Fenomena Buzzer Di Media Sosial Jelang Pemilu 2024 Dalam Perspektif Komunikasi Politik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. K. (2019). Tantangan Aplikasi Sekolah Pintar di Kawasan Timur Indonesia. In Inter Komunika (Vol. 4, Issue 1, pp. 44–57). Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi.
Anugerah, B. (2020). Urgensi Pengelolaan Pendengung (Buzzer) Melalui Kebijakan Publik Guna Mendukung Stabilitas Politik di Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 8(3), 391–407.
Ariyanti, Dyah and Nawangsih, Veronica and RizaAisyah, RizaAisyah RizaAisyah and Yuniarti, Mauliana and Nurrahmana, Alda and Maulina, Renanda and Presetyo, R. (2021). Mewujudkan Lingkungan Demokratis Melalui Edukasi Pemilu dengan Asas Luberjurdil. Ikra-Ith Abdimas, 4(3), 219–229.
Juditha, C. (2017). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial Sebagai Cara Strategis Periklanan Di Era Ekonomi Digital. Journal Pekommas, 2(1), 99. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020110
Kaila, B. S. C., Study, A. D., Impact, P., Society, J., Bahri, S., Sosial, M., Penegakan, K., Juditha, C., Umar, E., Hamdiah, D., Publik, P., Pemberitaan, T., Media, C.-D. I., Santoso, D. H., Santosa, A., Arie, A., Dharma, S., Ni, N., Dwi, B., … Massa, K. (2021). Analisis Penyebaran Berita Hoaks Pandemi Covid-19 Di Bondowoso Melalui Facebook. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember, 20(1), 1–16
Meranti, & I. (2018). Kajian Humas Digital: Transformasi dan kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, , 27±36, 7(1), 27–36.
Moekahar, F., Ayuningtyas, F., & Hardianti, F. (2022). Social media political campaign model of local elections in Pelalawan Regency Riau. 10(2), 242–252. https://doi.org/10.24198/jkk.v10i2.41680
Munadhil Abdul Muqsith, Ph. D. (2022). Pesan Politik di Media Sosial “Twitter” (Khoiro Ummatin, Ed.). CV. Jakad Media Publishing.
Muqsith, M. A., Pratomo, R. R., & Muzykant, V. L. (2021). Трамп, Твиттер и фейковые новости (Trump, Twitter and Fake News). Jurnal Cita Hukum, 9(3). https://doi.org/10.15408/jch.v9i3.22445
Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151.
Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887
Putri, N. F., Vionia, E., & Michael, T. (2020). Pentingnya Kesadaran Hukum Dan Peran Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Penyebaran Berita Hoax Covid-19. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 11(1), 98. https://doi.org/10.31764/jmk.v11i1.2262
Ravii Marwan Ahyad Jurusan Ilmu Komunikasi, M., & Ilmu Komunikasi, F. (n.d.). ANALISIS PENYEBARAN BERITA HOAX DI INDONESIA.
Ropikoh, I. A., Abdulhakim, R., Enri, U., & Sulistiyowati, N. (2021). Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Berita Hoax Covid-19. Journal of Applied Informatics and Computing, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.30871/jaic.v5i1.3167
Sardini, N. H. (2011). Restorasi penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Fajar Media Press.
Subarjo, A. H., & Setianingsih, W. (2020). Literacy of Hoaxs News on the Internet and Its Implications for Student Personal Resilience (Study of the Use of Social Media in STT Adisutjipto Yogyakarta Students). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 1.
Social, W. A. (2021). Digital 2021. Global Digital Insights.
Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.7250
Suharyanto, C. E. (2019). Analisis Berita Hoaks Di Era Post-Truth: Sebuah Review. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 37. https://doi.org/10.17933/mti.v10i2.150
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1076. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280
Suryo, Herning and Aji, H. K. (2020). Media Sosial dan Pesan Politik (Persepsi Pemilih Pemula Dalam Menerima Pesan Politik Pada Pemilihan Umum 2019 Melalui Media Sosial). Research Fair Unisri, 4(1).
Tohari, L. A., Fatoni, U., & Muhlis, A. (2020). Strategi Dakwah Santri Dalam Menghadapi Berita Hoax di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 148–167. https://doi.org/10.15575/tabligh.v5i2.1349
Verayanti, A. (2021). Fenomena Penyebaran Berita Hoax Covid-19 di Indonesia. January.
We Are Social. (2021, January 7). Digital 2021. Global Digital Insights.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Buku Obor.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v11i1.2380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id