ANALISIS BEBERAPA ASPEK DALAM DIRI WAJIB PAJAK DAN REGULASI PERPAJAKAN YANG MEMPENGARUHI KETAATAN WAJIB PAJAK DALAM PEMENUHAN KEWAJIBANNYA (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama Pe

Dwi Prassetyo, Dicky Arisudhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa aspek dalam diri wajib pajak dan regulasi perpajakan yang mempengaruhi ketaatan wajib pajak. Adapun variabel penelitian yang digunakan adalah meliputi pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, implementasi e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang memiliki nomor identifikasi wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Penelitian ini menguji pengaruh pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, implementasi e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi perpajakan tidak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. Sementara itu, pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, implementasi e-filing mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.

Keywords


Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Implementasi E-Filing dan Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mahdi & Windi Ardiarti, 2017, Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banda Aceh, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, ISSN : 2460-5891.

Nurmantu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Jakarta Ganit.

Putri, Kadek Juniarti & Putu Ery Setiawan, 2017, Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, ISSN: 2302 -8556.

Pramartha, I Putu Indra & Ni Ketut Rasmini, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, ISSN: 2302-8556.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susmita, Putu Rara & Ni Luh Supadmi, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, ISSN: 2302-8556.

Tene, Johanes Herbert, Jullie J. Sondakh & Jessy D.L. Warongan, 2017, Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174.

Waluyo. 2017. Perpajakan Indonesia Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

www.pajak.go.id




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v8i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.