Personal Branding Calon Legislatif Generasi Z Melalui Instagram: Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @muhammadshoma
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30.
Alam, Sukma. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde, 9(1), 68–78.
Cahyono, T. Wahyu. (2023, June 21). DPT Pemilu di Boyolali 825.630 Orang, Generasi Milenial Terbanyak. Jawa Pos Radar Solo.
Damayanti, C. N. D. Amri. K. (2012). Pengaruh Terpaan Media Dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) Terhadap Minat Politik Generasi Z. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 79–86.
Elfrida, Sella. D. A. (2020). Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1).
Fadiyah, D. , & S. J. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Membangun Citra Positif Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Journal of Political Issues, 3(1), 13–27.
Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Indrawan, J., Elfrita Barzah, R., & Simanihuruk, H. (2023). INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK BAGI GENERASI MILENIAL. EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4519
Khoerrunnisa, D. A. , S. D. F. , & P. C. C. (2019). Personal Branding Politisi Generasi Millenials Studi Deskriptif Personal Branding Faldo Maldini Sebagai Politisi Generasi Millenials. Jurnal Riset Komunikasi, 10(2).
KPU. (2023, August 19). KPU Umumkan Dan Tetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR Dan DPD Untuk Pemilu Serentak 2024. Kpu.Go.Id.
Maharani, A. Z. N. , & K. A. (2023). Personal Branding K-POP Influencer @gebysrikandi di Instagram. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 45–54.
Malik, Abdul. A. M. Tri. P. L. D. (2021). Tindakan Sosial Penggunaan Simbol Agama Dalam Poster Kampanye Legislatif Tahun 2019 di Provinsi Banten. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
Maulana, Y. , M. A. , & N. S. E. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram @pinterpolitik Terhadap Kebutuhan Informasi Politik Generasi Z. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 48–58.
McNally, D. , & S. K. D. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Gramedia Pustaka Utama.
McNally, D. & S. K. D. (2010). Be Your Own Brand. BK Publisher.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Moleong, L. J. (2005). Meodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mujianto, H. , N. Z. F. , & K. K. (2021). Instagram Sebagai Media Pembentuk Personal Branding. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(2), 154–169.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Ningrum, P. R. , & F. F. (2023). Pembentukan Personal Branding Pemimpin Perempuan Melalui Media Sosial (Studi Kasus Wakil Bupati Sumba). In Proceeding Of Student Conference, 1(5), 213–230.
Noordiono, A. (2016). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi. Universitas Airlangga.
Nur Emilsyah. (2020). Tanggapan Generasi Z Terhadap Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mendukung Keterlibatan Dalam Pemilu Legislatif 2019. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan , 24(2), 117–131.
Perangin-angin, L. L. , & Z. M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal Aspikom, 3(4), 737–754.
Pratama Sunbhio. (2022, March 14). Gen Z Generasi Pemalas ? Cek Faktanya Berikut ini. KompasTV.
Rachmawati, D. (2022). Pandangan Generasi Z mengenai Personal Branding Online Fres Graduates Mencari Pekerjaan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 137–149.
Raharjo, F. S. (2019). The Master Book of Personal Branding. Quadrant.
Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101.
Rakhman, M. A. , & H. H. (2019). Perilaku dan Partisipasi Politik Generasi Z. Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik, 3(1).
Rizaty, M. Ayu. (2023, May 3). Pengguna Instagram di Indonesia Capai 109,3 Juta per April 2023. DataIndonesia.Id.
Salsabila, V. , H. H. , & S. D. F. (2021). Personal Branding Vegan Influencer di Instagram. Avant Garde, 9(1), 49–67.
Setiadi, Ahmad. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).
Sjoraida, D. F. , & N. A. R. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Politik Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Z. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(2), 104–111.
Srisadono, Wahyu. (2018). Komunikasi Publik Calon Gubernur Provinsi Jawa Barat 2018 Dalam Membangun Personal Branding Menggunakan Twitter. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 213–227.
Sukarni, N. F. , A. W. , I. D. I. , & S. M. (2022). Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono Melalui Media Sosial Instagram @agusyudhoyono. Jurnal Cyber PR, 2(1), 25–48.
Syamsuar, A. M. R. (2020). Milintasi Caleg Muda Dalam Pemenangan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 97–104.
Tania, Cintthya. L. V. B. (2022). Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. Avant Garde, 10(1), 30–45.
Tini, D. L. Rika. A. N. Inna. (2023). Strategi Pemenangan Calon Anggota Legislatif Dalam Satu Partai Dengan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka (Studi Kasus Irwan Hayat Dari Partai PKB di DAPIL III Sumenep). Public Corner, 18(1), 36–54.
Witanti, M. , P. D. A. , & I. I. (2022). Personal Branding Tri Adhianto Sebagai Media Komunikasi Politik Melalui Instagram @mastriadhianto. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3690–3698.
Yolanda, H. P. & H. U. (2020). Partisipasi Politik Online Generasi Z Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2019. CoverAge: Journal Of Strategic Communication, 10(2), 30–39.
Yuliarti, Reszynia. (2020). Pengaruh Personal Branding Food Enthusiat Ulfah Yunita Putri Utami Pada Instagram @agakenyang Terhadap Minat Konsumen Kuliner. Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 14–24.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v11i2.2601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id