Resepsi Khalayak Pesan Propaganda Perlawanan Simbolik Garuda Biru dan Peringatan Darurat di Akun Instagram @narasinewsroom
Abstract
Langkah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merevisi RUU Pilkada terkait ketentuan ambang batas pencalonan kepala daerah dan ketentuan persyaratan batas usia minimal calon kepala daerah menimbulkan kontroversi di masyarakat. DPR dinilai menganulir keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengikat semua lembaga. Perlawanan atas langkah DPR ini kemudian muncul di media sosial. Diunggah oleh akun Instagram @narasinewsroom, Gerakan ini telah menyedot perhatian khalayak dan memobilisasi aksi luring. Penelitian ini bertujuan mengupas resepsi khalayak atas pesan propaganda perlawanan simbolik Garuda Biru dan Peringatan Darurat hingga ke tataran ideologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis. Sementara pisau analisis yang digunakan adalah teori resepsi Stuart Hall, yaitu untuk melihat posisi khalayak dalam penerimaan pesan propaganda perlawanan simbolik Garuda Biru dan Peringatan Darurat. Tiga posisi tersebut adalah dominant hegemonic position, negotiated code position, dan oppositional code. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan melakukan wawancara semi terstruktur pada 10 informan berdasarkan kriteria sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, 9 informan berada dalam posisi dominant hegemonic position dan 1 informan berada dalam posisi negotiated code position. Mayoritas informan memaknai pesan ini sebagai tanda adanya keadaan yang genting dan harus segera direspons oleh rakyat. Namun, partisipasi khalayak terhadap gerakan ini berbeda-beda, dipengaruhi oleh faktor-faktor individual. Sedangkan informan yang berada dalam posisi negotiated code position cenderung ambivalen dan skeptis akan efektivitas dari gerakan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aga, F. G. (2022). Ideology. In The Wiley‐Blackwell Encyclopedia of Social and Political Movements (pp. 1–5). https://doi.org/10.1002/9780470674871.wbespm106.pub2
Anshori, I., & Nadiyya, F. A. A. (2023). Peran Ruang Digital sebagai Transformasi Gerakan Aksi Sosial Mahasiswa Melalui Platform Sosial Media. Jurnal Analisa Sosiologi. https://doi.org/10.20961/jas.v12i2.68981
Azim, S., & Yasmin, F. S. (2023). The Role of Mainstream and New Media in Developing Social Movements: A Case of Shahbagh Movement. Social Science Review. https://doi.org/10.3329/ssr.v39i1.64874
Azizah, N. (2023). Social Movement as a Form of Online Political Participation in Social Media. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9. https://doi.org/10.29210/0202312255
Berenson, A. (2018). Journalism and Social Media Frame Social Movements: The Transition to Media Matrix. Social Media and Journalism - Trends, Connections, Implications. https://doi.org/10.5772/intechopen.78290
Clarke, K., & Kocak, K. (2020). Launching Revolution: Social Media and the Egyptian Uprising’s First Movers. British Journal of Political Science, 50. https://doi.org/10.1017/S0007123418000194
CNBCIndonesia. (2024). Viral Peringatan Darurat Garuda Biru Banjiri Medsos, Ini Maknanya. CNBCIndonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240821153138-37-565213/viral-peringatan-darurat-garuda-biru-banjiri-medsos-ini-maknanya
CNNIndonesia. (2024). Viral Peringatan Darurat Indonesia di Media Sosial, Apa Artinya? CNNIndonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240821185117-20-1135886/viral-peringatan-darurat-indonesia-di-media-sosial-apa-artinya
Elwert, F., Evolvi, G., Neumaier, A., & Wildt, K. de. (2023). : Emoji and Religion in the Twitter Discourses on the Notre Dame Cathedral Fire. The Journal of Religion, Media and Digital Culture, 11(2), 198–226. https://doi.org/10.1163/21659214-bja10071
Kidd, D., & McIntosh, K. (2016). Social Media and Social Movements. Sociology Compass. https://doi.org/10.1111/soc4.12399
Kriyantono, R. (2022). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif: Disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, dan Disertasi Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Kwon, K. H., Shao, C., & Nah, S. (2021). Localized Social Media and Civic Life: Motivations, Trust, and Civic Participation in Local Community Contexts. Journal of Information Technology & Politics, 18. https://doi.org/10.1080/19331681.2020.1805086
Leong, C., Pan, S. L., Bahri, S., & Fuazi, A. (2019). Social media empowerment in social movements: power activation and power accrual in digital activism. European Journal of Information Systems, 28(2). https://doi.org/10.1080/0960085X.2018.1512944
Makatlal, V., & Kumar, D. (2022). The Impact of Social Media on Political Mobilization and Activism. International Journal of Research Publication and Reviews, 3.
