Analisis Konten Strategi Komunikasi dalam Membangun Brand Awareness pada akun Tiktok @TOKOKARUNGJANTAN
Abstract
Perkembangan teknologi di era modern sangat berkembang yang membuat beberapa pengusaha memiliki beragam cara untuk mempromosikan produk mereka salah satunya membuka jalan promosi melalui digital marketing. Promosi melalui digital marketing yang dibahas pada penelitian ini yaitu dengan munculnya penggunaan new media yang bernama Tik Tok. Aplikasi Tik Tok muncul pada tahun 2020 ini sudah menarik perhatian baik kalangan pelajar hingga pengusaha. Di Indonesia, Tiktok digunakan tidak hanya sebagai aplikasi hiburan tetapi juga sebagai media promosi. Kelebihan yang dimiliki oleh TikTok hampir sama dengan aplikasi sosial media yang sudah ada seperti Instagram seperti mudah di akses, minim biaya untuk promosi dan dapat menjangkau khalayak luas, yang membedakan ada pada durasi video yang dimana TikTok memiliki durasi video lebih panjang yang menjadi kelebihannya serta TikTok menyediakan fitur shop untuk memudahkan pengguna berjualan online sekaligus di akun TikToknya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu toko fashion di Bali “@TOKOKARUNGJANTAN”. Penelitian ini akan meneliti bagaimana aplikasi Tik Tok digunakan untuk membangun brand awareness dari sebuah toko fashion “@TOKOKARUNGJANTAN”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dimana penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana aplikasi Tik Tok digunakan sebagai salah satu digital marketing yang membangun brand awareness dari “@TOKOKARUNGJANTAN”. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi Tik Tok dapat membantu memperkenalkan “@TOKOKARUNGJANTAN” kepada masyarakat luas serta meningkatkan penjualan berdasarkan konsep AIDA.
Keywords
References
Jurnal:
Auni Candra Triana Putri. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Dazzle dalam meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram @Promodazzle. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4, 258–268.
Fajriah. (2022). Bangga! Bali Jadi Destinasi Terpopuler di Asia dan Dunia 2022. Travel.Okezone.Com. https://travel.okezone.com/read/2022/02/03/406/2541962/bangga-bali-jadi-destinasi-terpopuler-di-asia-dan-dunia-2022#:~:text=BALI kembali menuai prestasi membanggakan,sudah berulang kali meraih penghargaan.
Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G. W., & Syamsurizal. (2022). Analisis Peran Social Media Marketing, Kualitas Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Rumah Makan Di Jawa Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4024–4032. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Khumaira, N. A., & Nugraha, I. (2024). Analisis Efektivitas Digital Marketing Dengan Metode Marketing Funnel Terhadap Penjualan Graha Office. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 29–30.
Mahardhika, S. V., Nurjannah, I., Ma’una, I. I., & Islamiyah, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 2(1), 40–53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53
Medvi, A., & Syahminan, M. (2024). Strategi Komunikasi Dan Penanggulangan Pelecehan Seksual Dalam Media Sosial Tiktok. JSSH (Jurnal Sains Sosio Humaniora, V(1), 85–97.
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57
Novalia, Annisa Syifa, Anisa Balqis, A. R. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Pada PT. Es Teh Indonesia). Jurnal AKRAB JUARA, 6(November), 6.
Nurhasanah, A., Day, S. C. P., & ... (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. JSSH (Jurnal Sains …, 7(September 2023), 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
Nuriadin, A., & Harumike, Y. D. N. (2021). Sejarah Perkembangan Dan Implikasi Internet Pada Media Massa Dan Kehidupan Masyarakat. SELASAR KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 1–25. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar/index
Resty, D., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi dalam Membangun Brand Awareness melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Instagram Kopi Lain Hati). Prologia, 7(1), 94–100. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15840
Robiul Rochmawati, D., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130
Yupi, Y., & Heryadi Putri, A. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok. Komversal, 5(1), 70–92. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1214
Yupitriani, & Putri, A. H. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok. Komversal. Jurnal Komunikasi Universal, 5, 70–92.
Buku:
Khumaira, N. A., & Nugraha, I. (2024). Analisis Efektivitas Digital Marketing Dengan Metode Marketing Funnel Terhadap Penjualan Graha Office. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 29–30.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/ag.v12i2.3284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Avant Garde
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id