restoran Cepat Saji McDonald’S
Abstract
Tren yang sedang berkembang pesat pada saat ini yaitu munculnya unit usaha yang menggunakan sistem waralaba (franchising). Dasar unit usaha waralaba ini yaitu membeli tata pola manajemen dari perusahaan induk (franchisor) yang harus digunakan atau dilaksanakan oleh perusahaan pengguna sistem waralaba (franchisee); kecuali manajemen dalam arti tata administrasi, akuntansi, tata letak (layout), bahan baku; sehingga dapat dikatakan tata kelola harus dalam pengawasan perusahaan induk (franchisor). Unit usaha waralaba bermodal besar dapat diberikan contoh: Carrefor, Giant, Hypermart; McDonald’s, Wendys, Sizzler, Dunkin Donat, dll.; pewaralaba kelas menengah, misalnya: Alfamidi, Alfamart, Indomart, Yomart, Yogya, dll; pewaralaba kelas kecil, misanya: ayam bakar Mas Mono, ayam bakar Sabana, pempek Palembang 23 Ulu, rumah makan masakan padang, dll. Dalam kesempatan penelitian ini, peneliti mengambil studi kasus di unit usaha waralaba McDonald’s dengan menggunakan alat analisa SWOT (Strength; Weaknesses; Opportunity; Threats) untuk mengetahui posisi perusahaan pada saat diadakan penelitian pada Oktober – Desember 2011. Sebagai hasil perhitungan pada tabel EFAS (External Factors Analysis Summary) menunjukkan score 3.00; sedangkan hasil perhitungan pada table IFAS (Internal Factors Analysis Summary) menunjukkan score 2.65. Dari kedua tabel tersebut, maka posisi perusahaan terletak di Kwadran I yang berarti mendukung Strategi Agresif. Swebagai kesimpulannya, bahwa unit usaha waralaba McDonald’s menerapkan strategi manajemen secara tepat, sehingga disarankan tetap mempertrahankan posisi tersebut dan diusahakan dapat meningkatkan strategic management sehingga tetap menduduki ranking sebagai market leader dibidangnya.
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v1i1.278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen