Archives

2023

Cover Page

Vol 11, No 1 (2023): Avant Garde

Salam Budi Luhur. Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan pemilik segala ilmu. Berkat bimbingan-Nya Jurnal Avant Garde Volume 11, Nomor 1, Juni 2023 berhasil diterbitkan. Jurnal Avant Garde yang biasanya terbit pada awal bulan, pada edisi ini agak mundur, namun masih dapat kami terbitkan dalam bulan Juni 2023.

Hal yang perlu kami sampaikan adalah karena kami memproses seluruh artikel yang masuk menunggu kepastian hasil reakreditasi. Berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Nomor: 0187/E5.3/HM.01.00/2023 tertanggal 12 Maret 2023, yang kami terima tanggal 28 Maret 2023, jurnal Avant Garde dinyatakan terakreditasi SINTA 4. Dengan demikian Jurnal Avant Garde posisi akreditasi bertahan di SINTA4. Alhamdulillah.

Terima kasih patut kami haturkan kepada Mas Fajar Saputra dari Relawan Jurnal Indonesia, Dr. Nawiroh Vera, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi & Desain Kreatif yang menjabat ketika proses re-akreditasi dilakukan, beliau berdua banyak memberikan masukan dan kritikan membangun dalam proses persiapan re-akreditasi maupun pengelolaan jurnal ke depan.

Untuk “tim dapur” Jurnal Avant Garde, terima kasih juga kami patut sampaikan kepada tim reviewer yang bersedia memberikan review artikel dengan “diburu-buru” karena kami memulai proses setelah kepastian hasil re-akreditasi. Kepada seluruh tim editorial, terima kasih atas kerjasama yang luar biasa dan saling mengingatkan untuk terus mempertahankan kualitas Jurnal Avant Garde. Pada Volume 11 Nomor 1, Juni 2023 terbit dengan 4 artikel berkaitan dengan media sosial, 3 artikel berkaitan dengan televisi, 2 artikel berkaitan dengan radio/media audio, dan 1 berkaitan dengan game.

Last but not least, terima kasih kami sampaikan kepada Dekan baru Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif, Dr. Rocky Prasetyo Jati, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino, yang terus mendukung eksistensi Jurnal Avant Garde, dan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti sebagai pendukung pendanaan Jurnal Avant Garde. Berkat dukungan moril dan materiil dari, para pejabat berwenang ini, Jurnal Avant Garde Volume 11, Nomor 1, Juni 2023 ini dapat terwujud.


2022

Cover Page

Vol 10, No 2 (2022): Avant Garde

Salam Budi Luhur. Patut disyukuri bahwa pada Volume 10 Nomor 2, Desember 2022 untuk ketiga kali Jurnal Avant Garde berhasil terbit dengan 10 artikel. Sebelumnya Jurnal Avant Garde terbit dengan 7 artikel. Peningkatan kapasitas ini diniatkan agar Jurnal Avant Garde dapat meningkatkan manfaat bagi kalangan akademisi yang dituntut untuk mempublikasikan tulisannya dalam jurnal, dan turut andil dalam pengembangan Ilmu Komunikasi.

Pada edisi ini, enam artikel berkaitan dengan media sosial yaitu YouTube, Instagram, dan Influencer. Empat artikel lain membahas topik: Munculnya tren berita clickbait yang berdampak buruk terhadap praktek jurnalistik; Bagaimana para lansia harus beradaptasi dengan aplikasi PeduliLindungi; Drama Korea sebagai alternatif media hiburan saat pandemi; Dan satu artikel berkaitan dengan fashion sebagai representasi konsep diri. Selamat kepada semua penulis yang telah “berjuang” melalui semua proses yang tidak mudah hingga artikel dapat diterbitkan.

Terima kasih kami haturkan kepada semua tim editor dan para mitra bestari yang telah membantu proses pengolahan artikel; Dekan Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif yang selalu memonitor perkembangan Jurnal Avant Garde; Rektor Universitas Budi Luhur yang mendukung perkembangan Jurnal Avant Garde dan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti sebagai pendukung pendanaan Jurnal Avant Garde. Berkat kerja sama dan dukungan berbagai pihak, dan bimbinganNya jurnal Avant Garde Volume 10, Nomor 2, Desember 2022 ini dapat terwujud. Alhamdulillah.

Cover Page

Vol 10, No 1 (2022): Avant Garde

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan pemilik segala ilmu. Berkat bimbingan-Nya Jurnal Avant Garde Volume 10, Nomor 1, Juni 2022 berhasil diterbitkan. Dalam proses pengolahan edisi Juni 2022 ini, banyak perubahan yang terjadi di “dapur” jurnal Avant Garde. Antara lain pergantian di posisi Editor In Chief  dari Ibu Indah Suryawati, M. Si. ke Ibu Liza Dwi Ratna Dewi, M. Si.; dan Section Editor dari Ibu DR. Nawiroh Vera ke Bapak Eko Putra Boediman, M.IKom. Selain itu perubahan juga terjadi pada nama Fakultas yang menaungi Jurnal Avant Garde dari Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif. 

Untuk itu kami menghaturkan terima kasih kepada Ibu Indah Suryawati M.Si. dan Ibu DR. Nawiroh Vera dan seluruh tim yang telah membimbing proses editing penerbitan edisi Juni 2022 ini. Terima kasih juga kami haturkan kepada para mitra bestari Prof. Deddy Mulyana, Ph.D., Dr. Aan Widodo, Dr. Turnomo Rahardjo, M.Si., Dr. Hanny Hafiar, M.Si., Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si., Dr. Azwan Zanynu, Dr. Nawiroh Vera, Dr. Umaimah Wahid, M.Si., Dr. Dudy Iskandar, M.Ikom., dan Denik Iswardani Witarti Ph.D. yang tetap bersedia memberikan waktu dan ilmunya bagi keberadaan Jurnal Avant Garde. Tak lupa juga kami haturkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa memberikan dukungan penerbitan Jurnal Avant Garde ini. 

Jurnal Avant Garde Volume 10, Nomor 1, Juni 2022 ini terbit dengan 7 artikel dari eksternal dan 3 artikel dari internal. Sebagai edisi “estafet” yang diselingi libur panjang Idul Fitri 2022, kami mohon maaf bila artikel-artikel yang terkirim pada awal tahun, baru tergarap intensif setelah lebaran. Kesempurnaan hanya milik Tuhan, oleh karena itu pengelola Jurnal Avant Garde terbuka terhadap kritik membangun dan saran perbaikan. Salam Budi Luhur.


2021

Cover Page

Vol 9, No 2 (2021): Avant Garde

Syukur tiada terkira, berkat pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, Jurnal Avant Garde terbit untuk Volume 9 No 2, Desember 2021. Inilah salah satu jurnal akademik yang dimiliki Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Budi Luhur Jakarta. Hadir sebagai media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian Ilmu Komunikasi. Terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu setiap Juni dan Desember.
Keberadaan Jurnal Avant Garde dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yaitu menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi yang berwawasan global di bidang komunikasi sosial budaya berbasis kewirausahaan, teknologi dan cerdas berbudi luhur pada tahun 2025.
Mulai volume 9 No 2 Desember 2021, Jurnal Avant Garde yang biasanya secara konsisten menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis pada setiap volumenya, kali ini berisikan sepuluh artikel penelitian. Tiga artikel berasal dari internal Fikom Universitas Budi Luhur dan tujuh artikel penelitian dari eksternal Fikom Universitas Budi Luhur.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu saja pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde hingga Volume 9 No 2, Desember 2021.
Tak ada gading yang tak retak, begitu juga tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Selamat menyambut Tahun Baru 2022. Semoga kehidupan di tahun depan lebih baik lagi. Salam Budi Luhur.

Cover Page

Vol 9, No 1 (2021): Avant Garde

Salam Budi Luhur. Selamat datang di situs web resmi Jurnal Avant Garde, salah satu jurnal akademik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Puji syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini, yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume 9 Nomor 1, Juni 2021. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi. Lebih khusus lagi sebagai wadah untuk mendukung pengembangan komunikasi sosial budaya yang berlandaskan nilai-nilai kecerdasan, nilai kebudiluhuran, didukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari misi Fakultas llmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, penulis, reviewer, editor, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin


2020

Cover Page

Vol 8, No 2 (2020): Avant Garde

Puji Syukur Tuhan Yang Maha Esa, Jurnal Avant Garde terbit untuk Volume 8 No 2, Desember 2020. Inilah web resmi jurnal akademik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Jurnal Avant Garde hadir sebagai media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian Ilmu Komunikasi. Terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu setiap Juni dan Desember.
Keberadaan Jurnal Avant Garde dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yaitu menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi yang unggul dalam bidang komunikasi sosial budaya berlandaskan nilai-nilai kecerdasan, berbudi luhur, didukung teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2021.
Jurnal Avant Garde secara konsisten menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis pada setiap volumenya. Berisikan lima artikel penelitian dari eksternal Fikom Universitas Budi Luhur dan dua artikel penelitian dari internal Fikom Universitas Budi Luhur.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu saja pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde hingga Volume 08 No 2, Desember 2020.
Tak ada gading yang tak retak, begitu juga tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Selamat menyambut Tahun Baru 2021. Semoga kehidupan di tahun depan lebih baik lagi. Salam Budi Luhur.

Cover Page

Vol 8, No 1 (2020): Avant Garde

Selamat datang di situs web resmi Jurnal Avant Garde, salah satu jurnal akademik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas terbitnya Jurnal Avant Garde Volume 8 No 1, Juni 2020. Jurnal Avant Garde adalah sebagai media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian ilmu komunikasi. Di mana Jurnal Avant Garde terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu setiap Juni dan Desember.
Keberadaan Jurnal Avant Garde dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yaitu unggul dalam bidang pengembangan ilmu komunikasi sosial budaya yang berlandaskan nilai-nilai kecerdasan dan nilai-nilai kebudiluhuran, didukung teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2021. Dan untuk volume ini, Jurnal Avant Garde menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis. Berisikan lima artikel penelitian dari eksternal Fikom Universitas Budi Luhur dan dua artikel penelitian dari internal Fikom Universitas Budi Luhur. Diharapkan Jurnal Avant Garde dapat menjadi sarana pembelajaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi, terutama yang berkaitan dengan perkembangan tehnologi media komunikasi.
Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu saja pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde hingga volume 8.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Salam Budi Luhur.


2019

Cover Page

Vol 7, No 2 (2019): Avant Garde

Selamat datang di situs web resmi Jurnal Avant Garde, salah satu jurnal akademik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Kehadiran Jurnal Avant Garde adalah sebagai media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian ilmu komunikasi. Di mana Jurnal Avant Garde terbit secara periodik dua kali dalam setahun yaitu setiap Juni dan Desember. Keberadaan Jurnal Avant Garde dibuat sejalan dengan visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yaitu unggul dalam bidang pengembangan ilmu komunikasi sosial budaya yang berlandaskan nilai-nilai kecerdasan dan nilai-nilai kebudiluhuran, didukung teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2021. Dan untuk volume ini, Jurnal Avant Garde menyediakan tujuh artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis. Berisikan lima artikel penelitian dari eksternal Fikom Universitas Budi Luhur dan dua artikel penelitian dari internal Fikom Universitas Budi Luhur. Diharapkan Jurnal Avant Garde dapat menjadi sarana pembelajaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi. Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Yakni, mitra bestari, penulis, editor, kru redaksi, dan tentu saja pihak Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde hingga volume 07. Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh pihak pengelola jurnal. Salam Budi Luhur.

Cover Page

Vol 7, No 1 (2019): Avant Garde

Puji syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini, yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume 7 Nomor 1, Juni 2019. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi sarana pembelanjaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi. Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah terkait jurnalisme, iklan, hingga public relations. Artikel pertama ditulis oleh Dadang Sugiana dan Ira Mirawati, Putri Trulline dari Universitas Padjajaran Bandung dengan judul artikel, Peran Ulama Sebagai Opinion Leader di Pedesaan Dalam Menghadapi Informasi Hoaks. Artikel kedua ditulis oleh Shintadevy Maryolein, Nadya Dwina Hapsari, Rani Chandra Oktaviani dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of Public Relations dengan judul, Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium. Sedangkan artikel ketiga ditulis oleh Aprilyanti Pratiwi dari Universitas Pancasila. Judul artikelnya adalah Gaya Komunikasi Ahok Berdasarkan Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Berikutnya artikel keempat berjudul, Representasi Gender Dalam Iklan Produgen Versi ‘’Two Stories’’ di Facebook Fanpage. Artikel ini ditulis oleh Elisabeth Intan Natalia, Rohmiati dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta Artikel kelima berjudul, Kode Etik Jurnalistik Dan Independensi Produksi Program Televisi Investigasi, yang ditulis oleh Suwadi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur. Sementara artikel keenam ditulis oleh Intan Mustafa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Nipa Maumere. Adapun judul artikelnya adalah Konsep Brain, Beauty and Behavior (3B) pada Profesi Public Relations. Terakhir, artikel ketujuh berjudul, Analisa Semiotika Terhadap Pembentukan Citra Diri Joko Widodo Melalui Media Sosial Youtube. Artikel dengan pendekatan kualitatif ini ditulis oleh Jeanie Annissa dan Ricky Widyananda Putra dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur. Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, mitra bestari, penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde. Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin.


2018

Cover Page

Vol 6, No 2 (2018): Avant Garde

Puji syukur pada Allah SWT, pemilik ilmu di alam semesta ini yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume VI Nomor 2, Desember 2018. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi media pertukaran informasi serta pengetahuan yang berlandaskan kajian Ilmu Komunikasi.

Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah. Artikel pertama ditulis oleh Rahmawati Zulfiningrum dan Amida Yusriana dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Judul artikel mereka adalah NETWORK AND E-COMMERCE NET GENERATION: VLOGGING. Artikel kedua ditulis oleh Veronica Sri Utami dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, berjudul ONLINE STRATEGY OF PRINTED MEDIA COMPANY (Case Study of www.nirmalamagazine.com).

Artikel ketiga berjudul PEMANFAATAN MEDIA ONLINE BERITAJAKARTA.ID DALAM PUBLIKASI PROGRAM KERJA PEMPROV DKI JAKARTA, yang ditulis oleh Yumna Aisyah dan Rani Chandra Oktaviani, dari STIKOM London School of Public Relations Jakarta. Berikutnya artikel keempat berjudul, DUAL ROAD APPROACH OF THE ‘SUSPENDED DEAD’ BRAND XYZ SHAMPOO’S SOCIAL MEDIA TO CREATE ASSUMED BRAND AWARENESS, ditulis oleh Mohammad Ichsan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Sedangkan artikel kelima berjudul, KECERDASAN MENGGALI INFOMASI POLITIK DI MEDIA DIGITAL. Ditulis oleh Salman dan Syaifuddin dari Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. Artikel keenam ditulis oleh Luh Ketut Sri Laksmi dan Gracia Rachmi Adiarsi dari STIKOM London School of Public Relations Jakarta, yang berjudul PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERNAL DALAM KETERLIBATAN KARYAWAN DI SOHO SQUARE INDONESIA. Artikel ketujuh berjudul, IMPLEMENTASI PROGRAM AYO NAIK BUS OLEH PERUM DAMRI BANDUNG. Ditulis oleh Rizqi Wahyu Pratama, Hanny Hafiar, Centurion Chendy Priyatna dari Universitas Padjajaran Bandung.

Kesempatan ini, kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Terima kasih kami berikan kepada mitra bestari sebagai reviewer, para penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap keberlangsungan penerbitan Jurnal Avant Garde Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin.

Cover Page

Vol 6, No 1 (2018): Avant Garde

Puji syukur pada Allah, pemilik ilmu di alam semesta ini, yang telah memberikan kemudahan hingga akhirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta berhasil mempublikasikan Jurnal Avant Garde Volume VI Nomor 1, Juni 2018. Keberadaan Jurnal Avant Garde diharapkan dapat menjadi sarana pembelanjaran, referensi maupun pencerahan bagi segenap sarjana Ilmu Komunikasi mengenai kajian Ilmu Komunikasi.

Redaksi Jurnal Avant Garde menyajikan tujuh artikel ilmiah terkait jurnalisme, film, hingga public relations. Artikel pertama ditulis oleh Ahmad Toni, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, yang berjudul, Dimensi Persepsi Kepuasan Pelayanan Driver Gojek Dalam Perspektif ‘’Branding Strategy’’. Artikel kedua ditulis oleh Muhammad Aswan Zanynu. Dosen pada Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Haluoleo, Kendari, ini mengangkat judul artikel, Rasionalitas Naratif Dalam Memori Alternatif Media (Pembingkaian Peristiwa 1965 pada Berita Media Daring)

Sedangkan artikel ketiga ditulis oleh Santi Rahmawati dan Irmulan Sati Tomohardjo. dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta. Judul artikel mereka adalah Pola Lalu Lintas Informasi Komunitas Pengusaha Kampus Membentuk Gerakan Pengusaha Muda Beda Mendunia Melalui Whatsapp Messenger. Berikutnya artikel keempat berjudul, Konstruksi Makna Minoritas Dalam Interaksi Sosial Mahasiswa Etnis Tionghoa di Universitas Budi Luhur dan Universitas Bina Nusantara. Artikel ini ditulis oleh Ni Gusti Ayu Ketut Kurniasari, dosen tetap pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur.

Artikel kelima berjudul, Motif Penggunaan Radio Mora Oleh Komunitas Pendengar Amor di Kota Bandung Jawa Barat, yang ditulis oleh Henny Sri Mulyani R., dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Sementara artikel keenam ditulis oleh Efri Khoirunnisa Hartoyo dan Sumekar Tanjung, dari Universitas Islam Indonesia. Adapun judul artikelnya adalah Potret Perempuan Parangtritis Dalam Siti. Terakhir, artikel ketujuh berjudul, Bullying and Verbal-Nonverbal Communication Among A Group Of College Students. Artikel dengan pendekatan kualitatif ini ditulis oleh Siti Khadijah dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa Universitas Islam 45 Bekasi.

Ucapan terima kasih layak disematkan kepada semua pihak yang berjasa terhadap penerbitan jurnal edisi ini. Yakni, mitra bestari, penulis, kru redaksi, dan tentu saja pihak Rektorat Universitas Budi Luhur yang senantiasa mendukung secara maksimal terhadap penerbitan Jurnal Avant Garde.
Tak ada yang sempurna dalam karya manusia, termasuk dalam penyusunan jurnal ini. Oleh sebab itu, kritik dan saran sangat dinanti oleh redaksi. Hanya kepada Allah SWT kami kembalikan semuanya. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua. Amiin


2017

Cover Page

Vol 5, No 2 (2017): AVANT GARDE

KOMUNIKASI ORGANISASI TATA KELOLA ANGGARAN DAERAH (Studi Kasus Festival Anggaran III-2017 Pada Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah)
Rachmi Kurnia Siregar, Wenny Maya Arlena
MANAGEMENT EVENT PROGRAM PARENTING MENGENAI PENGGUNAAN GADGET DAN INERNET BAGI ANAK-ANAK DI SD MUTIARA BUNDA
Abisha Akmal Pratama, Hanny Hafiar, FX. Ari Agung Prastowo
KLAIM HALAL DAN MAKNA HIJRAH PADA IKLAN PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF IBU-IBU MUSLIMAH
Alma Mandjusri
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MUHAMMAD DI MADINAH
Ayu Usada Rengkaningtias
ANALISIS VISUAL GAME ARENA OF VALOR SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KONSEP VISUAL GAME
Ricky Widyananda Putra, Benny Muhdaliha
STRUKTUR FILM (Struktur Film Eiffel... I’m in Love)
Budiman Akbar
KOMUNIKASI PROMOSI BERSAMA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN WARINGIN KURUNG
Restu Wahyuni, Rachmi Yulianti
Cover Page

Vol 5, No 1 (2017): AVANT GARDE

Jurnalisme dalam Kerangka Memori Kolektif
Muhammad Aswan Zanynu
DARI PRASANGKA HINGGA DISKRIMINASI: MENYOAL STIGMA SESAT DAN KEKERASAN TERHADAP AHMADIYAH DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI
Halimatusa’diah Halimatusa’diah
Konstruksi Keindonesiaan Dalam Film Tjokroaminoto
Ahmad Toni
PERANCANGAN KAMPANYE KOMUNIKASI KALENDER TANAM (KATAM) DALAM UPAYA ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM
Abdul Azis, Muhamad Isnaini, Yuhdi Fahrimal, Mohammad Alhabieb Alhafidz
PERSONAL SELLING CROWN GROUP AUSTRALIA KEPADA CALON PEMBELI DI INDONESIA
Gracia Rachmi Adiarsi, Clara Olivia
PENGGUNAAN SMS SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KONSULTASI KESEHATAN BAGI MASYARAKAT PEDESAAN
Uud Wahyudin, Eni Maryani
PENGARUH KREDIBILITAS AGEN ASURANSI TERHADAP SIKAP NASABAH DALAM MEMBELI POLIS (Analisis Regresi mengenai keterpercayaan, keahlian dan daya tarik agen asuransi terhadap sikap pemilik asuransi di Kota Sukabumi)
Witanti Prihatiningsih, Fitria Ayuningtyas

1 - 13 of 13 Items