Archives

2019

Cover Page

Vol 7, No 2 (2019): Avant Garde

Selamat datang di situs web resmi Jurnal Avant Garde, salah satu jurnal akademik
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Kehadiran Jurnal Avant Garde
adalah sebagai media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian ilmu
komunikasi. Di mana Jurnal Avant Garde terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu
setiap Juni dan Desember.
Keberadaan Jurnal Avant Garde dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Budi Luhur yaitu unggul dalam bidang pengembangan ilmu komunikasi sosial
budaya yang berlandaskan nilai-nilai kecerdasan dan nilai-nilai kebudiluhuran, didukung
teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2021. Dan untuk volume ini, Jurnal Avant
Garde menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis. Berisikan lima
artikel penelitian dari eksternal Fikom Universitas Budi Luhur dan dua artikel penelitian dari
internal Fikom Universitas Budi Luhur. Diharapkan Jurnal Avant Garde dapat menjadi sarana
pembelajaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai
kajian Ilmu Komunikasi.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap
penerbitan Jurnal Avant Garde. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu
saja pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa mendukung secara
maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde hingga volume 07.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini.
Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Salam Budi
Luhur.
Cover Page

Vol 7, No 1 (2019): Avant Garde

Puji syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini, yang telah memberikan
kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta
berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume 7 Nomor 1, Juni 2019. Keberadaan
Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi sarana pembelanjaran, referensi maupun
pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi.
Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah terkait jurnalisme,
iklan, hingga public relations. Artikel pertama ditulis oleh Dadang Sugiana dan Ira Mirawati,
Putri Trulline dari Universitas Padjajaran Bandung dengan judul artikel, Peran Ulama
Sebagai Opinion Leader di Pedesaan Dalam Menghadapi Informasi Hoaks. Artikel kedua
ditulis oleh Shintadevy Maryolein, Nadya Dwina Hapsari, Rani Chandra Oktaviani dari
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of Public Relations dengan judul,
Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta
Aquarium.
Sedangkan artikel ketiga ditulis oleh Aprilyanti Pratiwi dari Universitas Pancasila.
Judul artikelnya adalah Gaya Komunikasi Ahok Berdasarkan Perspektif Komunikasi Lintas
Budaya. Berikutnya artikel keempat berjudul, Representasi Gender Dalam Iklan Produgen
Versi ‘’Two Stories’’ di Facebook Fanpage. Artikel ini ditulis oleh Elisabeth Intan Natalia,
Rohmiati dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Artikel kelima berjudul, Kode Etik Jurnalistik Dan Independensi Produksi Program
Televisi Investigasi, yang ditulis oleh Suwadi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas
Budi Luhur. Sementara artikel keenam ditulis oleh Intan Mustafa dari Program Studi Ilmu
Komunikasi Universitas Nusa Nipa Maumere. Adapun judul artikelnya adalah Konsep Brain,
Beauty and Behavior (3B) pada Profesi Public Relations. Terakhir, artikel ketujuh berjudul,
Analisa Semiotika Terhadap Pembentukan Citra Diri Joko Widodo Melalui Media Sosial
Youtube. Artikel dengan pendekatan kualitatif ini ditulis oleh Jeanie Annissa dan Ricky
Widyananda Putra dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap
penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, mitra bestari, penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak
Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap
penerbitan Jurnal Avant Garde.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini.
Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami
kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin.

2018

Cover Page

Vol 6, No 2 (2018): Avant Garde

Puji syukur pada Allah SWT, pemilik ilmu di alam semesta ini yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume VI Nomor 2, Desember 2018. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian Ilmu Komunikasi.

Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah. Artikel pertama ditulis oleh Rahmawati Zulfiningrum dan Amida Yusriana dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Judul artikel mereka adalah NETWORK AND E-COMMERCE NET GENERATION: VLOGGING. Artikel kedua ditulis oleh Veronica Sri Utami dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, berjudul ONLINE STRATEGY OF PRINTED MEDIA COMPANY (Case Study of www.nirmalamagazine.com).

Artikel ketiga berjudul PEMANFAATAN MEDIA ONLINE BERITAJAKARTA.ID DALAM PUBLIKASI PROGRAM KERJA PEMPROV DKI JAKARTA, yang ditulis oleh Yumna Aisyah dan Rani Chandra Oktaviani, dari STIKOM London School of Public Relations Jakarta. Berikutnya artikel keempat berjudul, DUAL ROAD APPROACH OF THE ‘SUSPENDED DEAD’ BRAND XYZ SHAMPOO’S SOCIAL MEDIA TO CREATE ASSUMED BRAND AWARENESS, ditulis oleh Mohammad Ichsan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Sedangkan artikel kelima berjudul, KECERDASAN MENGGALI INFOMASI POLITIK DI MEDIA DIGITAL. Ditulis oleh Salman dan Syaifuddin dari Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. Artikel keenam ditulis oleh Luh Ketut Sri Laksmi dan Gracia Rachmi Adiarsi dari STIKOM London School of Public Relations Jakarta, yang berjudul PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERNAL DALAM KETERLIBATAN KARYAWAN DI SOHO SQUARE INDONESIA. Artikel ketujuh berjudul, IMPLEMENTASI PROGRAM AYO NAIK BUS OLEH PERUM DAMRI BANDUNG. Ditulis oleh Rizqi Wahyu Pratama, Hanny Hafiar, Centurion Chendy Priyatna dari Universitas Padjajaran Bandung.

Kesempatan ini, kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Terima kasih kami berikan kepada mitra bestari sebagai reviewer, para penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap keberlangsungan penerbitan Jurnal Avant Garde Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin.
Cover Page

Vol 6, No 1 (2018): Avant Garde

Puji syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini, yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume VI Nomor 1, Juni 2018. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi sarana pembelanjaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi.

Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah terkait jurnalisme, film, hingga public relations. Artikel pertama ditulis oleh Ahmad Toni, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, yang berjudul, Dimensi Persepsi Kepuasan Pelayanan Driver Gojek Dalam Perspektif ‘’Branding Strategy’’. Artikel kedua ditulis oleh Muhammad Aswan Zanynu. Dosen pada Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Haluoleo, Kendari, ini mengangkat judul artikel, Rasionalitas Naratif Dalam Memori Alternatif Media (Pembingkaian Peristiwa 1965 pada Berita Media Daring)

Sedangkan artikel ketiga ditulis oleh Santi Rahmawati dan Irmulan Sati Tomohardjo. dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta. Judul artikel mereka adalah Pola Lalu Lintas Informasi Komunitas Pengusaha Kampus Membentuk Gerakan Pengusaha Muda Beda Mendunia Melalui Whatsapp Messenger. Berikutnya artikel keempat berjudul, Konstruksi Makna Minoritas Dalam Interaksi Sosial Mahasiswa Etnis Tionghoa di Universitas Budi Luhur dan Universitas Bina Nusantara. Artikel ini ditulis oleh Ni Gusti Ayu Ketut Kurniasari, dosen tetap pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur.

Artikel kelima berjudul, Motif Penggunaan Radio Mora Oleh Komunitas Pendengar Amor di Kota Bandung Jawa Barat, yang ditulis oleh Henny Sri Mulyani R., dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Sementara artikel keenam ditulis oleh Efri Khoirunnisa Hartoyo dan Sumekar Tanjung, dari Universitas Islam Indonesia. Adapun judul artikelnya adalah Potret Perempuan Parangtritis Dalam Siti. Terakhir, artikel ketujuh berjudul, Bullying and Verbal-Nonverbal Communication Among A Group Of College Students. Artikel dengan pendekatan kualitatif ini ditulis oleh Siti Khadijah dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa Universitas Islam 45 Bekasi.

Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, mitra bestari, penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin

2017

Cover Page

Vol 5, No 2 (2017): AVANT GARDE

KOMUNIKASI ORGANISASI TATA KELOLA ANGGARAN DAERAH (Studi Kasus Festival Anggaran III-2017 Pada Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah)
Rachmi Kurnia Siregar, Wenny Maya Arlena
MANAGEMENT EVENT PROGRAM PARENTING MENGENAI PENGGUNAAN GADGET DAN INERNET BAGI ANAK-ANAK DI SD MUTIARA BUNDA
Abisha Akmal Pratama, Hanny Hafiar, FX. Ari Agung Prastowo
KLAIM HALAL DAN MAKNA HIJRAH PADA IKLAN PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF IBU-IBU MUSLIMAH
Alma Mandjusri
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MUHAMMAD DI MADINAH
Ayu Usada Rengkaningtias
ANALISIS VISUAL GAME ARENA OF VALOR SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KONSEP VISUAL GAME
Ricky Widyananda Putra, Benny Muhdaliha
STRUKTUR FILM (Struktur Film Eiffel... I’m in Love)
Budiman Akbar
KOMUNIKASI PROMOSI BERSAMA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN WARINGIN KURUNG
Restu Wahyuni, Rachmi Yulianti
Cover Page

Vol 5, No 1 (2017): AVANT GARDE

Jurnalisme dalam Kerangka Memori Kolektif
Muhammad Aswan Zanynu
DARI PRASANGKA HINGGA DISKRIMINASI: MENYOAL STIGMA SESAT DAN KEKERASAN TERHADAP AHMADIYAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI
Halimatusa’diah Halimatusa’diah
Konstruksi Keindonesiaan Dalam Film Tjokroaminoto
Ahmad Toni
PERANCANGAN KAMPANYE KOMUNIKASI KALENDER TANAM (KATAM) DALAM UPAYA ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM
Abdul Azis, Muhamad Isnaini, Yuhdi Fahrimal, Mohammad Alhabieb Alhafidz
PERSONAL SELLING CROWN GROUP AUSTRALIA KEPADA CALON PEMBELI DI INDONESIA
Gracia Rachmi Adiarsi, Clara Olivia
PENGGUNAAN SMS SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KONSULTASI KESEHATAN BAGI MASYARAKAT PEDESAAN
Uud Wahyudin, Eni Maryani
PENGARUH KREDIBILITAS AGEN ASURANSI TERHADAP SIKAP NASABAH DALAM MEMBELI POLIS (Analisis Regresi mengenai keterpercayaan, keahlian dan daya tarik agen asuransi terhadap sikap pemilik asuransi di Kota Sukabumi)
Witanti Prihatiningsih, Fitria Ayuningtyas

2016

Cover Page

Vol 4, No 2 (2016): Avant Garde

IMPLEMENTATION OF RADIO URBANRKM 99.5 FM REBRANDING TO CREATE COMPANY’S NEW IMAGE
Karina Putri Palasari Triyana, Aan Setiadarma
IMPLIKASI PEMBERITAAN LESBIAN GAY BISEKSUAL TRANSGENDER (LGBT) PADA AKTIVITAS LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT
Denada Faraswacyen L. Gaol
PERSEPSI APARATUR PEMERINTAH TENTANG KUALIFIKASI PROFESI HUMAS
Kokom Komariah, Aat Ruchiat Nugraha, Susie Perbawasari
KAJIAN TRANSFORMASI VISUAL DESAIN KARAKTER BULBASAUR PADA GAME POKEMON GO GENERASI I
Ricky Widyananda Putra
PERAN HUMAS RADIO ‘JAWA’ SAFARI 1134 AM DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN BANK JATENG
Riyodina Pratikto
INTERPERSONAL COMMUNICATION HUSBAND WIFE (Case Study: Why of affair between husband and wife)
Swastiningsih Swastiningsih
KEKUATAN MEDIA SEBAGAI AKTOR POLITIK PEMERINTAH DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT
Tatik Yuniarti
Cover Page

