Strategi Endorsement Pada Bisnis Online Fivefourite.Wear Di Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Pakaian
Abstract
Fivefourite.wear adalah salah satu bisnis online di bidang fashion. Saat ini, industri fashion sangat kompetitif, terutama di platform media sosial seperti Instagram yang mana merek-merek harus bersaing untuk dapat menarik dan mempertahankan pelanggan. Fivefourite.wear memilih menggunakan pemasaran endorsement di media sosial Instagram untuk meningkatkan penjualannya di tengah persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi endorsement pada bisnis online Fivefourite.wear di media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan produk fashion pakaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk wawancara mendalam (in-depth interview) dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi dan observasi peneliti di media sosial Instagram Fivefourite.wear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran endorsement Fivefourite.wear di Instagram sesuai dengan konsep AIDA. Pada tahap pertama, Attention, strategi ini berhasil menarik perhatian target pasar melalui pemilihan target pasar, platform, endorser, dan sistem endorsement yang tepat. Pada tahap Interest, digunakan untuk membangun minat yang lebih dalam pada calon konsumen dengan menghasilkan konten visual menarik, membangun interaksi, dan menentukan waktu endorsement yang tepat. Pada tahap Desire, Fivefourite.wear mengubah minat menjadi keinginan nyata dengan memberikan promosi menarik dan membagikan testimoni positif. Terakhir, pada tahap Action, digunakan untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian dengan mempermudah proses pembelian dari pihak mereka maupun endorser, menyediakan link pembelian, dan menjelaskan cara pembelian produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriliyanti, R. (2020). Pemanfaatan Endorsement Melalui Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Produk@ Plistia_Store. Doctoral Dissertation, UIN AR-RANIRY.
Andriansyah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. CV. Cendekia Press.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Gramedia Pustaka Umum.
Azizah, R. N., & Sidik, A. P. (2020). Azizah, R. N., & Sidik, A. P. (2020). Perilaku Pencarian Informasi Produk Fashion Melalui Media Sosial Instagram. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 1(1), 11-23.
Basthiyati, A., & Amin Awal Amarudin, H. (2023). Impelentasi Strategi Pemasaran Via Endorsement Instagram. In Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam | (Vol. 6, Issue 1).
Basuki, S. (2006). Metode Penelitian Wedatama Widya Sastra. Wedatama Widya Sastra.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Belajar.
Edraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra, Epistimologi, Modern, Teori, dan Aplikasi. Medpress.
Firdayanti, A., Amalia Putri, D., Risuandi, D., Niar Ramadhini, R., Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M., Bhayangkara Jakarta Raya, U., & Penulis, K. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI: PROMOSI DAN ENDORSEMENT. 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Frenti, D., & Hutabarat, O. (2021). Peran Penggunaan E-Commerce Shopee Terhadap Penjualan Pada Bisnis Fashion.
Haidar, N. F. , & Martadi, M. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. Barik, 2(2), 121-134.
Hanindharputri, M. A., Sagung, A. A., & Pradnyanita, I. (2021). Konten Visual Instagram Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Baru. https://www.Instagram.com/omosnackbali,
Hapsari, Raditha Dwi Vata, & Rila Anggraeni. (2020). Entrepreneurial Marketing. Malang: UB Press.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lia Herliani. (2015). Analisis Pemanfaatan Studi Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Anggota Busam. Universitas Mulawarman.
Mashuri, M. , & N. D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112.
Maulidia, F. A. (2020). Pelaksanaan Endorsment Melalui Influencer Yang Mempromosikan Kosmetik Di Instagram Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Universitas Negeri Semarang.
Muarifin, M. S., Anjani, R. D., Asbari, M., & Putratama, A. R. N. (2023). Bisnis Online: Saving The Future. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 86–90. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.52
Muzdalifah, L., & Ilmiah, H. (2020). PENGARUH TESTIMONI DAN DAYA TARIK INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Lsinta Muslim Wedding). 2(2). www.dewaweb.comtentang
Nuriasari, S., Stain, M., & Metro, J. S. (2013). Bisnis Online Dalam Perspektif Islam.
Ruth, D., & Candraningrum, A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.
Salinjaman, I. W. (2021). Analisis penggunaan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) pada iklan sosial media Instagram terhadap keputusan pembelian produk Eiger di kota Bandar Lampung.
Saputera, R., & Daniel Tamburian, H. H. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Endorser dalam Membangun Citra Diri. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-
Satrio, D., & Darojah, N. (2020). EFEKTIFITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK.
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved.
Sri Widyastuti. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. FEB-UP Press.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suleman, D., Imelda Sari, Taat Kuspriyono, & Dedi Suharyadi. (2021). Pelatihan Trik Pemasaran Dengan Meningkatkan Pendapatan Melalui Media Sosial. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.92
Untari, D., & Handani, S. S. (2022). Endorsement Sebagai Trend Pemasaran Modern Melalui Media Sosial Pada Akun Instagram Awkarin (Vol. 2, Issue 4).
We Are Social. (2023a). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Databoks.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
We Are Social. (2023b). WhatsApp Masih Menjadi Media Sosial Terfavorit di Indonesia. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/whatsapp-masih-menjadi-media-sosial-terfavorit-di-indonesia
Wibowo, A., Setia Utami, B., & Pratiwi, P. (2020). PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY TUKANG SAYOER ONLINE SEBAGAI UPAYA MENAIKKAN BRAND AWARENESS.
Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @right.store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v12i2.3282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id