Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik Menggunakan Metode AHP Dan SAW

Celina Pertiwi, Anita Diana

Abstract


Penilaian karyawan dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan terbaik berupa pertimbangan kenaikan jabatan. Masalah yang dihadapi adalah belum tersedianya bobot kriteria yang digunakan, belum adanya proses perangkingan dari penilaian karyawan terbaik, dan belum ada aplikasi sistem penunjang keputusan dalam penilaian karyawan terbaik. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) dengan kriteria-kriteria yang telah disetujui yaitu tanggung jawab, kemampuan komunikasi, inisiatif, kehadiran, working age, dan sikap. Metode AHP digunakan untuk penentuan bobot kriteria, dan metode SAW digunakan untuk menentukan karyawan terbaik dengan menghasilkan ranking alternatif. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mendapatkan bobot kriteria, menghasilkan ranking alternative untuk pemilihan karyawan terbaik, dan mengimplementasi aplikasi sistem penunjang keputusan dalam penilaian karyawan terbaik. Sistem ini diharapkan memberikan informasi pada hasil penilaian dalam penentuan karyawan terbaik, dan mempermudah proses penilaian karyawan. Laporan yang dihasilkan dalam sistem ini adalah surat hasil keputusan, laporan hasil keputusan penilaian karyawan, dan laporan perangkingan karyawan. Dari hasil User Acceptance Test, dapat disimpulkan bahwa pengguna sangat setuju dengan aplikasi sistem pendukung keputusan dan penerapan metode ini. Ini terbukti dari nilai 87,5% Sangat Setuju dari kuesioner User Acceptance Test

Keywords


informasi

Full Text:

PDF

References


Shiddieq, D.F., Septyan, E. , 2017. Analisis Perbandingan Metode AHP Dan SAW Dalam Penilaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di PT. Grafindo Media Pratama Bandung), Jurnal LPKIA, Vol. 10, No. 2..

Nurrahmi, H., Misbahuddin, B., 2019. Perbandingan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dan AHP (Analytic Hierarchy Process) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik, Sainstech, Vol. 29, No. 1, No. ISSN : 1410 - 7104..

Putra, P.A.S., Wirawan, I.M.A., Sunarya, I.M.G., 2016. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Di SMA Negeri 1 Seririt Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Vol. 5, No. 1, No. ISSN 2252-9063.

Syafitri, Y., 2016. Pemodelan Perangkat Lunak Berbasis UML Untuk Pengembangan Sistem Pemasaran Akbar Entertainment Natar Lampung Selatan, Jurnal Cendikia, Vol. 14, No. 1, No. ISSN : 0216-9436.

Saputro, A., 2014. Analisa Proses Bisnis Dengan Menggunakan Metode Fishbone Diagram Pada PT. Tirta Kurnia Jasatama Semarang, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Rahmawan, A., 2013. Studentpreneur Guidebook Cetakan Pertama, Jakarta: GagasMedia.

Turban, E. ,e. al, 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th ed, Yogyakarta: Andi.

Borman, R.I., Helmi, F., 2018. Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Siswa Berprestasi Pada SMK XYZ, Journal of Computer Engineering, System and Science, Vol. 3, No. 1, no. ISSN : 2502-7131, p. 17–22.

Saaty, T. L., 2003. The Analytical Process (AHP) for Decision Making and the Analytical Network Process (ANP) for Decision Making with dependence and Feedback, Creative Decisions Foundation.

Suwandi, A., 2015. Pengambilan Keputusan Pemilihan Perumahan Menengah Dan Sederhana Di Kabupaten Sumenep Dengan Analytical Hierarchy Process, EXTRAPOLASI Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, Vol. 8 No. 2, No. ISSN: 1693-8259, pp. 169 - 176.

Supriyanti, W., 2014. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW, CitecJournal, Vol.1 No.1, No. ISSN: 2534-5771.

Fishburn, P. C., 1967. A Problem based Selection of Multi Attribute Decision Making Methods, New Jersey: Blackwell Publishing..




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v17i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budi Luhur Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy