Citra Diri dan Motif: Fenomena Perempuan Bertato di Kota Metropolitan Jakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, R., Narti, S., & Risdiyanto, B. (2019). Analisis Makna Tato Sebagai Media Ekspresi Diri. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 68–77. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.946
Andriyan, & Ramli, R. (2020). Analisis Semiotika Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 9-15 Maret 2020. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 59–79.
Azizah, R. (2014). Gambaran Umum Tentang Tato. Eprints.Walisongo.Ac.Id. http://eprints.walisongo.ac.id/3933/3/104211030_Bab2.pdf. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020
Beck, A. T., & Haigh, E. A. P. (2014). Advances in cognitive theory and therapy: The generic cognitive model. Annual Review of Clinical Psychology, 10, 1–24. https://doi.org/10.1146/annurev-clinpsy-032813-153734
Dewi Savitri, I. (2017). Budaya Dan Seni Tato Pada Perempuan Timur. Studi Budaya Nusantara, 1(2), 20–28. https://doi.org/10.21776/ub.sbn.2017.oo1.02.03
Driyanti, R. (2011). Makna simbolik tato bagi manusia dayak dalam kajian Hermeunitika Paul Ricoeur. In lib.ui.ac.id.
Estiyani, R. (2018). EKSPRESI DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MAKNANYA PADA REMAJA SMP. Lib.Ui.Ac.Id.
Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. (2021). Kenali Apa Itu Self-Harm dan Jenisnya. Psikologi.Uma.Ac.Id.
Ferani, A. A. (2013). Hubungan antara Citra Tubuh dan Konsep Diri dengan Motivasi Bertato pada Wanita di Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hajaroh, M. (2018). Dosen Program Studi Kebijakan Pendidikan FIP UNY, bidang keahlian Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 1. Paradigma, Pendekatan Dan Metode Penelitian Fenomenologi, 1, 79–107.
Halim, V. (2017). TINJAUAN UMUM MAKNA SIMBOLIK PADA TATO (HORIMONO/IREZUMI) DALAM MASYARAKAT JEPANG. Repository.Usu.Ac.Id. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/29348/Chapter II.pdf?sequence=4&isAllowed=y
Hamid, F. (2019). Pakaian: Studi Komunikasi Artifaktual.
Handani, I., & Azeharie, S. (2019). Analisis Semiotika Tato Tradisional Suku Mentawai. Koneksi, 3(1), 49. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6144
Krutak, L. (2015). The cultural heritage of tattooing: A brief history. Current Problems in Dermatology (Switzerland), 48(May), 1–5. https://doi.org/10.1159/000369174
Lin, L., Bsep, D., & Musa, P. (2020). Tato Sebagai Gaya Hidup Kaum Perempuan Perkotaan. Program Studi Antropologi, Universitas Tanjungpura, 1(2), 81–90.
Manru, & Fitrianty, S. . (2017). EKSPRESI SPIRITUAL DI DALAM TATO. Repository.Uksw.Edu.
Mega, S. U. (2019). Menerobos Sejarah Tabu Tato. DIDAKTIKA. https://lpmdidaktika.wordpress.com/2019/12/13/menerobos-sejarah-tabu-tato/
Mutiara, A. R. (2019). CITRA DIRI DAN TATO DI KALANGAN MUSISIKOTA SEMARANG.
Nugraha, A., & Wirman, W. (2016). Fenomena Komunikasi Remaja Perempuan Bertato di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3(2), 1–14.
Nugroho, A., Hatuwe, M., & Sary, K. A. (2018). Persepsi Tentang Tato Bagi Kalangan Perempuan Bertato di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 6.
Nurwatie, A., Fauzia, R., & Akbar, S. N. (2014). Perspektif Psikologi Humanistik Abraham Maslow dalam Meninjau Motif Pelaku Pembunuhan. Ecopsy, 1(4).
Pitts, V. L. (2003). In the flesh : the cultural politics of body modification. New York: Palgrave Macmillan, 1st.
Pratista, N. A. (2013). Makna Komunikasi Simbolik pada Tattoo bagi Wanita Pengguna Tattoo di Surabaya. Core.Ac.Uk.
Pratomo, D. (2011). Tato: Studi Deskriptif Mengenai Makna Simbolik Tato pada Perempuan di Surabaya [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/16700/1/gdlhub-gdl-s1-2011-pratomodip-20360-fisant-k.pdf
Puspitaningrum, C. (2018). Sejarah Tato dan Perempuan, dari Fungsi Kesehatan hingga Ekspresi Diri. Akurat.Co. https://akurat.co/sejarah-tato-dan-perempuan-dari-fungsi-kesehatan-hingga-ekspresi-diri
Raditya, Y. (2016). Kontruksi Sosial Tato Di Kalangan Musisi Indie. Journal.Unair.Ac.Id. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmntsfc68776c0bfull.pdf
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pad. Jurnal SPIRITS, 4(2), 22–32.
Setiawan, I. N. A. F., & Jayanegara, I. N. (2016). Kajian Motivasi Tato Rangda pada Orang Bali. I(1), 28–34.
Siregar, B., Abdullah, A. Z., & Solihin, O. (2022). Resepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden. Jurnal Common, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.34010/common.v6i2.8476
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Surachman, A. Y., & Nurdiansyah, D. (2020). Makna tato dalam tradisi budaya populer. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(April), 61.
Syafirdi, D. (2013). Kisah mereka yang lolos dari petrus di zaman Soeharto. Merdeka.Com.
Tapaningtyas, D. A. (2008). Perancangan buku esai foto perempuan dan tato. Repository.Petra.Ac.Id.
Wibowo, H. Y. (2016). TATO SEBAGAI SIMBOL IDENTITAS WANITA DI KOMUNITAS SALATIGA SENI RADJAH. Repository.Uksw.Edu.
Widodo, B. (2013). Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau dari Aspek Pengendalian (Self Control) dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) pada Siswa SMKWonoasari Caruban Kabupaten Madiun. Widya Warta, 01, 140–151.
Yasim, C. R., & Candraningrum, D. A. (2019). Makna Citra Diri Perempuan Bertato yang Berhijab. Koneksi, 3(1), 82. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6149
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v11i1.2324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id