Vol 4, No 1 (2016): AVANT GARDE

AVANT GARDE VOL 4 NO 1 2016 Tulisan pertama dan kedua terkait kajian Komunikasi Politik yaitu tulisan Umaimah Wahid dari Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta yang berjudul, THE ABSENCE OF WOMEN’S POWER IN POLITICAL COMMUNICATION IN DKI JAKARTA GOVERNOR ELECTION, dan tulisan Lestari Nurhajati dari LSPR Jakarta yang berjudul, CALON TUNGGAL DAN KOMUNIKASI POLITIK PARTAI DALAM PILKADA SERENTAK 2015 DI INDONESIA. Tulisan ketiga dan keempat lebih pada kajian Public Relations. Tulisan ketiga ditulis oleh Tria Dara Barlian, Hanny Hafiar, Diah Fatma S. (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran) dengan judul, PENANGANAN PENGEMBALIAN KEPERCAYAAN INVESTOR MELALUI MANAJEMEN KRISIS OLEH BADAN PENGUSAHAAN BATAM. Sementara Eko Putra Boediman dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur menulis tentang PRINSIP-PINSIP ISLAM DALAM AKTIFITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DI AGEN PERJALANAN. Tiga tulisan berikutnya masing-masing berjudul, DUNIA BENTUKAN ORANG TUA : Kajian Fenomenologi tentang Isolasi Sosial Terhadap Anak dan Pembentukan Konsep Diri Serta Karakter Anak, oleh Pandan Yudhapramesti (Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran); PEMAKNAAN NASIONALISME BUDAYA DALAM IKLAN (Studi Resepsi pada Iklan Djarum versi Bull Race, Telkomsel versi Halmahera dan You C1000 versi Miss Universe) oleh Artyasto Jatisidi (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo); dan tulisan berjudul, KONSTRUKSI PEMBINGKAIAN BERITA KASUS IBU SAENI VERSUS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DI KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID, oleh Laksmi Rachmaria (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur).

2015

Cover Page

Vol 3, No 2 (2015): AVANT GARDE

MODEL KOMUNIKASI KELUARGA PADA ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM PENGASUHAN ANAK BALITA
Afrina Sari
KAJIAN SEMIOTIKA PERANG TANDA DALAM PERSAINGAN CONVENIENCE STORE GERAI 7-ELEVEN DAN INDOMART POINT
Lidya Wati Evelina, Daniel Wiguna
KEARIFAN LOKAL JAGAD CILIK JAGAD GEDHE SEBAGAI DOKTRIN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
Liza Dwi Ratna Dewi
MODEL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA NUSA TENGGARA TIMUR DENGAN PENDUDUK TAMBAK BAYAN YOGYAKARTA PASCA PERISTIWA SEBONGAN
Mario Yohanes Paulus Riberu, Puji Lestari, Christina Rochayanti
ANALISIS PERCAKAPAN DALAM PROGRAM DEBAT KANDIDAT PEMILIHAN KEPALA DAERAH JAWA TIMUR
Ruisah Ruisah
MENYOAL REGULASI PENYIARAN DIGITAL (Studi terhadap Kepentingan Publik dalam Regulasi Televisi Digital di Indonesia)
Vinna Waty Sutanto, Salim Alatas
Avant Garde edisi Nomor Volume 3 Nomor 1, Juli 2015 adalah publikasi artikelartikel yang pertama di tahun 2014 dan merupakan publikasi ke-3 dari keseluruhan publikasi. Dengan tulisan ini, kami harapkan dapat memberikan pencerahan bagi pembaca jurnal yang

Vol 3, No 1 (2015): AVANT GARDE

Redaksi jurnal Avant Garde menyajikan tulisan-tulisan yang bertemakan fenomena penggunaan Informasi melalui media internet oleh para remaja yang ditulis oleh Agus Ganjar Runtiko, Dian Bestari Santi Rahayu, dan Wiwiek Novianti dengan judul artikel: Perilaku Informasi Pelajar SMK Bakti Purwokerto (Studi SMK Bakti Students Informasi Behaviour Outside The School). Artikel kedua dengan judul tulisan: Pemaknaan Agama Sebagai Hasil Interaksi Antar Anggota Komunitas Punk Muslim yang ditulis oleh Megi Primagara yang merupakan publikasi dari hasil penelitian Tesis (Magister Ilmu Komunikasi). Kajian menarik tentang pelanggaran sejumlah acara televisi nasional ditulis oleh Ahmad Toni dan Rini Lestari dengan judul: Relasi Pelanggaran Content Televisi dan Komodifikasi Media, Studi Atas Pelanggaran Program Acara Televisi Nasional Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Fenomena satuan polisi pamong praja menjadi tema tulisan dari Denada Faraswacyen L. Gaol dengan judul: Upaya Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta dalam Melakukan Komunikasi Persuasif Pada Penertiban Pedagang Kaki Lima Pasar Kebayoran Lama. Sementara kajian media dan budaya menjadi hal yang unik yang ditulis oleh Rahmat Baihaky dengan judul tulisan: Media Sebagai Institusi Budaya, Studi kritis Atas Televisi Berita Nasional TVOne dan Metro TV Dalam Pemenuhan Kepentingan Publik. Tulisan kajian budaya dengan penelusuran sejarah menjadi tema tulisan dari Bintarto Wicaksono  dengan judul: Transformasi Budaya Dalam Dolanan Anak Taman Siswa Yogyakarta. Tulisan terakhir dalam jurnal ini dengan kajian kritis mengenai media ditulis oleh Lina Wati dengan judul artikel: Representasi Perempuan Dalam Media Massa. 


2014

Cover Page

Vol 2, No 2 (2014): AVANT GARDE

Avant Garde edisi nomer 2 Volume 2 Desember 2014 adalah publikasi ke 3 dan diharapkan mampu memberikan kontribusi pemikiran bagi kajian Ilmu Komunikasi bagi kalangan akademisi Ilmu Komunikasi di Indonesia. Avant Garde diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kajian Ilmu Komunikasi di Kalangan praktisi di Indonesia.

Redaksi menyajikan edisi kali ini dengan kajian yang beragam dengan tema-tema artikel ilmiah dalam bidang periklanan dan public relations yang ditulis oleh: Jannete M. Pinariya dan Era Pracillia dengan judul: Celebrity Endorsement on Attitude Formation of Brand Shampoo, Research on Midlle Class Consumer in Jakarta. Tulisan dengan judul: Perspektif kritis Ekonomi Politik Media, Konglomerasi, Regulasi dan Ideologi yang ditulis oleh Hendra Alfani mencoba melihat dan mengkritisi perkembangan ekonomi politik media di Indonesia dalam perspektif yang mendalam. Selanjutnya tulisan dari Aprilia Dwi Eristiani dan Ratih Hasanah menampilkan detail efek game online dalam dimensi kalangan pencinta game yang memberikan efek negative dalam artikel berujudul: Perilaku Bermain Mobile Game Online Line Pokopanh Pada Mahasiswi Universitas Telkom. Sementara Suryadi Marthadinata mencoba melihat persoalan  komunikasi politik kepemimpinan Jokowi dalam perspektif Interaksi simbolik dalam tulisan yang berjudul: fenomena Jokowi dan Dahaga Idealisme Pemimpin Hebat, Kajian Interaksionalisme dalam Kepemimpinan Pada Era Reformasi. Arif Ruslan memetakan personal seni dalam dimensi kajian Ilmu Komunikasi dalam artikel berjudul; Struktur Narasi Media Game ‘Warcraft 3; Reign of Chaos. Studi Pada media Seni Kontemporer. Artikel yang ditulis oleh Ita Suryani dalam tulisan berjudul: Peran Media Film Sebagai Media Kampanye Lingkungan Hidup, Studi kasus Pada Film Animasi 3D India “Delhi Safari” mencoba untuk menganalisis kampanye modern melalui film.


1 - 11 of 11 Items