Analisa Alur Komunikasi Efektif Vertikal Ke Bawah Di Lingkungan Kantor Berita
Abstract
Perum LKBN Antara sebagai organisasi mengemban tugas sebagai kantor berita negara tetapi juga sebagai badan usaha yang mewajibkan untuk mencari sumber pendapatan sendiri. Dengan demikian dalam menyiarkan berita ada dua misi yang harus dijalankan yakni pertama menyalurkan berita pelayanan publlik sedangkan disisi lain menyalurkan berita yang dapat mendulang view. Oleh karena itu peran komunikasi vertikal ke bawah memegang peranan penting agar pesan berupa penugasan kepada wartawan yang menjadi ujung tombak di lapangan tidak salah mengintepretasikan. Komunikasi vertikal ke bawah juga memungkinkan berita tersaji cepat kepada khalayak dengan tingkat akurasi tinggil Tingkat persaingan di era digital yang sangat tinggi menuntut sistem komunikasi vertikal ke bawah yang efektif dan efisien agar pesan berupa penugasan bisa sampai ke bawah dengan cepat. Dengan komunikasi vertical ke bawah yang kerap diterapkan pada organisasi dengan struktur kompleks yang membutuhkan kecepatan penyampaian pesan sampai ke tingkat paling bawah. Dengan alur komunikasi vertikal ke bawah dapat mengurangi hambatan komunikasi karena adanya pertanyaan dari tingkat bawah. Sehingga desain pesan harus dibuat sedemikian rupa agar dapat dimengerti di setiap level organisasi. Tujuan dari penelitaian ini mencari struktur organisasi yang efektif untuk memenuhi tuntutan khalayak yang dewasa ini lebih suka mengakses media sosial. Sedangkan metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif menganalisa penerapan di dalam organisasi Perum LKBN Antara dengan teori yang ada ditambah dengan hasil wawancara pakar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, K., Padjadjaran, U., Raya Bandung Sumedang, J. K., & Sumedang, K. (2021). Pengalaman Komunikasi dan Adopsi Teknologi Komunikasi dalam Menjalankan Organisasi Mahasiswa selama Pandemi Covid-19 Experience of Communication and Communication Technology Adoption in Running Student Organizations During The Covid-19 Pandemic. Avant Garde, 9(1), 1–15.
Asriadi. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1). http://journal.iaimsinjai.ac.id/indeks.php/retorika
Chandratama Priyatna, C., Ari, F. X., Prastowo, A., Syuderajat, F., & Sani, A. (2020). Optimalisasi teknologi informasi oleh lembaga pemerintah dalam aktivitas komunikasi publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 45363.
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2021). Rancang Bangun Web Portal Berita Sebagai Sumber Informasi Berita Tentang Pertanian. 8(2). http://jurnal.mdp.ac.idjatisi@mdp.ac.id12
Dewi Widowati. (2016). Dialektika Manajemen Komunikasi Dalam Perusahaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–26.
Jaya BPSDM Povinsi Sumatera Utara, S., Kunci, K., & Guru, K. (2021). Strategi Membangun Komunikasi Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 1–17.
Komunikasi, J. I., Kunci, K., Digital, E., Kabar, S., Organisasi, K., & Meirani, R. (2020). Iklim Komunikasi Organisasi Media Massa. PROlistik, 5(1), 1–6.
Nurislamiah, M., Fauzi, R., Nurjanah, F., & Islam Bunga Bangsa Cirebon, U. (2023). Peran Public Relations Di Era Artificial Intelligence. Communicative: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2023), 1–10. https://doi.org/10.47453/Mia
Oba, E. (2023). Penyelesaian Sengketa Pers Pencemaran Nama Baik Media Online Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), 1179–1188. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.871
Peralihan, H., Wulandari, D., Azzahra, G. N., Azhar, M. A., Lubis, R. R., Yuniza, P. M., & Rozi, S. A. (2024). Strategi Komunikasi Dan Alur Produksi Dalam Pemograman Acara TVRI Medan Di Masa Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 1–11. www.ejurnal.stikpmedan.ac.id
Perum LKBN Antara. (2023). Buku Panduan Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Publik.
R. Wayne Pace, Don F. Faules, & Deddy Mulyana. (2018). Komunikasi Organisasi (Deddy Mulyana, Ed.; 1st ed., Vol. 10). PT Remaja Rosdakarya.
Sari, R., & Susanti, D. (2020). Pengaruh Komunikasi Vertikal dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru. EcoGen, 3(4), 1–13.
Saulīte, L., & Ščeulovs, D. (2023). Importance of news media branding in a contemporary media environment. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100117
Sri Nurhayati, E., Swarnawati, A., Wibowo, C., Indri Widarti, E., Thufail, A., & Inasa Ori Sativa, dan. (2022). Eti Sri Nurhayati, Aminah Swarnawati, Cahyo Wibowo, Eka Indri Widarti, Ahmad Thufail, dan Inasa Ori Sativa MetaCommunication: Journal of Communication Studies. MetaCommunication: Journal of Communication Studies, 7(1), 1–12.
Tyas, V. A., Maya, D., Wangi, S., Si, M., Astuti, A., Sos, S., & Kom, M. I. (2023). Penerapan Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar. Solidaritas, 6(2), 1–10. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7865
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 1–13.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v12i2.3280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id