McLuhan, M. (1967). The Medium is the Massage: An Inventory of Effects. Gingko Press Inc.
Montgomery, D. P., Green‐Eneix, C., Cinaglia, C., & Costa, P. I. De. (2024). Ideology. In The Encyclopedia of Applied Linguistics (pp. 1–8). https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal20299
Muhammed, S., & Mathew, S. K. (2022). The Disaster of Misinformation: a Review of Research in Social Media. International Journal of Data Science and Analytics. https://doi.org/10.1007/s41060-022-00311-6
Muqsith, M. A., Muzykant, V. L., & Kuzmenkova, K. E. (2019). Cyberprotest: New Media and the Social Movement in Indonesia. RUDN Journal of Studies in Literature and Journalism. https://doi.org/10.22363/2312-9220-2019-24-4-765-775
Nasrullah, R. (2020). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2022). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana.
Nogueroles, P., Salgueiro, T. A., Vera, S. E., Valderrama, C. L. M., & Larrosa, P. N. F. (2024). Role of political ideology in information monitoring and opinion change. SCT Proceedings in Interdisciplinary Insights and Innovations. https://doi.org/10.56294/piii2024273
Rayner, P. P. W. and S. K. (2004). Media Studies: The Essential Resource. Routledge.
RRI. (2024). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024
Ruan, L. (2011). Meaningful Signs—Emoticons. Theory and Practice in Language Studies, 1(1), 91–94. https://doi.org/10.4304/tpls.1.1.91-94
Setuningsih, N. (2024). Perlawanan Sehari Kawal Putusan MK, RUU Pilkada Batal Disahkan. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2024/08/22/19221311/perlawanan-sehari-kawal-putusan-mk-ruu-pilkada-batal-disahkan?lgn_method=google&google_btn=onetap
Shoelhi, M. (2012). Propaganda dalam Komunikasi Internasional (Pertama). Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Alfabeta.
Thompson, N., Wang, X., & Daya, P. (2020). Determinants of News Sharing Behavior on Social Media. Journal of Computer Information System, 60. https://doi.org/10.1080/08874417.2019.1566803
Urman, A., HO, J. C., & Katz, S. (2021). Analyzing Protest Mobilization on Telegram: The Case of 2019 Anti-Extradition Bill Movement in Hong Kong. Plos One. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256675
We Are Social. (2024). Digital 2024 Indonesia. Wearesocial.Com. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Widyanggari, E. N. (2021). Analisis Resepsi Penggunaan Media Sosial untuk Pengambilan Keputusan pada Kampanye New Normal (Video YouTube “Tips Cegah Corona Ala Dokter Reisa”). Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 02. https://doi.org/10.54895/jkb.v2i2.896
Xiong, Y., Cho, M., & Boatwright, B. (2019). Hashtag activism and message frames among social movement organizations: Semantic network analysis and thematic analysis of Twitter during the #MeToo movement. Public Relations Review. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2018.10.014
Yesidora, A. (2024). Apa Arti Peringatan Darurat yang Viral di Medsos, Dari Mana Asal Usulnya? Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/berita/nasional/66c6953cbb78c/apa-arti-peringatan-darurat-yang-viral-di-medsos-dari-mana-asal-usulnya
DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v16i1.3413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.