Representasi Laki-Laki dan Perempuan dalam Iklan Tehicha

Wiwid Adiyanto, Ami Saptiyono

Abstract


Tehicha sebagai produk teh kemasan memerlukan iklan sebagai salah satu bagian promosi. Namun di sisi lain, iklan merupakan salah satu produk budaya populer yang bersifat politis. Iklan merupakan instrumen pembentuk budaya, termasuk representasi nilai dominan laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi laki-laki dan perempuan dalam iklan Tehicha. Penelitian ini menggunakan analisis Semiologi Roland Barthes sebagai pisau analisis. Penelitian ini juga menggunakan teori Representasi dari Stuart Hall sebagai pijakan akademis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki ideal direpresentasikan sebagai individu yang aktif, enerjik, pemimpin, berani, bebas dan berada di ranah publik. Namun, tidak semua laki-laki direpresentasikan ideal dalam iklan Tehicha. Sedangkan perempuan direpresentasikan individu pada peran domestik dan penggoda. Penelitian ini juga menemukan kecenderungan mengkonstruksi sensualitas perempuan yang menempatkan perempuan sebagai objek seksual.


Keywords


iklan, laki-laki, perempuan, representasi

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. D. (2016). Media dan Gender : Sudi Deskriptif Perpersentasi Stereotipe Perempuan dalam Iklan di Televisi Swasta. Jurnal Profetik, 9(2), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1205

Ayun, P. Q. (2015). Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media). Simbolika, 1(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.46

Barthes, R. (2007). Membedah Mitos-itos Budaya Massa. Jalasutra.

Barthes, R. (2017). Elemen-Elemen Semiologi (E. A. Iyubenu (ed.)). Basa- Basi.

Barthes, R. (2018). Mitologi (Nurhadi (ed.)). Kreasi Wacana.

Beauvoir, S. De. (2016). Second Sex : Kehidupan Perempuan. Narasi Pustaka Promethea.

Burton, G. (2011). Membincangkan Televisi : Sebuah Pengantar Kajian Televisi. Jalasutra.

Butchart, G. C. (2016). The communicology of Roland Barthes’ Camera Lucida: reflections on the sign–body experience of visual communication. Visual Communication, 15(2), 199–219. https://doi.org/DOI 10.1177/1470357215624308

Ciochetto, L. (2008). Images of Women in Advertising Both Consumer and Object of Consumption. Media Asia, 35(4), 241–249. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/01296612.2008.11771964

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Galdi, S., Maass, A., & Cadinu, M. (2014). Objectifying Media: Their Effect on Gender Role Norms and Sexual Harassment of Women. Psychology of Women Quarterly, 38(3), 398–413. https://doi.org/DOI: 10.1177/0361684313515185

Gita, L., & Haryono, C. G. (2019). Komodifikasi Sensualitas dalam Tayangan Kimi Hime di Media Sosial YouTube. Semiotika, 13(1), 89–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1791

Griffin, E. (2012). A First Look at Communication Theory. Mc-Graw Hill.

Guizzo, F., & Cadinu, M. (2020). Women, not objects: testing a sensitizing web campaign against female sexual objectification to temper sexual harassment and hostile sexism. Media Psychology, 24(4), 509–537. https://doi.org/10.1080/15213269.2020.1756338

Hall, S. (2003). Representation. SAGE Publications.

Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Ombak.

Kemenkumham. (2020). Berita Resmi Merek Seri-A.

Lase, F. J. (2020). Penggambaran Perempuan di Majalah Popular 1988-2018. Ilmu Komunikasi, 17(1), 41–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1725

Lidwina, A. (2020). Televisi, Media Paling Banyak Dikonsumsi Milenial Indonesia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/16/televisi-media-paling-banyak-dikonsumsi-milenial-indonesia

Lubis, M. (2020). Covid-19 dan Dampaknya pada Tren Konsumsi Media. Nielsen.Com. https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/covid-19-dan-dampaknya-pada-tren-konsumsi-media/

Moran, M. B., Heley, K., Baldwin, K., Lin, V., & Pierce, J. P. (2019). Selling tobacco: A comprehensive analysis of the U.S. tobacco advertising landscape. Addictive Behaviors, 96, 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2019.04.024

O’Brien, A. (2015). Producing Television and Reproducing Gender. Television & New Media, 16(3), 259–274. https://doi.org/DOI: 10.1177/1527476414557952

Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol14.iss2.art2

Putra, R. A. (2018). Konstruksi Maskulinitas Laki-Laki Melalui Komodifikasi Tubuh dalam Iklan Produk Susu L-Men Gainmass (Analisis Semiotika John Fiske). Dialogia, 16(1), 43–61. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/dialogia.v16i1.1493

Radford, G. P. (2005). On The Philosophy of Communication. Thomson.

Rahmawati, A. (2019). Media dan Gender : Sebuah Pengantar. Prenadamedia.

Setyowati, R. M., Watie, E. D. S., & Saptiyono, A. (2020). Representation of Disability Achievements in Television Talk Show Programs. The Messenger, 12(1), 40–51. https://doi.org/DOI: 10.26623/themessenger.v12i1.1587

Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Storey, J. (2010). Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop : Pengantar Komprehensif Teori dan Metode. Jalasutra.

Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan, dan Perempuan. Kompas Media Nusantara.

Ward, L. M., Seabrook, R. C., Grower, P., Giaccardi, S., & Lippman, J. R. (2017). Sexual Object or Sexual Subject Media Use, Self-Sexualization, and Sexual Agency Among Undergraduate Women. Psychology of Women Quarterly, 42(1), 1–15. https://doi.org/DOI: 10.1177/0361684317737940

Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Televisi Pons’s Man #Lelaki Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jk.v9i1.180

Yustinus, A. (2019). Industri Mamin : Bisnis Teh dalam Kemasan Makin Moncer. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20191009/12/1157159/industri-mamin-bisnis-teh-dalam-kemasan-makin-moncer




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v10i1.1716

Refbacks



Copyright (c) 2022 Avant Garde

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id