Penerapan Algoritma Agglomerative Clustering Untuk Mengelompokkan Provinsi Di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan

Hafiizh Taufiqul Hakim, Wendi Usino

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendukung pembangunan suatu negara. Pentingnya pendidikan sebagai Indikator Pembangunan juga terbukti dengan adanya poin pendidikan di salah satu tujuan pada Sustainable Development Goals (SDGs). Namun, pendidikan di Indonesia saat ini masih belum merata, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menunjukkan partisipasi lebih rendah dibandingkan dengan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sehingga penelitian ini akan melakukan pengelompokkan provinsi di Indonesia berdasarkan Indikator Pendidikan pada jenjang Sekolah Mengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode Cross-Industry Standart Process for Data mining (CRISP-DM) sebagai acuan dari proses Data mining. Penelitian ini  menggunakan algoritma klastering untuk dapat melakukan pengelompokkan provinsi dengan melakukan beberapa perbandingan algoritma seperti K-Means, Agglomerative, dan K-Medoids. Berdasarkan hasil perbandingan diketahui bahwa nilai algoritma Agglomerative lebih baik dibandingkan dengan algoritma lainnya. Parameter yang digunakan dalam model Agglomerative adalah metode Average linkage dan metrik Euclidean distances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma Agglomerative menghasilkan 2 Cluster dengan nilai Davies–Bouldin Index (DBI) terendah sebesar 0,497. Cluster 1 terdiri dari 33 provinsi dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, sedangkan Cluster 2 terdiri dari 1 provinsi dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah, yaitu Papua. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya ketimpangan yang signifikan dalam kualitas pendidikan di Indonesia.

Keywords


indikator pendidikan; sekolah menengah atas (SMA); crisp-dm; agglomerative clustering

Full Text:

PDF

References


A. P. Fialine, D. A. Alodia, D. Endriani, and E. Widodo, ‘Implementasi Metode K-Medoids Clustering untuk Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan’, Sepren, vol. 2, no. 2, pp. 1–13, Nov. 2021, doi: 10.36655/sepren.v2i2.606.

M. R. Putri, G. Satya Nugraha, and R. Dwiyansaputra, ‘Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan Menggunakan Metode K-Means Clustering’, J-COSINE (Journal of Computer Science and Informatics Engineering), vol. 7, no. 1, Jun. 2023, doi: https://doi.org/10.29303/jcosine.v8i1.

‘Dataset APK, APM, APS, dan Penyelesaian Pendidikan’, Badan Pusat Statistik. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id

N. HOTZ, ‘What is CRISP DM?’, datascience-pm.com. Accessed: Jul. 06, 2024. [Online]. Available: https://www.datascience-pm.com/crisp-dm-2/

‘Dataset Siswa, Guru, Mengulang, dan Putus Sekolah’, Portal Data Kemendikbudristek. [Online]. Available: https://data.kemdikbud.go.id/

R. S. Wahono, DATA MINING. 2020.

P. W. Rahayu et al., Buku Ajar Data Mining. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

E. Buulolo, Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. 2020.

A. Khoirunnisa, F. A. S. Wibowo, and K. Kismiantini, ‘Perbandingan Analisis Agglomerative Hierarchical Clustering Berdasarkan Indikator Pendidikan di Provinsi Jawa Barat’, Research Gate, vol. 7, 2023, doi: 10.21831/pspmm.v7i1.273.

A. F. Dewi and K. Ahadiyah, ‘Agglomerative Hierarchy Clustering Pada Penentuan Kelompok Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pendidikan’, Zeta - Math Journal, vol. 7, no. 2, pp. 57–63, Nov. 2022, doi: 10.31102/zeta.2022.7.2.57-63.

R. Ishak and Amiruddin, ‘Clustering Prestasi Akademik Lulusan Menggunakan Metode K-Means’, Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 6, no. 1, Jan. 2024.

R. N. Puspita, ‘Perbandingan Metode Centroid Dan Ward Dalam Pengelompokkan Tingkat Penyelesaian Pendidikan Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, vol. 3, no. 3, Dec. 2022, doi: 10.46306/lb.v3i3.




DOI: https://doi.org/10.36080/bit.v21i2.3602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy