Time Value of Money dalam Arisan Jajan Lebaran Ibu-Ibu

Kharisma Salsabila, Maretha Ika Prajawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis time value of money pada arisan jajan lebaran ibu-ibu Dusun Sanan. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus dan data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan ibu-ibu Dusun Sanan kecamatan Kesamben kabupaten Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep time value of money berlaku pada arisan jajan lebaran ibu-ibu Dusun Sanan dimana nilai jajan yang diterima saat ini berbeda dengan nilai jajan yang diterima di masa lalu atau masa yang akan datang. Respon ibu-ibu Dusun Sanan adalah menerima hal tersebut karena sudah menjadi risiko pasti dalam arisan jajan meskipun terkadang sedikit mengeluh apabila harga jajan dirasa mengalami kenaikan yang sangat kentara.

Keywords


Nilai Waktu Uang, Arisan

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Alexandry, moh benny. (2008). manajemen keuangan bisnis: teori dan soal (cetakan ke). alfabeta.

Anam, A. F., Zakhra, A., & Amaliyah. (2021). Arisan Sebagai Model Meningkatkan Poin Keanggotaan Tupperware Dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 402–.

Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EGC.

Faruq, U. Al, Mulyanto, E., & Anwar, S. (2017). Sejarah teori-teori ekonomi: program studi pendidikan ekonomi. UNPAM Press.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Secorecard. Bumi Aksara.

Husnan, S. dan E. P. (2004). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. UPP (Unit Penerbit dan Percetakan) AMP YKPN.

Maulida, R. N. A., & Prajawati, M. I. (2022). Implementasi Time Value Of Money Pada Tradisi Jimpitan Masyarakat Bojonegoro. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6197–6208.

Novia, P. (2011). Time Value of Money Dalam Manajemen Keuangan. UBDIstancelearning.

Poerwadarminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN. Balai Pustaka.

Primapena. (2006). Kamus Ilmiah Populer Edisi Lengkap : Referens Ilmiah, Ideologi, Politik, Hukum, Ekonomi, Sosial, Budaya & Sains. Gitamedia Press.

Zamroni. (2013). Analisis Konflik Sosial Anggota Karang Taruna “Bunge Serampai” Di Desa Makrampai Kecamatan Tebas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v12i1.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.