Strategi Hubungan Masyarakat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Dalam Menyosialisasikan Program Kredit Usaha Rakyat Melalui Media Sosial

Wenny Maya Arlena

Abstract


Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koperasi dan usaha kecil dan menengah. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memiliki 9 (sembilan) program unggulan yang salah satu diantaranya adalah program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program KUR ini bertujuan untuk Mempercepat pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK), Meningkatkan akses pembiayaan dan mengembangkan UMKM dan Koperasi kepada Lembaga Keuangan, sebagai upaya penanggulangan/ pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, khususnya bagi para usaha kecil menengah. Media sosial berisikan informasi-informasi yang dibutuhkan para UKM agar selalu mendapatkan informasi terkini dari pemerintah pusat perkembangan seputar UKM di Indonesia. Dalam penyosialisasian program KUR ini, Humas Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menyosialisasikannya melalui media sosial diantarannya Facebook, Twitter dan Instagram. Namun dari ketiga media sosial yang ada, facebook menjadi fokus dalam menyosialisasikan program KUR, karena facebook adalah media sosial memiliki banyak fitur. Teori yang digunakan adalah teori POAC, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode melalui wawancara untuk mendapatkan data primer. Paradigma yang digunakan adalah Post-Positivism.

Keywords


Strategi Humas, Sosialisasi, Program Kredit Usaha Rakyat, Media sosial.

Full Text:

PDF

References


Aberle, David. 1961. Culture and Socialization. The Dorsey Press

Budiono M.A. 2005. Kamus Ilmu Populer Internasional. Surabaya. Alumni

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Fajar Interpratama

Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat. 1998. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2006. Pengantar Public Relations Strategi Menjadi Humas Profesional, Jakarta. Ramdani Prakasa

Onong, Uchjana Effendy. 2004. Dinamika Komunikasi, 2004 Bandung. PT Rosdakarya

Sendjaja, Sana Djuarsa. Pengantar Ilmu Komunikasi. 2001. Badung. Remaja Rosda Karya

Sitepu, Syahputra Edy & Faulina. 2011. Profesional Public Relations. Medan: USU Press.

Taufiq Rohman Dhoiri, dkk. 2007. Sosiologi: Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira.

Sumber Internet

• http://www.tnp2k.go.id/

• http://kur.ekon.go.id/

• http://prezi.com/vddmcub-ss/social-media-definisi-fungsi-karakteristik/




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i1.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Avant Garde

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.