Pesan Dalam Program Kota Kreatif Dan Sikap Followers Terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif

Adzkia Kirana Dipa, Hanny Hafiar, Anwar Sani

Abstract


Program Kota Kreatif adalah program yang diikuti oleh kota–kota terpilih di Indonesia untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana hubunga antara pesan dalam program Kota Kreatif pada akun Instagram @kominfopadangpanjang dengan sikap followers terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan teori AISAS dari Dentsu Ink dengan metode korelasional serta teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 93 orang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebarkan angket, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini ialah terdapat hubungan yang kuat antara pesan pada program Kota Kreatif dengan sikap followers terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang kuat antara pesan program Kota Kreatif dengan komponen sikap attention, dan hubungan yang cukup berarti antara pesan program Kota Kreatif dengan kompnen sikap interest, search, action dan share. Berdasarkan simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar sasaran khalayak lebih spesifik pada wanita usia muda dan mahasiswa. Kemudian perbaikan pada kelengkapan pesan, kualitas visual serta format pesan berbentuk video.

Keywords


Media Sosial, Program Kota Kreatif, Toeri AISAS, Perubahan Sikap, Ekonomi Kreatif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i1.969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Avant Garde

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.