Representasi Laki-Laki dan Perempuan dalam Iklan Tehicha
Abstract
Tehicha sebagai produk teh kemasan memerlukan iklan sebagai salah satu bagian promosi. Namun di sisi lain, iklan merupakan salah satu produk budaya populer yang bersifat politis. Iklan merupakan instrumen pembentuk budaya, termasuk representasi nilai dominan laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi laki-laki dan perempuan dalam iklan Tehicha. Penelitian ini menggunakan analisis Semiologi Roland Barthes sebagai pisau analisis. Penelitian ini juga menggunakan teori Representasi dari Stuart Hall sebagai pijakan akademis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki ideal direpresentasikan sebagai individu yang aktif, enerjik, pemimpin, berani, bebas dan berada di ranah publik. Namun, tidak semua laki-laki direpresentasikan ideal dalam iklan Tehicha. Sedangkan perempuan direpresentasikan individu pada peran domestik dan penggoda. Penelitian ini juga menemukan kecenderungan mengkonstruksi sensualitas perempuan yang menempatkan perempuan sebagai objek seksual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. D. (2016). Media dan Gender : Sudi Deskriptif Perpersentasi Stereotipe Perempuan dalam Iklan di Televisi Swasta. Jurnal Profetik, 9(2), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1205
Ayun, P. Q. (2015). Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media). Simbolika, 1(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.46
Barthes, R. (2007). Membedah Mitos-itos Budaya Massa. Jalasutra.
Barthes, R. (2017). Elemen-Elemen Semiologi (E. A. Iyubenu (ed.)). Basa- Basi.
Barthes, R. (2018). Mitologi (Nurhadi (ed.)). Kreasi Wacana.
Beauvoir, S. De. (2016). Second Sex : Kehidupan Perempuan. Narasi Pustaka Promethea.
Burton, G. (2011). Membincangkan Televisi : Sebuah Pengantar Kajian Televisi. Jalasutra.
Butchart, G. C. (2016). The communicology of Roland Barthes’ Camera Lucida: reflections on the sign–body experience of visual communication. Visual Communication, 15(2), 199–219. https://doi.org/DOI 10.1177/1470357215624308
Ciochetto, L. (2008). Images of Women in Advertising Both Consumer and Object of Consumption. Media Asia, 35(4), 241–249. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/01296612.2008.11771964
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.
Galdi, S., Maass, A., & Cadinu, M. (2014). Objectifying Media: Their Effect on Gender Role Norms and Sexual Harassment of Women. Psychology of Women Quarterly, 38(3), 398–413. https://doi.org/DOI: 10.1177/0361684313515185
Gita, L., & Haryono, C. G. (2019). Komodifikasi Sensualitas dalam Tayangan Kimi Hime di Media Sosial YouTube. Semiotika, 13(1), 89–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1791
Griffin, E. (2012). A First Look at Communication Theory. Mc-Graw Hill.
Guizzo, F., & Cadinu, M. (2020). Women, not objects: testing a sensitizing web campaign against female sexual objectification to temper sexual harassment and hostile sexism. Media Psychology, 24(4), 509–537. https://doi.org/10.1080/15213269.2020.1756338
Hall, S. (2003). Representation. SAGE Publications.
Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Ombak.
Kemenkumham. (2020). Berita Resmi Merek Seri-A.
Lase, F. J. (2020). Penggambaran Perempuan di Majalah Popular 1988-2018. Ilmu Komunikasi, 17(1), 41–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1725
Lidwina, A. (2020). Televisi, Media Paling Banyak Dikonsumsi Milenial Indonesia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/16/televisi-media-paling-banyak-dikonsumsi-milenial-indonesia
Lubis, M. (2020). Covid-19 dan Dampaknya pada Tren Konsumsi Media. Nielsen.Com. https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/covid-19-dan-dampaknya-pada-tren-konsumsi-media/
Moran, M. B., Heley, K., Baldwin, K., Lin, V., & Pierce, J. P. (2019). Selling tobacco: A comprehensive analysis of the U.S. tobacco advertising landscape. Addictive Behaviors, 96, 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2019.04.024
O’Brien, A. (2015). Producing Television and Reproducing Gender. Television & New Media, 16(3), 259–274. https://doi.org/DOI: 10.1177/1527476414557952
Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol14.iss2.art2
Putra, R. A. (2018). Konstruksi Maskulinitas Laki-Laki Melalui Komodifikasi Tubuh dalam Iklan Produk Susu L-Men Gainmass (Analisis Semiotika John Fiske). Dialogia, 16(1), 43–61. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/dialogia.v16i1.1493
Radford, G. P. (2005). On The Philosophy of Communication. Thomson.
Rahmawati, A. (2019). Media dan Gender : Sebuah Pengantar. Prenadamedia.
Setyowati, R. M., Watie, E. D. S., & Saptiyono, A. (2020). Representation of Disability Achievements in Television Talk Show Programs. The Messenger, 12(1), 40–51. https://doi.org/DOI: 10.26623/themessenger.v12i1.1587
Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Storey, J. (2010). Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop : Pengantar Komprehensif Teori dan Metode. Jalasutra.
Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan, dan Perempuan. Kompas Media Nusantara.
Ward, L. M., Seabrook, R. C., Grower, P., Giaccardi, S., & Lippman, J. R. (2017). Sexual Object or Sexual Subject Media Use, Self-Sexualization, and Sexual Agency Among Undergraduate Women. Psychology of Women Quarterly, 42(1), 1–15. https://doi.org/DOI: 10.1177/0361684317737940
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Televisi Pons’s Man #Lelaki Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jk.v9i1.180
Yustinus, A. (2019). Industri Mamin : Bisnis Teh dalam Kemasan Makin Moncer. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20191009/12/1157159/industri-mamin-bisnis-teh-dalam-kemasan-makin-moncer
DOI: https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1716
Refbacks
Copyright (c) 2022 Avant Garde

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id