Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dan Ruang Lingkup

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)dimaksudkan sebagai media pembelajaran hasil penelitian ilmiah, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen dan Sistem Informasi. Selain itu juga sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu dari hasil penelitian dan pemikiran untuk pengabdian kepada masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknologi dan Informasi

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian tentang:

  1. System Engineering
  2. Expert System
  3. Decision Support Systems
  4. Data Mining
  5. Artificial Intelligence
  6. Computer Network
  7. Computer Engineering
  8. Image Processing
  9. Genetic Algorithms
  10. Information Systems
  11. Business Intelligence and Knowledge Management
  12. Database System
  13. Big Data
  14. Enterprise Computing
  15. Robotic
  16. Internet of Things
  17. Data Science
  18. Topik studi lain yang relevan

Dengan artikel yang memiliki kutipan utama dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

Setiap artikel yang masuk sebelum dipublikasikan akan melalui proses pemeriksaan plagiarisme menggunakan Turnitin. Jika plagiarisme diindikasikan besar, Naskah ditolak untuk diterbitkan.

"LET'S START THE QUALITY PUBLICATION"

 

Section Policies

Artikel Rekayasa Sistem Informasi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Artikel Teknologi Informasi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah artikel yang diserahkan akan melalui proses peninjauan awal oleh editor. Apabila isi naskah sesuai dengan fokus jurnal dan struktur naskah sesuai dengan format penulisan, naskah artikel akan dikirim ke dua orang reviewer untuk ditelaah (peer-review), metode peer-review menggunakan blind peer-review. Setelah selesai dari reviewer, naskah artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini membutuhkan waktu hingga 4 pekan untuk setiap naskah.

Jika editor memutuskan bahwa naskah perlu direvisi sebelum dikirim ke reviewer, maka naskah akan dikirimkan kembali kepada penulis untuk diperbaiki dalam waktu yang telah ditentukan. Jika hasil naskah yang telah ditelaah oleh reviewer diminta untuk diperbaiki, maka naskah akan dikirim kembali kepada penulis untuk diperbaiki dan dikirimkan kembali. Jika editor memutuskan untuk menolak, maka naskah yang telah ditolak tidak boleh lagi dikirimkan ke jurnal ini.

 

Publication Frequency

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) terbit dua (2) kali dalam 1 tahun di bulan April dan September

 

Open Access Policy

Jurnal majalah ilmiah ini menyediakan akses terbuka langsung(immediate open access) pada kontennya didasari prinsip bahwa artikel yang tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan secara global. Seluruh naskah artikel, yang dinyatakan diterima dan telah diterbitkan, akan tersedia dan bebas diunduh pada laman website. Pembaca dapat mengunduh dan mencetak artikel dan edisi yang sudah diterbitkan secara gratis.

 

Archiving

Kebijakan Kearsipan Mandiri

Naskah artikel versi pra-cetak dan versi penerbit (PDF) boleh diarsipkan mandiri di situs web pribadi atau repositori institusional milik penulis dengan tetap mencantumkan sumber asli yang merujuk pada website Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) ini.

Jurnal ini tergabung dalam PKP Preservation Network, yang menyediakan layanan preservasi dan pengarsipan secara otomatis apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan menyebabkan jurnal ini tidak terbit lagi (trigger event).

 

Etika Publikasi

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, reviewer, dan penulis. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu:

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;
  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan
  3. Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Reviewer

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).
Tugas dan Tanggung Jawab Penulis
  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

 

Kebijakan Plagiasi

Tim Editorial Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) mengakui bahwa plagiat tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) bila plagiat diidentifikasi dalam sebuah artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur).

Definisi:
Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

Untuk itu, maka :
Artikel harus asli, belum pernah diterbitkan, dan tidak dalam proses menunggu publikasi di tempat lain. Materi yang diambil secara verbal dari sumber lain perlu diidentifikasi secara jelas sehingga berbeda dari teks asli. Jika teridentifikasi plagiat, maka, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab atas peninjauan kembali artikel tersebut dan akan menyetujui tindakan sesuai dengan tingkat plagiat yang terdeteksi, dengan pedoman berikut:

Artikel yang diserahkan ke Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) akan dicek tingkat plagiarisme menggunakan software deteksi grammarly (www.grammarly.com) dan menggunakan turnitin (www.turnitin.com).

Tingkat Plagiarisme

  • Menjiplak sebagian kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya. Tindakan: Penulis diberi peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar.
  • Menjiplak sebagian besar artikel lain tanpa kutipan yang tepat dan tidak menyebutkan sumbernya. Tindakan: Artikel yang diajukan ditolak untuk publikasi di Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) dan Penulis dapat diberi sanksi untuk tidak diperbolehkan publikasi di Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur).
  • Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang mereka kirimkan ke Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur). Jika Artikel tergolong plagiat, maka semua penulis akan dikenai tindakan yang sama.
  • Jika Penulis terbukti mengajukan naskah ke Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) dengan secara bersamaan mengirimkan juga ke Jurnal lain, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses reviewer atau setelah publikasi, maka diberi tindakan sesuai point 2 di atas.
  • Jika ditemukan tindakan plagiat diluar aturan di atas, editor Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) berhak memberikan tindakan sanksi sesuai kebijakan tim editor.

 

Retraksi dan Koreksi

Retraction/Penarikan oleh Penulis

Penulis diharapkan untuk tidak menarik naskah yang telah dikirimkan apabila naskah tersebut telah masuk dalam proses editorial (review, tata letak, dst.) karena dianggap merugikan tim editor yang selama ini telah menghabiskan waktu dan pikiran untuk memproses artikel tersebut. Jika penulis menarik artikel yang sedang dalam proses editorial, penulis harus membayar ganti rugi pekerjaan yang telah dilakukan selama proses editorial.

Apabila ada koreksi dari penulis setelah artikel terbit, misalnya terdapat kesalahan nama dan afiliasi penulis, maka dapat dilakukan tanpa kompensasi.

Permintaan resmi dari penulis harus dikirimkan melalui email ditujukan kepada ketua tim editor dengan menggunakan alamat email yang sama dengan yang digunakan dalam korespondensi.

Retraction/Penarikan dan Correction oleh Editor

Editor akan mempertimbangkan untuk menarik kembali publikasi jika:

  • Terdapat bukti yang jelas bahwa hasil kegiatan tersebut tidak dapat sah karena pemalsuan data atau kesalahan perhitungan atau kesalahan analisis;
  • Temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain;
  • Terdapat indikasi plagiarisme yang bisa dibuktikan;
  • Terdapat pelanggaran etika dalam pelaksanaan kegiatan.

Editor akan mempertimbangkan untuk melakukan koreksi jika:

  • Terdapat kesalahan minor pada publikasi yang terbukti menyesatkan pembaca;
  • Terdapat kesalahan pada daftar nama penulis / kontributor;

Kebijakan ini mengikuti pedoman dari COPE.